Friday, March 29, 2013

Apple Inc. Kalahkan Samsung di Twitter

Samsung Galaxy S4 dan iPhone 5
Jika jumlah tweet yang menjadi ukuran, Samsung kalah telak oleh Apple Inc. Bloomberg melaporkan bahwa ketika iPhone 5 dirilis pada September tahun 2012 yang lalu, terdapat 2,4 juta tweet yang menyebutkan iPhone 5 di Twitter, sedangkan ketika Samsung Galaxy S4 dirilis dua minggu yang lalu, hanya seperlima dari 2,4 juta saja yang tweet yang menyebutkan Galaxy S4.

Hal ini dikemukakan oleh Gene Munster seorang  analis Piper Jaffray sebagaimana dikutip oleh Bloomberg. Menarik karena kedua perusahaan ini sedang head to head dalam pasar smartphone yang sangat ketat dan juga bersengketa di pengadilan paten. Samsung boleh berbangga karena saat ini menjadi raja smartphone. Samsung juga memperkirakan akan mengapalkan sekitar 300 juta smartphone di tahun 2013 ini meneguhkan posisi mereka.

Sementara Apple Inc. meski kini berada di posisi kedua pasar smartphone dunia, namun memiliki tingkat keuntungan yang tinggi. Hal ini tidak lain karena loyalitas tinggi dari penggunanya karena brand Apple Inc sangat kuat. Sudah bukan hal yang aneh, produk Apple Inc. selalu ditunggu penggemarnya, meskipun kuantitas penggemar tersebut kini tidak lagi semasif ketika Steve Jobs masih memimpin Apple Inc.

Kembali ke masalah di atas. Kemenangan Apple Inc. di Twitter ini meneguhkan bahwa appeal iPhone lebih tinggi dibandingkan dengan Galaxy. Hal ini sebenarnya sesuatu yang sangat wajar karena iPhone sudah beredar dari tahun 2007, sedangkan seri Samsung Galaxy S baru masuk pasar di tahun 2010 yang lalu. 

Gene Musnter juga menyebutkan bahwa Apple Inc. akan tetap bisa mempertahankan market share mereka. Meskipun demikian, tidak dijelaskan market share Apple Inc. yang mana yang bisa dipertahankan tersebut karena kini hanya di Amerika Serikat Apple Inc . menjadi penguasa pasar. Secara global penguasaan pasar smartphone ada di tangan Samsung. Namun Apple Inc. cukup bisa berbangga bahwa di Amerika Serikat yang sering dijadikan kiblat perkembangan teknologi smartphone, mereka menjadi nomor satu.

Saya rasa ukuran banyaknya tweet di Twitter belum tentu dapat dijadikan sebagai ukuran bahwa sesuatu merek tertentu lebih memiliki appeal dibandingkan merek lain. Sampai saat ini mungkin belum bisa dibuktikan sepenuhnya bahwa jika suatu merek tertentu berjaya di Twitter akan berjaya pula di pasar. Namun setidaknya hal ini bisa dijadikan tanda bahwa satu merek tertentu memiliki fans atau orang yang menyukai lebih banyak dibandingkan merek lain.

Bila kita lihat seri Galaxy S4 dari Samsung, secara teknologi bisa bersaing dengan iPhone 5. Bahkan pada sisi tertentu bisa mengungguli iPhone 5. Namun masalahnya bukan hanya teknologi tetapi lebih kepada merek yang dibangun secara susah payah. Secara merek tentu saja iPhone Apple Inc. lebih kuat dibandingkan Galaxy S4. Nah ini menjadi dasar ketika orang menyebutkan iPhone 5 lebih banyak dibandingkan Galaxy S4.


Selular Award 2017 : ZenFone 3 Deluxe Smartphone Terbaik

Aliudin Sute d ja (National Sales Manager ASUS) menerima penghargaan Selular Award 2017 ASUS berhasil menempatkan dua smartphone mereka...