Thursday, February 14, 2013

Vertu Ti, Smartphone Android Termahal di Dunia

The New Vertu Ti
Masih ingat Vertu? Vertu merupakan divisi ponsel mewah dari Nokia yang dulunya meluncurkan ponsel mewah berbasis Symbian. Keunikan Vertu adalah ponsel yang dihasilkannya berharga sangat mahal dan dikonsumsi oleh hanya kalangan terbatas. Setelah dijual oleh Nokia, Vertu otomatis juga meninggalkan Symbian dan beralih ke Android Google.

Beberapa waktu yang lalu, tersiar kabar bahwa Vertu akan segera meluncurkan smartphone mewah mereka yang pertama setelah tidak lagi menjadi bagian Nokia. Waktu itu Vertu disebutkan akan menghasilkan smartphone berbasis Android Google. Kabar tersebut menemui kebenarannya dengan hadirnya Vertu Ti. Vertu Ti merupakan smartphone Android termahal saat ini (dan mungkin saja smartphone termahal di dunia) karena harganya tidak tanggung-tanggung 10.000 Dollar AS (sekitar Rp98.000.000,00, jika kurs Rp9.800).

Kira-kira apa yang membuat Verti Ti ini mahal? Jika kita liha spesifikasinya tidaklah terlalu bagus untuk sebuah smartphone dengan predikat termahal di dunia. Vertu Ti berjalan pada Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Vertu Ti dilengkapi dengan kamera 8 megapiksel di belakang dan 1,3 megapiksel di depan. Hal yang sangat kurang pada seri smartphone termahal ini adalah luas layar yang hanya 3,7 inchi. Ini merupakan sebuah kekurangan mengingat smartphone Android kini berlomba-lomba dalam luasnya layar. Vertu menggunakan layar Sapphire Crystal yang mereka klaim tahan goresan

Berbicara soal prosesor, Vertu Ti memakai prosesor 1,7 GHz dual core. Media penyimpanan internal sebesar 64 GB dan badannya dibalut dengan bahan Titanium yang di-polished dengan emas merah 18 karat. Berat Vertu Ti diperkirakan antara 181 gram sampai 201 gram. Ini mungkin disebabkan oleh bahan Titanium yang dipakai. Bila kita lihat berat ini jauh melebihi smartphone-smartphone canggih saat ini, seperti Samsung Galaxy S3 atau iPhone 5.

Bagi orang awam tentu saja harga Vertu Ti ini akan terasa sangat mahal. Saya percaya, Vertu membuat Vertu Ti bukan hanya untuk fungsinya sebagai smartphone. Secara fungsi Android satu jutaan, juga sudah sangat memadai untuk berselancar di internet atau menerima email. Vertu Ti justru dibuat sebagai penanda kelas tertentu. Di sini yang ditonjolkan adalah kesan mewah sebuah smartphone yang dibalut bahan Titanium berlapis emas 18 karat.

Jadi yang dijual oleh Vertu tentu saja bukan fungsi smartphone Vertu Ti. Vertu menjual kemewahan ponsel untuk kalangan tertentu yang ingin mengoleksi barang berharga berupa smartphone. Jadi selain emas dan perak, kini masyarakat bisa mengoleksi smartphone sebagai barang berharga.

Note: ReadWrite.com berkontribusi dalam artikel ini

BukBer, Berbagi Bersama Blue Bird Group dan Rumah Harapan

BukBer Blue Bird Group Di sela-sela kesibukan, dua hari yang lalu saya sempatkan untuk hadir di Buka Bersama (BukBer) Blue Bird Group y...