Tuesday, January 8, 2013

Semaraknya Pasar Phablet di Tahun 2013

Samsung Galaxy Note 2 dari Samsung, sumber: flickr.com/samsungtomorrow
Phablet apa yang kini anda pakai? Apakah Samsung Galaxy Note 1 atau 2? Ataukah HTC Droid DNA? Mungkin juga phablet Optimus Vu dari LG?

Phablet merupakan akronim dari telephone (smartphone) dan tablet. Ciri khas phablet adalah layarnya yang jauh lebih besar dibandingkan dengan smartphone biasa, namun lebih kecil dari ukuran tablet terkecil saat ini, yaitu 7 inchi. Bila kita lihat ke belakang, Meskipun phablet pertama yang keluar adalah Dell Streak yang berlayar 5 inchi, namun Samsung merupakan motor penggerak pasar Phablet dengan meluncurkan Galaxy Note generasi pertama pada tahun 2011 yang lalu. Berselang hanya setahun, Samsung memperbarui lini produknya tersebut dengan merilis Galaxy Note 2 dengan layar yang makin besar, yaitu 5,5 inchi (sebelumnya Galaxy Note berlayar 5,3 inchi). Kedua seri Galaxy Note ini sangat sukses di pasar sehingga mengundang pemain baru untuk ikut terjun di pasar baru ini.

Langkah Samsung ini diikuti oleh LG dengan seri Optimus Vu. Namun tentu tidak semenjual Galaxy Note dan Galaxy Note 2. Tidak berhenti di sana, vendor Android mulai ramai membuat phablet karena berkaca kepada sukses yang diperoleh Samsung. HTC pada bulan November 2012 meluncurkan HTC Droid DNA. Sony pun akhirnya tergoda dengan merilis Xperia Z. Phablet yang lebih lebar layarnya akhirnya dirilis oleh vendor China, Huawei, yaitu Ascend Mate dengan layar 6,1 inchi. Ini artinya, layarnya makin dekat dengan tablet 7 inchi.

Tentu timbul pertanyaan, apakah phablet akan menjadi gadget baru yang akan menjadi primadona baru di tahun 2013 ini? 

Bila kita tengok ke belakang, tahun 2012 yang lalu, merupakan tahun bagi smartphone dan tablet. Hampir semua smartphone papan atas saat ini diluncurkan pada tahun 2012. Demikian juga dengan tablet. Apple Inc. sebagai penguasa pasar tablet telah merilis iPad Mini dan generasi terbaru iPad 10 inchi. Vendor Android tidak ketinggalan merilis tablet seperti Samsung dan Google sendiri dengan seri Nexus. Ini artinya pasar kedua gadget ini mungkin akan sedikit stagnan. Bahkan satu perkiraan menyebutkan pasar smartphone di tahun 2013 ini akan mengalami perlambatan dibandingkan tahun 2012 yang lalu.

Dengan kondisi seperti itu, tentu saja vendor perlu berinovasi. Melihat pasar antara smartphone dan tablet masih sangat sedikit yang memasukinya, masuk akal bagi vendor terutama Android mengisi pasar ini. Pasar phablet masih dkuasai oleh Samsung melalui Galaxy Note dan Galaxy Note 2. Vendor lain seperti HTC dan LG belum menunjukkan kekuatan mereka di pasar ini meskipun telah merilis phablet mereka sendiri.

Pasar yang masih sangat terbuka tersebut tentu saja menjadi alasan ramainya vendor yang berencana merilis phablet mereka. Sony di ajang CES 2013 di Las Vegas sudah mengumumkan bahwa mereka akan merilis (around the world) Sony Xperia Z, phablet dengan layar 5 inchi anti air, prosesor quadcore 1,5 GHz Snapdragon S4, layar 1080 HD, dan Android Jelly Bean (4.1). Tidak ketinggalan Huawei meluncurkan Ascend Mate dengan layar 6,1 inchi dan Ascend D2 dengan layar 5 inchi. Mungkin juga Motorola akan ikut terjun ke pasar phablet ini.

Hal lain yang perlu kita lihat bahwa harga phablet yang premium. Hal ini menjadi alasan bagi vendor untuk merilis phablet karena margin keuntungan yang lebih besar dibandingkan jika merilis smartphone menengah ke atas. Dengan speksifikasi yang lebih tinggi, tentu saja masuk akal harga phablet ini berada di sekitar 5-7,5 juta. Harga sebesar itu akan cukup bagus untuk menarik vendor mengisi pasar phablet yang selama ini belum banyak pemainnya.

Jika makin banyak vendor yang ikut terjun ke pasar phablet di sepanjang tahun 2013 ini, bisa dipastikan bahwa tahun 2013 ini nantinya merupakan tahun phablet. Mungkin hanya Apple Inc. yang selalu konservatif dengan ukuran layar yang tidak meramaikan pasar ini. Hal ini berdasarkan pengalaman yang telah lalu, di mana butuh 5 tahun bagi Apple Inc. untuk mengubah layar iPhone dari 3,5 inchi menjadi hanya 4 inchi. 

Nah siapkan uang anda untuk bertualang di pasar Phablet di tahun 2013!


Ke Bengkulu Ngopi Sambil Menikmati Sunset dan Jejak di Fort Marlborough

Welcome to Bengkulu Ke Bengkulu untuk ngopi? Bengkulu cukup dekat dari Jakarta, hanya memakan waktu 50 menit jika menggunakan pesawa...