Saturday, January 5, 2013

Mengapa Anda Harus Submit Artikel ke Viva Log?

Viva Log

Sebagai Blogger tentu Anda ingin sekali orang lain membaca yang anda tulis di blog Anda. Makin banyak yang membacanya, tentu saja Anda makin senang. Untuk itulah, sebagian besar blogger berusaha mati-matian untuk mendatangkan traffic ke blog yang mereka bangun. Umumnya blog tersebut adalah blog pribadi, bukan blog keroyokan, karena blog keroyokan, sangat mudah memperoleh klik karena orang sudah berkumpul sebelumnya di sana.

Pengalaman saya selama lebih dari 2,5 tahun ikut sebuah blog keroyokan memperlihatkan betapa mudah memperoleh traffic di sana. Paling tidak, seapes-apesnya Anda masih ada sekitar 50 sampai dengan 150 tamu yang berkunjung ke satu artikel yang anda buat. Namun akan sangat berbeda jika anda membangun blog pribadi dari awal. Traffic 50 sampai 100 sangat susah diperoleh untuk satu artikel tertentu. Apalagi saya tidak percaya betul dengan Search Engine Optimization (SEO). Saya hampir-hampir nol dengan yang namanya SEO karena saya percaya tanpa SEO pun sebenarnya masih ada kemungkinan bagi anda untuk mendapatkan traffic ke blog.

Blog pribadi yang saya tekuni saat ini sebenarnya sudah berusia satu tahun lebih. Pada awalnya saya gunakan untuk back up artikel yang saya tulis di blog keroyokan. Oleh karena difungsikan hanya sebagai back up, tentu saja traffic-nya sangat rendah. Dan lagi saya memang sedang senang-senangnya dengan dengan blog keroyokan tersebut sehingga blog pribadi ini terbengkalai. Jadilah blog ini seperti kuburan, sepi, untung saja tidak ada hantunya.

Demikianlah, tanpa berpanjang cerita, saya sekitar bulan Mei-Juni 2012 sudah mendengar tentang Viva Log. Saya tidak peduli saja alias cuek karena di blog kerooyokan artikel saya selalu bagus traffic-nya. Namun sekitar bulan September 2012 salah seorang teman mengatakan pada saya bahwa traffic blognya meningkat tajam karena mensubmit artikelnya ke Viva Log. Ia bercerita bahwa bila beruntung, bisa saja satu artikel memperoleh klik hingga 10.000.

Tergoda oleh cerita teman, akhirnya saya mendaftar jadi anggota Viva Log. Setelah mendaftar, pasang Widget Viva News, saya mensubmit artikel ke Viva Log. Awal-awalnya tidaklah bagus dan sulit sekali menembus jajaran Head Line. Namun saya tak berhenti mensubmit artikel. Satu dua kali akhirnya jadi Head Line juga.

Kemudian ada lomba review desain baru Viva. Co.ID yang anggotanya tentu saja sebelumnya sudah menjadi anggota Viva Log. Saya setelah bertemu seorang teman, akhirnya ikutan pada saat tinggal tiga hari sebelum lomba tersebut ditutup. Tidak tunggu lama, pemenang lomba diumumkan dan betapa terkejutnya saya karena artikel yang saya tulis menjadi juara dalam lomba tersebut dan memperoleh sebuah tablet Galaxy Tab.

Padahal saya baru bergabung dengan Viva Log saat itu. Artikel yang saya submit juga tidak tinggi traffic-nya. Namun yang namanya lomba selalu ada unsur keberuntungan. Hal itulah, saya kira yang membuat saya jadi pemenang lomba tersebut.

Kembali berbicara traffic, saya memang sangat kagum dengan traffic yang datang ke blog saya karena saya mensubmit artikel ke Viva Log. Head Line atau tidak, sejauh ini trafficnya cukup bagus. Coba kita perhatikan dua gambar berikut ini.



Referring URLs dan Reffering Sites 
Bila kita perhatikan, Viva Log sangat berjasa meningkat traffic blog saya hingga berkali-kali lipat. Perlu anda ketahui, blog saya khusus membahas teknologi yang tentu saja beritanya sangat banyak beredar di situs online lainnya. Dengan taktik biasa, blog saya ini mungkin sangat biasa karena saingan yang sangat banyak, namun berkat mensubmit artikel ke Viva Log, trafficknya sangat tinggi, paling tidak menurut saya pribadi.

Jadinya saya sangat beruntung ikut Viva Log. Meskipun kadang sangat sulit untuk ditampilkan di sisi Head Line, saya sudah sangat bersyukur jika hanya jadi penggembira saja. Karena tidak jadi Head Line pun traffic-nya juga sangat baik. Satu hal lagi, bila kita lihat, referring URLs di atas ternyata Viva Log versi mobile juga sangat banyak yang mengakses. Artinya sisi mobile dari Viva Log ini juga sangat banyak pengunjung yang berakibat tingginya traffic mobile ke blog saya.

Satu hal yang belum memuaskan saya sampai saat ini hanyalah terkadang mensubmit artikel ke Viva Log ternyata juga ada unsur lucky. Dan saya terkadang tidak termasuk kategori tersebut karena artikel yang saya submit haru menunggu kadang 24 jam baru bisa dipublikasikan, kadang malah ada yang sama sekali tidak terpublikasi. Saya sering mention admin @Viva_Log di Twitter dan merasa sedikit ngeyel karena artikel saya agak sering terlewatkan. Namun demikian hal ini tidak menyurutkan minat saya untuk mensubmit artikel ke Viva Log karena sistemnya yang take and give. Saya ikut memberikan traffic ke Viva.Co.ID atau Gonla melalui widget yang saypasang di blog saya. Viva Log juga memberikan manfaat dengan mendatangkan traffic ke blog saya. Ini sebuah win win solution yang sangat cerdas dan tidak mengikat blogger untuk tunduk dalam satu blog keroyokan.

Terakhir, berkat keberuntungan jugalah, saya akhirnya memperoleh hadiah kedua dalam waktu berselang dua bulan dari Viva Log. Sebuah Galaxy Note akhirnya dapat saya peroleh setelah lama bermimpi memperoleh Phablet tersebut. Sangat berterima kasih kepada Viva Log. Tetaplah jaya dan berbagi dengan Blogger.

Ke Bengkulu Ngopi Sambil Menikmati Sunset dan Jejak di Fort Marlborough

Welcome to Bengkulu Ke Bengkulu untuk ngopi? Bengkulu cukup dekat dari Jakarta, hanya memakan waktu 50 menit jika menggunakan pesawa...