Thursday, January 3, 2013

Melirik Google Glass Gadget Masa Depan Google

Google Glass. Sumber: ibnlive.in.com
Masih ingat peluncuran Google Glass yang mengerahkan para penerjun payung profesional bersama Sergey Brin di bulan Juni 2012 yang lalu? Setelah enam bulan berlalu, bentuk hardware Google Glass mungkin akan segera terwujud. Sepertinya Google tengah berusaha sekuat tenaga agar Google Glass mulai dapat dikirimkan kepada mereka yang berminat dan telah membayar 1.500 dollar AS pada tahun 2013 ini.  

Wujud Google Glass semakin nyata jika kita lihat wawancara antara insinyur kunci dalam pengembangan Google Glass, yaitu Babak Parviz dengan IEEE Spectrum. Dalam wawancara tersebut terungkap sebagian besar kemampuan yang akan disematkan ke dalam Google Glass ini. Babak Parviz juga menekankan, Google lebih memilih untuk memperoleh uang dengan cara menjual gadget ini dengan harga tertentu daripada menjalankan iklan di dalamnya seperti yang dilakukan Google di smartphone atau tablet.

Berdasarkan wawancara dengan IEEE Spectrum tersebut kemampuan yang mungkin ada di Google Glass adalah sebagai berikut.

1. Google Glass akan memiliki kemampuan komunikasi gambar atau pictorial communication. Pictorial Communication ini dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu video dan gambar. Artinya Google Glass dapat mengambil gambar dan video pada kualitas tertentu (foto yang beredar menunjukkan kualitas foto yang bagus). Tidak hanya mengambil gambar dan video, tetapi Google Glass juga akan mempunya kemampuan mengirim dan menerima gambar dan video. Pictorial Communication ini memungkinkan pengguna mengakses informasi dengan sangat cepat. 

2. Google Glass akan dilengkapi dengan berbagai fitur seperti sensor gerak, sensor suara dan sensor sentuh. Google Glass memiliki full audio in dan out serta  touchpad. Google juga sedang mengembangkan head gesture agar Google Glass lebih mudah digunakan karena di pasang pada mata yang merupakan bagian dari kepala. Kemungkinan layanan perintah suara Google Now yang telah teruji kualitasnya di smartphone akan turut disematkan di Google Glass. 




3. Google tengah mengembangkan email khusus untuk Google Glass. Ini merupakan sebuah loncatan penting mengingat selama ini jika ingin membuka email harus selalu dengan menggunakan tangan. Jika nantinya jadi disematkan, kemungkinan sensor gerak atau sensor suara akan digunakan untuk membuka email atau mengirimkan email.

4. Google Glass kemungkinan juga bisa digunakan untuk menelepon layaknya smartphone. Jika melihat video awal Google Glass kemampuan menelepon ini memang sudah semestinya ada dan mungkin merupakan fitur dasar dari Google Glass. Selain itu, kemampuan mengirim pesan singkat merupakan fitur dasar lainnya yang dimiliki oleh Google Glass.

Jika melihat kemampuan Google Glass seperti yang disebutkan di atas, tidak bisa dipungkiri Google Glass akan sangat banyak membawa kemajuan yang dibawanya. Gadget kecil layaknya kacamata ini bisa berfungsi apapun dan memudahkan pengguna dalam memanfaatkan teknologi.  

Patut kita tunggu akan bagaimana Google Glass setelah nanti benar-benar dijual ke pasar.

Samsung Rilis Galaxy J7 dan J5 Pro More Than Selfie

Galaxy J Friends di launching Galaxy J Pro  More Than Selfie! Kini bukan lagi jaman selfie Namun sudah zamannya Live Vlogging! ...