Tuesday, January 29, 2013

Facebook Berutang Kepada Penggunanya

Anda pengguna Facebook? Apakah anda memperoleh email yang menyatakan bahwa Facebook mengikutkan akun anda dalan fitur Sponsored Stories? Jangan dikira email itu, Scam atau penipu dari Nigeria. Email itu asli dari Facebook yang menyatakan mereka mungkin akan membayar penggunanya kira-kira 10 dollar AS seperti dikutip dari buzzfeed terkait dengan tuntutan class action terhadap Facebook di Amerika Serikat beberapa waktu yang lalu.

Pertanyaannya, mengapa Facebook bisa membayarkan uang kepada penggunanya? Kasus ini bermula ketika munculnya fitur Sponsored Stories di awal tahun 2011. Dalam fitur ini nama pengguna dan foto profilnya diikutkan sebagai bentuk dukungan terhadap sebuah iklan merek tertentu di Facebook tanpa sepengetahuan pengguna. Misalnya bila anda melakukan LIKE terhadap sebuah merek tertentu di Facebook, maka nama dan foto profil anda akan ditampilkan dalam iklan merek tersebut di Facebook. Untuk sederhananya seperti kalimat " John Likes UNESCO, John playing Farm Ville atau kalimat lain yang senada dengan itu. 

Tentu saja hal ini sebuah pelanggaran privasi karena pengguna tidak mengetahui dan tidak bisa untuk memilih opt out (memilih keluar) dari kebijakan Facebook ini. Oleh karena merasa dirugikan, pengguna Facebook khususnya di Amerika Serikat melakukan perlawanan dengan melakukan class action terhadap Facebook. 

Facebook lebih memilih untuk berdamai daripada kasus ini dibawa ke pengadilan. Uang damai yang disetujui adalah sebesar 20 juta dollar AS. Jumlah yang mungkin sedikit bila dibandingkan yang diperoleh Facebook dari iklan merek yang mereka tayangkan di Facebook. 

Nah sebagai pengguna Facebook mungkin saja nama dan foto profil anda pernah diikutsertakan dalam fitur Sponsored Stories oleh Facebook. Kemungkinan anda akan menerima email pemberitahuan seperti berikut ini.
sumber: twitter.com/geekgiant
Email tersebut merupakan tanda bahwa anda berhak untuk melakukan klaim kepada Facebook terkait fitur Sponsored Stories. Jika anda tidak menerima email, berarti anda tidak berhak. Menurut penilaian saya, mungkin hanya pengguna Facebook yang di Amerika Serikat saja yang akan menikmati uang dari Facebook ini mengingat penggugat merupakan warga negara AS.

Hal yang sangat penting untuk dipahami adalah Facebook sepertinya tidak jera melanggar privasi penggunanya demi keuntungan finansial yang mereka peroleh. Fitur Sponsored Stories adalah salah satu bentuk pelanggaran tersebut karena tanpa sepengetahuan pengguna, kegiatan, LIKE atau foto profil mereka dijadikana bagian dari iklan. Dengan yatang bersama iklan, akan banyak sekali stalker yang bisa memata-matai pengguna Facebook tersebut. Padahal mereka merasa telah menjaga akun mereka dengan baik sekali.

Tiba-Tiba Dua Malam di Purwokerto

Stasiun Purwokerto di malam hari Entahlah, suatu waktu saya tiba-tiba sampai dan bermalam di sebuah kota, Purwokerto , namanya.  Se...