Wednesday, September 12, 2012

Banyak Follower Palsu Gentayangan di Twitter


Popularitas anda di Twitter sering diukur dengan seberapa banyak follower yang anda miliki. Ini sebenarnya hukum hit internet. Umumnya internet menghitung hit, makin banyakhit makin populer seseorang atau konten tertentu. Demikian juga dengan Twitter sertafollowernya. Dengan banyak follower, artinya banyak hit kepada anda, terlepas apakah hit itu real atau palsu.

Untuk mencapai jumlah follower yang sangat banyak dalam waktu singkat, tentunya ada cara. Salah satunya dengan membeli follower yang sering merupakan akun palsu atauFake. Akun palsu ini memang tengah populer, tidak hanya di Twitter, tetapi juga di Facebook dan Google Plus. Cara kerja akun palsu adalah hanya menjadi follower pasif, artinya ia hampir tidak pernah berinteraksi dengan yang diikutinya. Terkadang ada yang melakukan re-tweet atau mention dan merupakan akun yang ada pemiliknya, tetapi sengaja diperjualbelikan oleh organisasi tertentu.

Oleh karena makin menjamurnya akun palsu, terutama di Twitter, patut sangat disyukuri adanya sebuah tool yang bisa menghitung secara tepat seberapa besar (dalam persentase) follower sebuah akun di Twitter yang merupakan akun palsu. Tool yang disebut Status People ini bekerja dengan mengambil sampel data dari kurang lebih 500 data, tergantung seberapa populer anda di Twitter atau seberapa besar follower anda. Status People menerapkan kriteria sederhana terhadap akun spam atau Fake. Akun spam atau Fake biasanya memiliki ciri sedikit  atau tidak ada sama sekali follower dantweet, namun sebaliknya memiliki banyak following. Tidak hanya menunjukkan seberapa besar follower palsu, Status People juga menunjukkan seberapa besar (dalam persentase) follower anda yang tidak aktif nge-tweet.

Akun Twitter saya @InsideErick memiliki follower 1%  akun palsu. Dengan demikian dari 541 follower saya, paling tidak ada 5 akun palsu di dalam follower saya. Selain itu terdapat 14% follower saya tidak aktif, atau tidak pernah berinteraksi di Twitter, sementara 85% follower saya adalah real.

Status People mengatakan bahwa ukuran akun palsu ini akurat sejauh sebuah akun Twitter memiliki follower maksimal 10.000 follower. Namun jika pengguna Twitter sangat populer, semisal Justin Bieber, tool ini bagus juga untuk melihat namun lebih merefleksikan aktivitas follower

Coba kita uji dengan akun Barack Obama berikut ini.


Barack Obama memiliki follower sebanyak 18.560.337 akun. Sayangnya 41% dari follower tersebut teridentifikasi palsu. Hanya 30% yang bisa dikatakan real dan selebihnya tidak aktif. Ini artinya akun palsu tersebut memang sangat mewabah di Twitter. Lebih jauh dengan memiliki follower palsu yang sangat banyak tentu saja tingkatconversation-nya menjadi rendah. Dalam kasus Barack Obama mungkin saja karena keinginan terlihat populer, admin yang memegang akun ini membeli follower. Hal yang sama juga terjadi di akun lawannya dari partai republik Mitt Romney yang diduga juga melakukan pembelian Follower untuk meningkatkan popularitasnya di Twitter.

Bagi banyak pengguna Twitter asumsi umum tentang populer di Twitter adalah karena memiliki banyak follower. Tidak heran berbagai cara dilakukan untuk menambah follower. Sayangnya cara-cara biasa seperti tweet konten positif dan sering melakukanconversation tidaklah cukup karena tingkat persaingan merebut follower sudah cukup ketat. Tentu saja adanya jasa jual-beli follower akan sangat menarik, tidak peduli sebagian besar dari follower yang dijual tersebut adalah palsu.

Ubah Perspektif
Beberapa waktu terakhir keberadaan akun Twitter palsu cukup memusingkan. Akun palsu erat kaitannya dengan banyak tweet spam. Semakin banyak akun palsu akan semakin banyak spam beredar di Twitter. Ada hal penting mengapa pengguna Twitter harus waspada dengan adanya akun palsu tersebut. Pertama jika kebanyakan follower anda adalah palsu, akan sia-sia conversation yang anda buat karena biasanya akun palsu tidak interaktif. Kedua adanya legitimasi popularitas. Banyak pengguna Twitter bangga dengan jumlah follower sangat banyak, padahal disadari atau tidak mungkin saja sebagian follower tersebut palsu. Ini artinya legitimasi yang dibangun karena banyaknya follower itu sebuah kebodohan karena sebenarnya follower sebagian besar palsu.

Untuk itu perlu rasanya mengubah perspektif. Bahwa yang penting di Twitter adalah real conversation, buka banyak followerFollower sangat banyak penting, tetapi real conversation yang sangat banyak lebih penting. Follower yang sangat banyak mungkin sudah tidak perlu lagi selagi anda bisa memperbanyak real conversation karena biasanya mereka yang membagi hal-hal positif akan banyak diminati. Untuk apa follower sangat banyak jika sebagian besar palsu dan tidak aktif.




Walau Meninggal, Karyawan Google Tetap Menerima Gaji


Pernah berpikir tempat anda bekerja sekarang memiliki kepedulian terhadap keluarga anda bilamana suatu saat anda meninggal? Pernah berpikir bahwa perusahaan tempat anda bekerja sekarang tidak hanya sekadar mengirim karangan bunga tanda rasa turut berduka cita?

Bagi banyak perusahaan, karangan bunga mungkin sebuah upaya maksimal menunjukkan turut berduka cita atas meninggalnya karyawannya. Setelah karyawannya meninggal, mereka tidak peduli lagi selain sekadar memberikan uang PHK karena meninggal dunia, namun tidak bagi Google.

Google merupakan perusahaan luar biasa yang turut memikirkan bagaimana keluarga setelah karyawan meninggal dunia. Dalam sebuah wawancara dengan Forbes, Google Chief People Officer,  Laszlo Bock mengatakan bahwa bilamana seorang karyawan Google meninggal, keluarga atau pasangan yang ditinggalkannya akan menerima 50% gaji dari karyawan tersebut selama sepuluh tahun ke depan.

Ketentuan tersebut berlaku bagi semua karyawan Google yang jumlahnya 34.000 di seluruh dunia tanpa memandang lamanya mereka bekerja. Tidak hanya itu. Google juga akan memberikan uang kepada anak karyawan yang ditinggalkan sebanyak 1.000 dollar sebulan sampai anak tersebut berusia 19 tahun atau 23 tahun jika menempuh pendidikan penuh. Tambahan lagi, pasangan yang ditinggalkan akan memperoleh keutungan saham.

Wow. Jelas sekali Google ingin memberikan penghargaan yang sangat tinggi bagi karyawannya. Sebelumnya, Google telah menggratiskan makanan dan potong rambut bagi karyawannya. Juga memberikan pelayanan dokter. Untuk kebersihan, karyawan Google memperoleh toilet canggih ala Jepang yang disebut Japanese Space Toilet.

Google memang banyak dijadikan contoh bagaimana semestinya perusahaan menghargai aset manusianya. Tidak hanya gaji rata-rata yang paling tinggi di dunia, Google juga menciptakan suasana kerja yang sangat nyaman bagi karyawannya.

Sebelumnya Google juga telah menerapkan kebijakan paternity dan maternity yang sangat bagus. Bagi seorang ayah baru, akan mendapat cuti enam minggu yang dibayar, sedangkan bagi ibu baru memperoleh 18 minggu cuti yang dibayar.

Kebijakan bagus seperti ini tidak sekonyong-konyong dicptakan. Semenjak berdirinya, Google telah memikirkan bagaimana caranya untuk membayar pembantu bagi setiap ibu atau bapak yang merupakan karyawan Google. Tujuannya tentu agar karyawan Google lebih fokus dan mampu memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

Sumber: Forbes

Ketika Rahasia Apple Inc. Terbuka di Pengadilan


Apple Inc. merupakan perusahaan yang sangat kuat memegang rahasia. Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini dikenal sebagai The Most Secretive Company. Informasi tentang produk mereka yang akan lahir lebih banyak karena rumor yang seolah guyonan karena informasi tersebut hampir tidak bisa dipastikan kebenarannya. Buktinya dapat kita lihat ketika tahun lalu Apple meluncurkan iPhone 4S, kebanyakan rumor mengatakan Apple akan merilis iPhone 5. Demikian juga ketika The New iPad diluncurkan, banyak orang berspekulasi tablet tersebut disebut iPad 3.

Namun, mungkin julukan The Most Secretive tersebut sudah tak lagi menjadi milik Apple Inc. Pasalnya terkait dengan sidang gugatan paten mereka kepada Samsung, Apple Inc. terpaksa membuka rahasia-rahasia yang selam ini mereka simpan. Salah satu yang terpenting tentu terkait dengan proses pembuatan iPhone, produk ikon mereka yang kini menyumbang lebih dari 50% pemasukan Apple Inc.

Perlu diketahui, Samsung dan Apple Inc saling gugat-menggugat soal paten. Namun demikian kedua perusahaan ini “berteman baik” karena Samsung merupakan pemasok sebagian besar komponen iPhone dan iPad. Di Amerika Serikat, Apple Inc. menuntut Samsung 2,5 miliar dollar atas pelanggaran paten yang mereka miliki. Saat ini gugatan Apple Inc tersebut sedang disidangkan di pengadilan San Jose, California.

1. Project Purple
Dari dokumen di pengadilan dapat diketahui bahwa proses pembuatan iPhone sudah dirancang sejak tahun 2004. Pada tahun tersebut Apple Inc membentuk sebuah proyek yang dinama Project Purple. Project Purple terdiri dari 1.000 karyawan yang bekerja di salah satu lantai Apple Campus yang hanya bisa dimasuki dengan keycard dan memiliki kamera pengawas.

Scott Forstall yang kini menjabat Senior Vice untuk iOS dalam testimoninya di pengadilan mengatakan bahwa Steve Jobs tidak mengijinkan perekrutan karyawan untuk Project Purple ini yang berasal dari luar Apple Inc. Tempat tim Project Purple nekerja dalam mempersiapkan iPhone disebut juga Purple Dorm yang memiliki tanda di pintunya “Fight Club”. Aturan pertama dana kedua dalam Fight Club tersebut adalah pekerja dilarang untuk membicarakan Fight Club, aturan ini juga berlaku bagi Project Purple.

Melihat ketatnya pengamanan yang dilakukan kita bisa simpulkan bahwa Steve Jobs tidak menginginkan sejumput imformasi pun tentang proyek yang tengah dilakukan untuk mewujudkan iPhone tersebar. Dengan hanya merekrut karyawan Apple, Steve Jobs bisa mempercayai apa yang tengah dikerjakan tidak akan bocor. Berbeda jika Apple Inc merekrut karyawan baru, tentu saja karyawan baru belum tahu betul budaya bekerja di Apple Inc dan bisa saja membuat proyek tersebut bocor ke media.

2. Prototipe iPhone
iPhone lahir di tahun 2007, lima tahun yang lalu. Sampai saat ini hanya sedikit mengalami perubahan bentuk, misalnya iPhone 4S cenderung lebih kotak dibandingkan dengan 3 GS. Selain itu, ketipisannya makin tipis meskipun rangkanya semakin kokoh.

iPhone yang pertama diluncurkan di tahun 2007 tersebut bukanlah bentuk iPhone pertama atau ide pertama. Bila kita lihat ada beberapa prototipe dari iPhone sebelum menjadi iPhone yang diluncurkan di tahun 2007.

Dokumen pengadilan setebal 99 halaman menunjukkan beberapa prototipe iPhone. Sebagaimana dilaporkan oleh Readwriteweb:
Designs included bulky looking boxes with rounded corners, silver and black touchscreens vaguely reminiscent of devices designed by Nokia and Sony, eight-sided rectangles, rounded backs and others.
3. Biaya Pemasaran
Apple Inc mengeluarkan uang yang tidak sedikit dalam kampanye pemasaran iPhone. Meskipun termasuk rahasia perusahaan, Apple Inc. mau tidak mau harus membeberkan seberapa banyak uang yang mereka keluarkan untuk memasarkan iPhone dan kemudian iPad.

Dari tahun 2007 sampai dengan 2011, Apple Inc. mengeluarkan 647 juta dollar AS untuk kampanye pemasaran iPhone di Amerika Serikat. Sementara untuk iPad Apple Inc. mengeluarkan 457,2 juta dollar AS semenjak tahun 2010 yang lalu.

4. Survei Pemasaran Apple Inc.
Tentunya sebelum merilis iPhone, Apple Inc. melakukan survei pemasaran. Data ini sebenarnya juga termasuk sangat rahasia, namun karena terkait dengan gugatan paten Apple Inc kepada Samsung, mau tak mau harus dibeberkan ke publik. Survei pemasaran Apple Inc. tersebut memberitahukan elemen-elemen yang diinginkan konsumen di iPhone seperti kemampuan touch screen, built in wifi dan banyak lainnya. Survei juga memperlihatkan tempat yang diinginkan konsumen untuk membeli iPhone. Survei tersebut juga menunjukkan mengapa Apple Inc hanya merilis iPhone di AT&T dan Verizon dan sebagian besar penjualan adalah kontrak (hingga sekarang).

5. iPad Mini
Dokumen di pengadilan juga memperlihatkan bahwa Apple Inc. juga memiliki keinginan untuk merilis iPad dengan ukuran layar yang lebih kecil. Padahal sebelumnya beredar isu bahwa Steve Jobs membenci tablet dengan layar yang lebih kecil dibandingkan iPad sekarang ini. Menurutnya tidak ada orang yang menginginkan iPad dengan layar yang lebih kecil tersebut. Ini artinya eksekutif Apple Inc dari dulu sudah menyadari bahwa iPad dengan layar yang lebih kecil tersebut ada pasarnya.

Hal ini terbukti setelah Kindle Fire Amazon dan Google Nexus 7 menuai keberhasilan dengan tablet berukuran 7 inchi. Hal ini memaksa Apple Inc. menggarap iPad Mini dengan layar 7,85 inchi secara diagonal yang kemungkinan  akan diluncurkan di bulan September 2012 nanti.
Bila Steve Jobs masih hidup, mungkin apa yang kini dibuka di pengadilan bukan merupakan sesuatu yang dikehendakinya. Apple Inc, dengan menggugat Samsung, mau tidak mau harus membuka beberapa rahasia perusahaan yang bagi Steve Jobs  sulit untuk diterima. Namun bagaimanapun tentu ada harga dari setiap tindakan yang dilakukan. Apakah harga tersebut terlalu mahal atau murah bisa kita lihat hasil gugatan Apple Inc. terhadap Samsung.

Sumber: Readwriteweb, Bloomberg

Thursday, September 6, 2012

Harga Saham Facebook Turun, Mark Zuckerberg Jatuh Miskin


Tentu tidak sulit bagi anda menemukan nama Mark Zuckerberg di internet. Nama ini pernah dinobatkan sebuah majalah sebagai orang paling berpengaruh di dunia melalui situs pertemanan yang dibangunnya, Facebook.

Mark Zuckerberg hari-hari belakangan ini mungkin sedang galau. Situs Facebook terancam mengalami penurunan kepopuleran seiring makin banyaknya pilihan media sosial. Bila dari tahun 2004 hingga 2011 hanya ada Twitter dan beberapa media sosial kecil, kini Google, raksasa internet sudah memasuki media sosial dan sejauh ini menuai sukses. Sukses ini paling tidak menggambarkan bahwa pengguna mulai mencari media sosial alternatif seiring makin lamanya pengguna menggunakan Facebook.

Namun sejujurnya sejauh ini Facebook telah berhasil mengantarkan Mark Zuckerberg menjadi orang kaya dan terpandang di dunia. Bermula dari rencana IPO yang sudah dirancang jauh-jauh hari, Mark menggunakan Facebook untuk masuk dalam daftar orang terkaya di dunia.

Facebook melakukan IPO pada tanggal 18 Mei 2012. Harga IPO saham Facebook dipatok seharga 38 dollar per saham. Menurut banyak orang harga tersebut terlalu tinggi dan menilik pada jumlah pengguna Facebook yang tidak akan bertumbuh seperti masa-masa sebelumnya, investor berisiko rugi. Namun karena hype yang sangat tinggi terhadap saham Facebook dan digadang-gadang sebagai IPO terbesar sepanjang sejarah, investor sepertinya tidak peduli lagi.

Coba kita hitung keberuntungan Mark Zuckerberg saat harga saham dipatok 38 dollar per saham. Jumlah saham Mark di Facebook sekitar 503.6 juta lembar saham. Dengan harga 38 dollar per saham, Mark Zuckerberg pada saat IPO meraup 19,14 miliar dollar. Ini belumlah cukup, selang beberapa waktu setelah IPO, harga saham Facebook meningkat ke angka 45 dollar per saham. Dengan harga baru ini kekayaan Mark Zuckerberg menjadi lebih dari 22 miliar dollar AS.

Namun cerita manis kekayaan Mark Zuckerberg tersebut terlalu cepat berlalu. Bila kita lihat pergerakan harga saham Facebook, ternyata harga saham tersebut terus menunjukkan trend penurunan. Hingga hari kemarin, harga saham Facebook menyentuh level terendah di angka 20 dollar per saham. Bahkan data terbaru menunjukkan bahwa harga saham Facebook menyentuh level 17 dollar per saham.

Trend penurunan harga saham ini dimulai tiga hari setelah IPO, tepatnya tanggal 21 Mei 2012. Ketika itu harga saham Facebook turun menjadi 34 dollar per saham. Tentu kekayaan Mark juga turun menjadi 17,122 miliar dollar AS. Ini artinya dalam tiga hari, Mark kehilangan hampir 3 miliar dollar. Pada tanggal 22 Mei, harga saham Facebook turun lagi ke angka 31 dollar AS. Tentu saja kekayaan Mark pun berkurang.

Penurunan yang lebih besar terjadi di tanggal 31 Mei 2012. Saat itu harga saham Facebook berada di angka 29 dollar per saham. Ini artinya sudah mengalami penurunan 9 dollar dari harga saham. Kekayaan Mark pun kini berjumlah 14,604 miliar dollar. Mengalami penurunan sekitar 5 miliar dollar dibandingkan saat IPO.

Tren penurunan harga saham Facebook terus terjadi hingga membuat Mark Zuckerberg terlempar dari daftar 40 bilioner versi Bloomberg. Harga terakhir di angka 20,04 dollar per saham membuat kekayaan Mark Zuckerberg tinggal sekitar 10,2 miliar dollar. Ini artinya dalam waktu tidak sampai tiga bulan (dari 18 Me1 2012 sampai 4 Agustus 2012) Mark Zuckerberg sudah kehilangan 9 miliar dollar lebih nilai kekayaannya. Ini artinya setiap bulannya Mark kehilangan 3 miliar dollar, jumlah yang sangat banyak kalau dirupiahkan.

Tentu kita bertanya, mengapa terjadi penurunan harga saham Facebook hingga mencapai 47% dari harga IPO-nya?

Seperti pernah saya sampaikan, ada beberapa faktor yang memengaruhi sukses tidaknya IPO Facebook. Pertama IPO media sosial tidak akrab dengan Wall Street.Terdapat fakta bahwa 19 media sosial yang melakukan IPO di tahun 2011 mengalami penurunan performa. 82,4% sosial media yang melakukan IPO di tahun 2011 yang lalu, kini sahamnya diperdagangkan di bawah harga pembukaan dan 57,9% diperdagangkan di bawah harga saat IPO.

Kedua, jumlah pengguna Facebook akan mengalami stagnasi. Jika asumsi pertumbuhan sebelum tahun 2012 digunakan, empat tahun ke depan bisa saja pengguna Facebook menjadi 9 miliar orang, padahal penduduk di muka bumi ini hanya 7 miliar, itupun baru dicapai pada bulan Oktober 2011. Ini artinya pengguna Facebook pasti mengalami stagnasi. Perlu pula dilihat berdasarkan rilis terakhir, Facebook mengalami peningkatan akun palsu, dari 5,6% menjadi 8,7%. Ini artinya ada sekitar 87 juta akun palsu.

Tidak itu saja beberapa berita terakhir menunjukkan hal negatif tentang Facebook. Keluarnya pengiklan besar yang menganganggarkan dana iklan 10 juta dollar di Facebook, yaitu General Motors menjadi presden jelek bahwa membayar untuk beriklan di Facebook tidaklah bagus. Ini jelas akan memengaruhi opini investor.

Sebab lain adalah kompetisi dari media sosial lain, terutama Google Plus dan Twitter. Sering makin lamanya usia Facebook, pengguna mulai mencari alternatif media sosial. Di Indonesia saja dua minggu terakhir terdapat pengurangan 1,2 juta akun Facebook.

Artinya setelah melakukan IPO, kinerja Facebook terlihat menurun. Banyaknya berita negatif terkait Facebook membuat harga saham tertekan dan ini berpengaruh langsung terhadap kekayaan Mark Zuckerberg. Kini Mark sangat bergantung kepada harga saham Facebook. Kekayaannya sudah jauh turun dari saat melakukan IPO dan mungkin suatu waktu akan lebih turun lagi jika harga saham Facebook terus turun. Jika terus turun bukan tidak mungkin Mark Zuckerberg akan jatuh miskin.

Namun tentu akan selalu ada kesempatan harga saham Facebook naik kembali. Akan tetapi, biasanya harga saham lebih mudah turun dibandingkan naik. Untuk mencapai harga saham 38 dollar per saham, Mark Zuckerberg mungkin harus bersabar tidak akan terjadi tahun ini. Melihat pertumbuhan Google Plus dan Twitter, saya percaya tidak mudah bagi Facebook untuk mencapai harga saham di saat IPO tersebut.

Sumber: Bloomberg, Google, Mashable dan Lainnya

5 Perilaku Online Berisiko yang Harus Dihindari


Pernah terkejut ketika ditelpon oleh seorang gay atau lesbian? Pernahkah foto anda mampir di situs dewasa atau situs porno? Apa pasal kesalahan yang Anda lakukan sehingga banyak penelepon asing bahkan ada orang yang memasukkan anda ke forum gay tanpa sepengetahuan  sehingga kemudian bisa dihubungi oleh mereka?

Penyebab utama terjadinya hal tersebut adalah perilaku online berisiko. Perilaku online berisiko adalah perilaku yang pengguna internet yang cenderung mengabaikan risiko terhadap suatu kegiatan yang dilakukannya secara online, misalnya memberikan data-data pribadi, entah itu nomor ponsel, telepon rumah, identitas pribadi atau alamat email serampangan secara online. Artinya pelaku yang melakukan hal ini secara sadar memajang nomor ponselnya, alamat emailnya dan informasi pribadi lainnya di situs publik yang tanpa suatu penghalang dapat ditemukan dengan mudah. Saya melihat sendiri melihat rekan tersebut memajang nomor ponselnya, jelas saja ini merupakan pintu masuk bagi orang-orang iseng.

Pada dasarnya setiap kita sangat rentan dalam melakukan perilaku online berisiko. Internet dan kemudian media sosial memaksa kita untuk menampilkan banyak konten yang pada dasarnya adalah milik pribadi. Tanpa kita sadari karena hampir semua pengguna juga melakukan hal yang sama, konten tersebut dibagi, disalin dan diedarkan hingga sampai suatu titik yang tidak mungkin kita perkirakan. Pernahkah anda menghitung siapa saja yang menyalin foto anda yang anda bagi di Facebook? Pernahkanh anda pikirkan suatu waktu foto tersebut justru menimbulkan masalah?

Terdapat beberapa perilaku online berisiko yang sering dilakukan pengguna internet, yaitu sebagai berikut.

1. Memposting informasi pribadi
Informasi pribadi seperti alamat email, nomor ponsel, alamat tempat tinggal sebaiknya tidak dibagi secara online kepada siapapun, terlebih kepada orang yang tidak dikenal. Ada beberapa situs, seperti kompasiana ini untuk menjadi terverifikasi anda disyaratkan untuk membagi informasi pribadi kepada pengelolanya. Sebaiknya anda pikirkan secara matang sebelum melakukan hal tersebut karena anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan.

Kecuali anda siap secara mental dan fisik, membagi nomor ponsel di profil anda di situs tertentu tidak disarankan. Ponsel merupakan jalur cepat bagi banyak pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya. Jika kemudian anda memajang nomor ponsel anda, lalu merasa dirugikan, sebaiknya anda bertanya dulu mengapa anda memajang nomor ponsel tersebut di domain publik.

2. Berinteraksi dengan Online Strangers
Tidak semua pengguna internet sebaik yang anda kira. Jika ada orang asing anda disarankan untuk tidak berinteraksi dengannya. Asing ini dalam pengertian secara tetiba akrab dengan anda, padahal sebelumnya tidak pernah muncul. Asing bisa juga diartikan tidak ada dalam jalur pertemanan anda, baik di internet umumnya, maupun di media sosial. Selalulah berinteraksi dengan orang-orang yang anda kenal. Lakukan beberapa langkah seperti menunda pertemanan untuk orang yang baru pertama kali dikenal.

3. Menempatkan orang Asing dalam jalur Pertemanan
Adalah kesalahan, bila seseorang yang tidak anda kenal sama sekali, anda terima permintaan pertemanannya, terutama di Facebook. Di Facebook sangat besar kemungkinan informasi pribadi anda terbuka ke publik. Oleh karena ini anda harus bersikap hemat pertemanan. Mengapa demikian? Karena alur pertemanan di Facebook memungkinkan orang-orang yang tidak pernah anda duga bisa membaca informasi anda.

4. Mengirimkan Informasi Pribadi ke Orang Asing
Ini lebih berbahaya lagi. Jika anda secara sadar memperlihatkan alamat email dan nomor ponsel di situs publik, hal ini merupakan perilaku berisiko cukup tinggi. Domain publik adalah untuk hal-hal yang bersifat publik. Bila anda cantumkan informasi pribadi anda, artinya anda secara sukarela menerima risiko akibat tindakan tersebut. Cukup banyak orang asing yang lalu-lalang di kompasiana ini sehingga bagi rekan-rekan yang memajang nommor ponselnya sebaiknya dipikirkan kembali. Paling tidak risiko sms sampah akan anda alami, jika tidak risiko yang lebih besar, seperti ditelepon oleh penggiat situs dewasa.

5. Mengunjungi Situs Dewasa
Banyak dari kita suka mengunjungi situs dewasa. Bagi sebagian orang situs dewasa merupakan situs yang perlu dikunjungi. Bukan rahasia lagi  anak-anak remaja juga suka mengunjungi situs dewasa. Hal yang paling jelas adalah ketika anda mengunjungi situs dewasa, alamat IP anda akan dicatat. Selain itu juga cookie situs tersebut akan mencatat apa saja kegiatan anda di situs tersebut. Baru-baru ini di Inggris, sebuah situs dewasa berencana mengeluarkan data siapa saja yang menjadi pelanggannya. Untuk itu sebaiknya pikir ulang untuk mengunjungi situs dewasa.

6. Membicarakan soal Seks dengan orang asing
Pernah chatting soal seks dengan orang yang baru saja anda kenal? Media chatting merupakan media ampuh untuk melakukan pembicaraan intim, apalagi kalau ada webcam.  Banyak kisah di mana seorang perempuan dengan begitu saja melakukan chatting intim dengan orang yang baru dikenalnya. Tindakan seperti ini sering berakhir dengan kejahatan.
Itulah pentingnya bagi pengguna internet untuk selalu bersikap hati-hati. Bagi saya pribadi, saya selalu keberatan jika harus menggunakan nama asli dan foto asli. Bagi saya internet dipenuhi oleh hal-hal yang tak terduga, anda tidak tahu akan apa yang terjadi terhadap anda sebelum sesuatu menimpa anda. Saya menjauhi membagi sesuatu yang bersifat pribadi di ranah publik. Sikap seperti ini perlu agar anda tidak terkena malasah di belakang hari.

Siapa Bilang Google Plus Kota Hantu


Apa yang terlintas di pikiran ketika menyebut Ghost Town atau Kota Hantu? Tentu saja sebuah kota yang sepi dan hanya penuh oleh hantu yang berlalu lalang. Hantu tentu saja bukanlah sesuatu yang riil. Hantu bisa kita temukan di tempat-tempat keramat seperti kuburan. Ghost Town atau Kota Hantu tak lain adalah sebuah nama lain dari kota yang sepi, tiada berpenghuni dan penuh dengan hantu yang menakutkan.

Demikianlah banyak orang yang pesimis atau yang setengah mengejek dengan mengatakan Google Plus sebagai Ghost Town atau kota hantu. Mereka ini mungkin sebagian besar bergolongan darah Facebook atau mungkin mereka memperbandingkan Facebook yang sudah delapan tahun dengan Google Plus yang baru saja setahun. Cukup banyak analis terutama mereka yang pro kepada Facebook mengatakan bahwa Google Plus kota hantu. Kenyataannya tidaklah demikian, bahkan perusahaan analiytic semacam comScore yang biasanya sangat pro Facebook harus mengakui Google Plus kini dalam masa-masa pertumbuhan yang mencengangkan.

comScore dalam data terkininya menyajikan bahwa Google Plus baik di Amerika Serikat maupun secara global mengalami pertumbuhan yang mengangumkan. Di bulan November 2011 yang lalu terdapat 15,229 juta unique visitor dan meningkat menjadi 27,732 juta di bulan Juni 2012 yang lalu. Ini artinya terjadi peningkatan sebesar 82%. Perlu diingat bahwa 27,732 juta tersebut merupakan 12,53% dari keseluruhan unique visitor di Amerika Serikat.
Secara global, unique visitor Google Plus juga meningkat sebesar 66% dibandingkan dengan bulan November 2011 yang lalu. Dari 66,756 juta unique visitor di bulan November 2011 menjadi 110,720 juta di bulan Juni 2012. Perlu diingat data-data tersebut tidak memasukkan mereka yang menggunakan mobil/smartphone dan tablet. Jika pengguna mobile dimasukkan (dimana aplikasi Google Plus untuk Android dan iPhone sangat bagus) jumlahnya akan lebih besar lagi.

Pertanyaannya, apakah ini yang dinamakan Kota Hantu/Ghost Town? Saya kira tidak.
Satu lagi. Bila kita liha data yang disajikan oleh perusahaan analytic lain seperti Compete jumlah pengunjung ternyata lebih besar lagi. Compete melaporkan bahwa pada bulan Juni 2012 terdapat 31,886 juta unique visitor Google Plus. Angka ini naik sebesar 9,6 juta jika dibandingkan bulan Mei 2012 yang artinya mengalami peningkatan 43%.
Dua perusahaan analytic ini sudah lebih cari cukup untuk membantah pernyata Google Plus sebagai Ghost Town/Kota Hantu.

Namun tentu masih banyak suara miring tentang kemampaun Google Plus untuk bersaing dengan Facebook atau media sosial lain seperti Twitter. Ini hal yang wajar, namun perlu digarisbawahi, bahwa pengunjung Google Plus tersebut ternyata memang bukan hantu. Mereka adalah manusia biasa yang mulai mencari alternatif media sosial yang lebih mudah dikendalikan dengan penawaran privasi yang lebih baik.

Hal ini dibuktikan oleh survei American Customer Satisfaction Index yang menyebutkan bahwa pengguna Google Plus memiliki kepuasan yang tinggi terhadap layanan media sosial Googgle ini, sedangkan Facebook berada diurutan buncit. Ini artinya “Ghost Town” tersebut tidak hanya ramai, tetapi keramaiannya memiliki kualitas lebih baik bahkan dibandingkan dengan kota “Facebook” yang sudah lebih delapan tahun berdiri.

Tentu saja ada beberapa faktor mengapa Google Plus memiliki indeks kepuasan pengguna tertinggi. Pertama privasi yang lebih baik, kedua tidak ada iklan, dan ketiga aplikasi mobil yang sangat bagus. Hal tersebut tentu tidak terdapat di Facebook karena Facebook menampilkan iklan, masalah privasi yang terus bermunculan dan aplikasi mobil yang biasa saja.

Tentunya label Ghost Town tersebut perlu untuk diperbaiki. Akan tetapi Google, melalui Senior Vice President of Engineering Vic Gundotra  senang saja dengan label tersebut. Menurutnya sebutan Ghost Town akan memacu Google untuk terus melakukan perbaikan di Google Plus.Ini semacam tambahan motivasi bagi Google untuk bekerja memaksimalkan Google Plus bagi pengguna.

Hal yang lebih jadi perhatian adalah seiring pertambahan pengunjung dan pengguna Google Plus, pengunjung Facebook di Amerika Serikat menunjukkan tanda-tanda mulai berkurang. comScore sebagaimana dicatat Reuters menunjukkan unique visitor Facebook turun dari angka 158,7 juta di bulan April 2012 menjadi 158,01 juta di bulan Mei 2012. Analis menambahkan kemungkinan trend penurunan kunjungan ke Facebook akan signifikan dan berlangsung cukup lama. CBSNews malah melaporkan dalam enam bulan terakhir sejak November 2011 unique visitor Facebook di Amerika Serikat telah turun 4,8%. Unique visitor Facebook mencapai angkat tertinggi di bulan November 2011 dan terus mengalami penurunan hingga sekarang.

Pertanyaannya, mungkinkahbanyak pengguna Facebook yang beralih ke Google Plus? Tidak mudah memberikan jawaban yang benar. Namun memang ada semacam kekecewaan pengguna Facebook sehingga mereka beralih, tidak saja ke Google Plus, tetapi juga ke Twitter dan media sosial lainnya. Pemberitaan negatif sekitar IPO yang bermasalah, harga saham yang terus melorot dan kebijakan privasi yang masih saja membingungkan merupakan beberapa alasan pengguna untuk beralih. Dan lagi, sebagaimana alur hidup media sosial yang pernah ada seperti Friendster dan MySpace, pengguan akan selalu bosan manakala terlalu lama berada di sebuah media sosial. Mereka akan mulai mencari dan kemudian menjadi pengguna media sosial lain yang memberikan pengalaman yang lebih baik.

Google Plus ternyata cukup mampu menjadi alternatif media sosial yang lebih mudah dikendalikan, pengalaman bermedia sosial lebih baik, dan privasi yang lebih baik.

Sumber: betanews, cbsnews, conscore dan compete

Mengapa Uang Kas Apple. Inc Miliaran Dollar?


Bukan sulap dan bukan pula dongeng. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Apple Inc. kini memiliki uang kas (yang tidak digunakan) sebesar 117 miliar dollar AS. Jika anda hitung dengan rupiah, mungkin anda akan cukup pusing membacanya. Jumlah 117 miliar dollar tersebut meningkat sebesar 7 miliar dollar dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Dari mana uang kas sebanyak itu diperoleh oleh Apple Inc.? Tentu saja dari bisnis yang mereka lakukan, yang hampir di semua sisi mengalami keutungan karena harga produk yang tinggi dan profit margin juga tinggi. Salah satu produk Apple Inc yang memberikan pemasukan sangat besar adalah iPhone. Pada kuartal ketiga tahun 2012 ini, Apple Inc. menjual sebanyak 26 juta iPhone. Dengan harga rata-rata sebuah iPhone sebesar 624 dollar AS, bisa dihitung sendiri besarnya pendapatan Apple Inc. dari sebuah gadget kecil yang bisa dimasukkan ke saku.

Produk lain yang juga   icon dari Apple Inc. adalah iPad. Tablet yang sudah memasuki generasi ketiga ini, pada kuartal ketiga 2012 terjual sebanyak 17 juta unit. Jika kita rata-ratakan harga sebuah iPad misalnya 500 dollar AS, dapat dihitung jumlah uang yang mengalir ke kas Apple dari penjualan 17 juta iPad tersebut.

Namun perlu dilihat pada kasus penjualan iPhone terdapat beberapa hal penting yang perlu didalami. Pertama, penjualan iPhone pada kuartal ketiga 2012 ini merupakan penurunan dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Di kuartal kedua 2012 yang lalu, Apple Inc. menjual sebanyak 35 juta iPhone dan kuartal sebelumnya sebanyak 36 juta iPhone. Apple Inc. menyalahkan kondisi perekonomian yang kurang menentu menjadi sebab terjadinya penurunan tersebut.

Namun sebenarnya tidak hanya kondisi ekonomi. Bila kita lihat banyak sekali rumor tentang akan lahirnya iPhone 5 sekitar September (Oktober 2012?) nanti. Oleh karena konsumen ingin iPhone terbaru, mereka terdorong untuk menahan pembelian sehingga iPhone 4S tidak jadi dibeli. Konsumen lebih memilih untuk menunggu seri baru iPhone yang dilaporkan memiliki layar lebih besar dan fitur terbaru lainnya.

Kedua harga rata-rata iPhone mengalami penurunan. Di kuartal yang lalu, harga rata-rata sebuah iPhone adalah 647 dollar AS, sedangkan kuartal sekarang  sebesar 624 dollar AS. Penurunan harga rata-rata ini merupakan hal yang logis karena konsumen akan tergerak untuk membeli iPhone yang lebih murah dibandingkan dengan yang lebih mahal karena perbedaan fitur yang tidak terlalu besar. Misalnya iPhone 4 dan iPhone 4S itu salah satu perbedaan besar adalah pada fitur SIRI.

Konsumen akan rela memiliki iPhone dengan harga lebih rendah dibandingkan memaksakan diri membeli iPhone 4S dengan harga yang lebih mahal hanya untuk memperoleh fitur SIRI. Dan sebuah kemustian, bila ada iPhone seri baru  lahir, harga iPhone seri lama akan tergerus. iPhone dengan harga yang lebih rendah ini merupakan daya tarik bagi konsumen karena fiturnya tidak berbeda jauh dengan iPhone seri baru.

Kejadian yang sama juga dialami oleh iPad. iPad kini telah memasuki generasi ketiga. Namun tentu saja iPad dan iPad 2  masih beredar. Harga iPad seri lama ini jelas lebih murah dibandingkan dengan seri terbaru. Menilik fitur yang juga tidak berbeda jauh, konsumen akan memilih untuk membeli iPad lama sehingga harga rata-rata iPad secara keseluruhan juga mengalami penurunan.

Ketiga tentu saja pesaing. Bila kita lihat, rival utama Apple saat ini hanyalah Samsung. Samsung beberapa waktu yang lalu meluncurkan Samsung Galaxy S3 yang diklaim bisa menyaingi iPhone 4S. Sampai dengan beberapa hari yang lalu, Samsung Galaxy S3 ini telah terjual sebanyak 10 juta unit dan diperkirakan pada akhir tahun 2012 nanti terjual 40 juta unit.

Meskipun demikian, Apple Inc. masihlah sebuah perusahaan dengan tingkat ptofit yang sangat tinggi. Keuntungan Apple Inc. setelah pajak menurut business insidermencapai angka 30%. Tentunya tingkat keuntungan ini sangat tinggi. Tingginya tingkat keutungan Apple Inc. disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu harga produk yang tinggi dan biaya per unit produk yang paling rendah.

Muara keseluruhan dari tingginya profit margin adalah Apple Inc. bisa mengumpulkan kas yang jumlahnya sungguh fantastis, 117 milliar dollar saat ini dan akan terus bertambah setiap kuartalnya.

Sumber: Apple Inc, Business Insider


Penjualan Perdana Galaxy Note8 Tandai Peresmian Galaxy International Experience Store Terbesar se-Asia Tenggara

Pengguntingan pita tanda dibukanya Galaxy International Experience Store Pada tanggal 29 September yang lalu, Samsung Electronics Ind...