Wednesday, December 12, 2012

Workshop Peran Blog Dalam Memajukan Pariwisata Bersama Viva

Sumber: dokumentasi pribadi
Sebuah kebahagiaan tersendiri bagi saya karena dapat mengikuti workshop tentang menulis blog khususnya yang bertema Travelling. Workshop ini tentu saja diisi oleh pembicara yang sudah ahli di bidangnya, sebut saja Barry Kusuma dan Riyanni Djangkaru. Selain itu ada pembicara dari Opera Indonesia yang berbagi tips sekitar bagaimana melakukan mobile blogging dengan menggunakan browser Opera Mini.

Bagi anda yang suka travelling, nama Riyanni Djangkaru bukanlah nama yang asing lagi. Riyanni Djangkaru pernah mengasuh acara Jejak Petualang dan kini merupakan Editor In Chief Divemag Indonesia. Sementara Barry Kusuma baru saja merilis buku tentang travelling berjudul 15 Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia. Selain kedua tokoh tersebut, turut hadir bintang film Tio Pakusadewo dan pejabat Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta. 

Workshop yang dihadiri oleh 150 blogger ini sangat menarik. Terutama di dalamnya digali potensi wisata di Kota Jakarta yang tidak kalah bagus dibandingkan dengan Singapura, Thailand dan Malaysia. Dari Workshop ini terlihat permasalahan kepariwisataan di DKI khususnya dan Indonesia umumnya, yaitu kurang dikenalnya destinasi wisata. Kurang dikenalnya destinasi wisata tersebut lebih karena pemberitaan yang sedikit dan mungkin anggapan para pelancong yang sudah negatif duluan terhadap kota Jakarta.

Riyanni Djangkaru dalam uraiannya mengatakan bahwa wisata di kota Jakarta itu sangat mengasyikkan. Kota yang sangat macet ini bisa dinikmati dengan terlebih dahulu merubah mindset para pelancong. Artinya dalam berwisata hal-hal negatif tentang kota Jakarta haruslah tidak dikemukakan dan nikmati wisata tersebut sebaik mungkin.

Hal yang lebih penting sebenarnya tentang wisata di Jakarta adalah keterlibatan semua pihak dalam memajukannya. Hal ini diungkap oleh perwakilan Dinas Pariwisata DKI Jakarta. Selain itu, Dinas Pariwisata juga tengah mengusahakan agar jalur Bus Way dapat dilewati oleh bus pariwisata guna menambah kesenangan wisatawan yang berkunjung ke Jakarta.

Berbicara tentang destinasi wisata, Kota Jakarta memiliki wisata kota layaknya Singapura, Malaysia dan Thailand. Destinasi wisata seperti di kepulauan Seribu dan berbagai mall yang menjanjikan wisata belanja yang tidak kalah hebatnya dibandingkan dengan negara tetangga. Tinggal sebenarnya untuk lebih memperkenalkan destinasi wisata tersebut. Dalam hal ini para blogger dengan kemampuan menulisnya, dapat menjadi solusi untuk memperkenalkan wisata kota Jakarta ke publik agar lebih dikenal dan menimbulkan rasa ingin mengunjungi destinasi wisata tersebut.


Tio Pakusadewo dalam uraiannya mengungkapkan betapa pentingnya kerja sama semua pihak dalam memajukan wisata di Jakarta. Ini artinya, wisata bukan tanggung jawab pemerintah saja. Warga Jakarta pun turut berperan dengan memperbaiki diri, keluarga dan lingkungan mereka. Artinya mulailah terlebih dahulu membersihkan diri, keluarga dan lingkungan, kemudian akan menular ke Jakarta secara keseluruhan. Kota yang bersih karena warganya bersih merupakan destinasi wisata yang menarik.  

Dalam Workshop ini juga diumumkan para pemenang lomba blog Enjoy Jakarta. Terdapat tiga pemenang utama dan tujuh pemenang hiburan yang memperoleh berbagai hadiah dari pihak penyelenggara. Oh, iya, acara workshop ini terselenggara berkat kerja sama Viva.Co.Id, Dinas Pariwisata DKI, Opera Mini dan kontribusi berbagai sponspor seperti Kid Zania.

Silahkan dinikmati beberapa foto dari acara Workshop Peran Blog Dalam Memajukan Pariwisata di DKI Jakarta berikut ini.

Tarian khas Betawi membuka acara Workshop Blogging

Sebagian Blogger yang hadir

Mbak Riyanni Djangkaru memaparkan tips blogging

Horeee ada hadiahnya


Selular Award 2017 : ZenFone 3 Deluxe Smartphone Terbaik

Aliudin Sute d ja (National Sales Manager ASUS) menerima penghargaan Selular Award 2017 ASUS berhasil menempatkan dua smartphone mereka...