Wednesday, December 5, 2012

Video Gangnam Style Hasilkan 1,7 Juta Dollar

PSY Gangnam Style, sumber: guardian.co.uk
Beberapa waktu yang lalu, video PSY Gangnam Style memecahkan rekor sebagai video yang paling banyak ditonton sepanjang sejarah YouTube. Hingga artikel ini dipublikasikan, video menarik dan lucu Gangnam Style tersebut sudah ditonton sebanyak 885.311.452 view. Video Gangnam Style tersebut mengalahkan video terpopuler sebelumnya milik Justin Bieber, Baby Baby yang ditonton sebanyak 805.106.210 hingga artikel ini dipublikasikan.

Prestasi PSY tersebut tentu sebuah berkah yang patut disyukuri. Sebelum meledaknya video Gangnam Style di YouTube, PSY hanyalah penyanyi kelas biasa yang hampir-hampir tidak dikenal. Aksi Gangnam Style-nya di video yang diupload ke YouTube menarik perhatian banyak orang. Bahkan beberapa orang terkenal seperti Chairman Google, Eric Schmidt turut menirukan gaya Gangnam Style PSY ketika ia berkunjung ke Korea Selatan.

Tentu saja muncul pertanyaan, apakah PSY memproleh pendapatan dari video yang ditonton hampir satu miliar orang tersebut? Jawabannya sudah pasti YA!. Jika kita lihat, rate atau bayaran atas iklan yang tampil di video YouTube sebagai tanda keikutsertaan dalam YouTube Partner Program adalah 2 dollar untuk 1.000 view. Dari formula ini bisa kita ketahui pendapatan PSY Gangnam Style dari video tersebut. 

Pertama kita membagi angka 885.311.452 dengan 1.000 yang akan menghasilkan angka 885.311,452. Angka ini kemudian dikalikan dengan tarif sebesar 2 dollar yang akan menghasilkan angka 1.770.622,904 dollar. Ini artinya PSY Gangnam Style memperoleh pendapatan sebesar 1,7 juta dollar lebih dari video tersebut.

Pendapatan 1,7 juta dollar lebih tersebut diperoleh dalam waktu kurang dari enam bulan, sebuah pendapatan yang sangat besar bukan? Belum lagi bila kita tambahkan penjualan musik digital PSY yang menurut nymag.com mencapai 243.720 dollar AS. 

Wow, PSY Gangnam Style bisa meraih 1,8 juta dollar dari hanya satu video di YouTube. Itupun dalam waktu kurang dari enam bulan karena video Gangnam Style baru diperkenalkan pada bulan Juli yang lalu.

Selamat PSY, Anda Layak Jadi Bintang!

Note: readwrite.com, dan nymag.com berkontribusi dalam artikel ini.

ASUS Rilis ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Seharga Mobil

ASUS ROG GX800 Seberapa mahal sebuah notebook yang pernah Anda beli? Rp25 juta? atau Rp50 juta? Pernah dengar sebelumnya sebuah noteboo...