Tuesday, December 4, 2012

Mengapa Ukuran File Aplikasi iOS Apple Lebih Besar

sumber: itricks4ios.com

Sebagai pengguna smartphone atau tablet anda tentu sangat sering menggunakan aplikasi. Bahkan sebenarnya sebagian besar aktifitas pengguna smartphone dan juga tablet berada di aplikasi. Aplikasi merupakan nyawa smartphone dan tablet, jika tidak ada aplikasi, kemampuan smartphone dan tablet tersebut akan sangat terbatas.

Berbicara soal aplikasi ini sebenarnya sudah beberapa hari ini saya mencari-cari jawaban atas pertanyaan mengapa ukuran file aplikasi iOS pada beberapa aplikasi populer jauh lebih besar dibandingkan dengan aplikasi yang sama yang terdapat di Android?

Tentunya saya seorang pengguna Android dan iOS Apple Inc. sekaligus. Setelah melakukan sedikit observasi di AppStore Apple Inc. dan di Google Play saya menemukan beberapa fakta menarik berikut ini.

1. Aplikasi Evernote di AppStore berukuran 27,8 MB, sedangkan di Google Play hanya 8,5 MB.

2. Aplikasi Flipboard di AppStore berukuran 10,5 MB, sedangkan di Google Play hanya 3,0 MB.
3. Aplikasi Pulse di AppStore berukuran 26,7 MB, sedangkan di Google Play hanya  5 MB.
4. Aplikasi  Google Drive di AppStore berukuran 22,7 MB, sedangkan di Google Play hanya 7,4 MB.
5. Aplikasi  GMail di AppStore berukuran 21,1 MB, sedangkan di Google Play bervariasi sesuai device.
6. Aplikasi  Google Currents di AppStore berukuran 9,3 MB, sedangkan di Google Play hanya 5,2 MB.
7. Aplikasi Twitter di AppStore berukuran  10,2 MB, sedangkan di Google Play hanya 3,5 MB.
8. Aplikasi TweetCaster di AppStore berukuran 21,9 MB, sedangkan di Google Play hanya 4,5 MB.


Selain aplikasi-aplikasi di atas masih sangat banyak aplikasi yang bisa diperbandingkan. Fakta penting yang saya temukan adalah dari beberapa observasi tersebut di atas tidak ada aplikasi di Google Play yang menyamai atau bahkan melebih ukuran aplikasi di AppStore Apple Inc. Hampir semua aplikasi di AppStore selalu lebih besar ukuran file-nya dibandingkan dengan ukuran file aplikasi yang sama di Google Play.

Pertanyaannya mengapa ukuran file aplikasi di iOS iPhone lebih besar dibandingkan dengan di Google Play Android? Saya coba cari jawabannya, namun hanya sedikit jawaban yang ditemukan. Menurut kompas.com, gemuknya file aplikasi di iOS disebabkan oleh dua faktor, yaitu pertama karena Apple Inc. meningkatkan batas download over-the-air dari 20 MB menjadi 50 MB sehingga developer berusaha memperbaiki aplikasi mereka agar tampil lebih baik dan stabil sehingga ukuran file-nya menjadi lebih besar.

Alasan kedua adalah karena hardware yang dihasilkan Apple Inc. lebih baik secara tampilan layar dengan menggunakan Retina Display. Layar dengan fitur Retina Display mendorong dibuatnya aplikasi-aplikasi dengan tampilan visual lebih indah. Tampilan visual yang lebih indah ini membutuhkan file yang juga berukuran lebih besar.

Bila anda pengguna iOS, apakah itu iPhone atau iPad, pasti bisa membedakan tampilan aplikasi tertentu. Kesimpulan pendek saya, aplikasi di iOS iPhone dan iPad memang tampilannya lebih bagus dibandingkan dengan di Android. Aliran aplikasi di iPhone terasa lebih mengalir dibandingkan dengan aplikasi yang sama di smartphone atau tablet Android.

Namun demikian, ukuran file aplikasi yang besar  sangat berpengaruh kepada paket data yang dipilih konsumen. Jika anda sering melakukan pembaruan aplikasi via smartphone atau tablet secara langusng, tentu saja paket data anda cukup tergerus dengan adanya file aplikasi yang besar-besar seperti terdapat di iOS. 

Di Android, karena ukuran file aplikasi yang lebih kecil, melakukan pembaruan aplikasi via smartphone atau tablet merupakan hal yang sangat biasa. Dan lagi, tidak seperti iOS yang dijembatani oleh iTunes, smartphone dan tablet Android terpaksa mengandalkan pembaruan via device atau perangkat. Jikapun anda membuka Google Play di komputer dan melakukan pembaruan, aplikasi tidak akan langsung diperbarui, tetapi anda tetap harus mendownloadnya terlebih dahulu via Google Play di perangkat Anda.

Ke Bengkulu Ngopi Sambil Menikmati Sunset dan Jejak di Fort Marlborough

Welcome to Bengkulu Ke Bengkulu untuk ngopi? Bengkulu cukup dekat dari Jakarta, hanya memakan waktu 50 menit jika menggunakan pesawa...