Friday, December 28, 2012

Melihat Keberhasilan Google di Tahun 2012

Google, sumber: Reuters
Penguasa mesin pencari masih berdiri dengan gagahnya. Google dengan tingkat inovasi sangat tinggi perlu berbangga karena tahun 2012 mereka lalui dengan sangat sukses. Tidak hanya secara ukuran harga saham yang terus meningkat (kini sekitar 700 dollar USD), tetapi juga secara produk di berbagai lini semakin lengkap. Meskipun dihadang cukup banyak masalah, terkait hubungan mereka dengan Apple Inc. yang memaksa keluarnya dua aplikasi penting, yaitu Maps dan YouTube dari iOS 6, namun Google bisa kembali dengan aplikasi yang sama dengan mutu aplikasi lebih baik. Tidak heran, dalam waktu singkat Google Maps menjadi aplikasi gratis terpopuler di AppStore Apple Inc. Demikian juga YouTube yang masuk ke dalam 10 besar aplikasi gratis terpopuler di AppStore.

Pertanyaannya tentu saja apakah Google bisa mengklaim keberhasilan di tahun 2012 ini? Saya rasa Google cukup punya banyak alasan untuk bisa bangga dengan pencapaian mereka di tahun 2012. Mari kita lihat beberapa gebrakan penting Google di tahun 2012 tersebut.

1. Knowledge Graph
Mesin pencari Google kini telah berevolusi menjadi sebuah pusat pengetahuan. Google berharap Knowledge Graph bisa menjawab kebutuhan pengguna internet yang semakin meningkat dalam hal pencarian. Kalau dulu mesin pencari Google memberikan informasi seperti terputus-putus antara satu hasil dengan hasil lainnya, kini dengan Knowledge Graph hasil pencarian saling terhubung. Coba perhatikan hasil pencarian berikut ini.
Hasil pencarian dengan Knowledge Graph
Hasil pencarian tentang Frank Lloyd Wright tidak hanya menampilkan siapa Frank Lloyd Wright tersebut. Di sisi kanan hasil pencarian ada berbagai link yang bisa dituju untuk mendalami lebih jauh siapa Frank Lloyd Wright, apa pekerjaannya, apa karyanya dan banyak lainnya. Inilah yang dimaksud dengan Knowledge Graph tersebut. Mesin pencari Google memberikan informasi yang sangat banyak tentang sesuatu hal yang dicari pengguna.

Inovasi Google ini semakin menjadikan mesin pencari Google sebagai mesin pencari nomor satu di dunia. Penguasaan pasar mesin pencari Google bisa mencapai 90%. Hal yang lebih bagus lagi inovasi Google ini dapat dinikmati pengguna tanpa bayar atau gratis. Meskipun demikian, mutu layanan yang diberikan Google sangat bagus.


2. Android
Android kini menguasai pasar OS smartphone dunia. Jumlah aktifasi per hari pun meningkat cukup fantastis, terakhir sebanyak 1,3 juta Android diaktifkan setiap hari. Misi Google dengan Android sangat jelas, yaitu agar semua orang memperoleh layanan Google dengan handset yang harganya tidak perlu mahal. Bila dulu orang memandang smartphone dan tablet sesuatu yang mahal, Google merubah cara pandang tersebut dengan memberikan Android secara cuma-cuma. Kini perangkat Android dapat diperoleh dalam harga yang sangat terjangkau. Jika anda mau, dengan uang Rp500.000 saja sudah bisa memperoleh perangkat Android seperti tablet branded lokal. 

Android juga merupakan jawaban Google terhadap vendor yang selama ini memasang harga sangat tinggi bagi produk smartphone mereka. Dengan demikian, vendor seperti Nokia, RIM BlackBerry dan Apple Inc. akan berpikir cukup keras agar perangkat mereka bisa cukup laku di pasar karena adanya perangkat lebih murah yang ditawarkan vendor lain yang menganut Android. Kompetisi seperti ini akan sangat bagus bagi konsumen. Konsumenlah yang diuntungkan dengan makin sengitnya persaingan di pasar smartphone dan tablet.

Secara penguasaan pasar di beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Perancis, Italia  dan Australia Android jauh mengalahkan iOS dari Apple Inc. Tidak lain karena diadopsi oleh banyak vendor sehingga handset yang tersedia di pasar lebih banyak dengan berbagai variasi fitur dan harga. Konsumen akan memilih yang paling cocok bagi mereka sesuai dengan dana yang tersedia. 

3. Perangkat Mobile
Di tahun 2012, Google menambah lini perangkat mobile mereka yang diberi nama Nexus. Sebelumnya hanya dikenal smartphone Nexus berkat kerja sama dengan vendor HTC dan Samsung. Di bulan Juni, Google mengumumkan tambahan perangkat baru yaitu tablet 7 inchi yang disebut Nexus 7. Nexus 7 merupakan hasil kolaborasi Google dengan vendor asal Taiwan ASUS. Google menawarkan tablet Nexus 7 versi wifi dengan harga yang sangat murah, mulai dari 199 dollar AS. 

Penjualan tablet Nexus 7 ini sangat bagus. Dalam beberapa review di beberapa situs teknologi dunia seperti Techcrunch dan AllThingsD, Nexus 7 dirating sangat bagus dan bisa berkompetisi dengan iPad atau setidaknya merupakan tablet 7 inchi terbaik di kelasnya.

Beberapa bulan kemudian, sekitar bulan Oktober 2012, Google meluncurkan Nexus 10, tablet 10 inchi hasil kolaborasi dengan Samsung. Di sisi smartphone Google bekerja sama dengan LG meluncrukan Nexus 4 yang sangat bagus penjualannya sejauh ini. Nexus 4 ini selalu mengalami sold out dalam waktu tidak beberapa lama setelah dipajang di Google Play. Eksekutif Google di Inggris sampai meminta maaf kepada konsumen yang telah memesan namun belum bisa dipenuhi karena pasokan dari LG yang memang sangat sedikit.

Bila kita lihat, lini perangkat mobile Google tersebut tidak hanya di sisi software-nya yang mengalami peningkatan. Di sisi desain desain hardware, Google mulai mengurangi jarak dari Apple Inc. yang selama ini dijadikan patokan dalam hal desain perangkat. Hardware yang dihasilkan dari lini Nexus kini semakin bagus rancang bangunnya. Ini menandakan Google mulai mengalami perbaikan di sisi desain.

4. Aplikasi Mobile
Pasar aplikasi Android, Google Play kini merupakan rumah dari 700.000 aplikasi. Tentu saja aplikasi tersebuat akan terus bertambah. Selain itu, Google juga membuat aplikasi sendiri, tidak hanya untuk Android, tetapi juga iOS Apple Inc. Aplikasi yang dibuat Google ini lebih dari 25 aplikasi terutama untuk iOS Apple Inc.Untuk iOS Apple Inc. Google telah mensubmit kembali dua aplikasi yang sebelumnya telah dibuang oleh Apple Inc. yaitu Google Maps dan YouTube. Aplikasi yang dibuat Google tersebut tentu saja mengalami peningkatan dari aplikasi sebelumnya. Sangat banyak review positif terhadap aplikasi Google Maps. Bahkan Walt Mossberg sampai mengatakan bahwa pengguna kini bisa membuang aplikasi Apple Maps dan menggantinya dengan Google Maps.

Tentu saja masih sangat banyak pencapaian Google di tahun 2012 selain daftar di atas. Salah satu yang penting adalah browser Chrome yang terus menunjukkan perbaikan dan pangsa pasar. Selain itu, media sosial ala Google, Google Plus mengalami peningkatan sangat signifikan karena sudah memiliki anggota 500 juta pengguna. Sebuah pencapaian bagus untuk media sosial yang baru akan memasuki usia dua tahun.

2013
Di tahun 2013 nanti apa kira-kira yang akan dilakukan Google. Saya memperkirakan versi Android terbaru akan dirilis Google sekitar kuartal kedua tahun 2013. Nama penerus Jelly Bean ini sudah sangat akrab, yaitu Key Lime Pie.  

Selain itu, yang patut diperhatikan adalah Google Glass. Kacamata super dari Google ini mungkin saja akan terlihat lebih jelas masa depannya. Tidak lupa adalah Self Driving Car Google. Tentunya Google berharap akan makin banyak negara bagian di Amerika Serikat yang membolehkan mobil tanpa sopir ini berlalu-lalang dijalan raya. Semoga saja.

Penjualan Perdana Galaxy Note8 Tandai Peresmian Galaxy International Experience Store Terbesar se-Asia Tenggara

Pengguntingan pita tanda dibukanya Galaxy International Experience Store Pada tanggal 29 September yang lalu, Samsung Electronics Ind...