Thursday, December 13, 2012

Guy Kawasaki Apple Evangelist, Tidak Lagi Menyukai iDevice Apple Inc.

Guy Kawasaki
Benarkah iDevice kehilangan pamor dari pencintanya setianya? Jika pertanyaan tersebut diajukan kepada Guy Kawasaki jawabannya "Ya". Guy Kawasaki merupakan orang penting di kesuksesan Apple Inc. di tahun 80-an. Ia dijuluki sebagai Apple Evangelist karena bisa memengaruhi sedemikian banyak orang untuk menggunakan komputer Mac Apple. Inc. 

Namun kini hal itu sudah tidak lagi. Guy Kawasaki sudah berubah haluan 180 derajat. Ia kini merupakan fans garis keras Android, sistem operasi smartphone dan tablet dari Google. Bahkan tidak satupun iDevice yang ia pakai saat ini.

Dalam wawancara dengan readwrite.com Guy Kawasaki membuka rahasia mengapa ia sangat menyukai Android dan benar-benar meninggalkan iOS Apple Inc. yang terdapat di perangkat iDevice

Guy Kawasaki berpindah ke Android satu tahun yang lalu. Meskipun baru satu tahun, sudah merupakan waktu yang cukup baginya untuk benar-benar meninggalkan iDevice Apple Inc. Ia mengatakan orang lain boleh terpesona dengan iOS, namun ia sudah tidak lagi. Ia jatuh cinta kepada smartphone Android, kemudian juga tablet Android di mana ia menggunakan Google Nexus 7. Hal yang perlu digarisbawahi dari pernyataan Guy Kawasaki adalah:
To me the great irony is that Apple’s slogan was `Think Different,’ but today if you think different you’re looking at Android.
Kesimpulan cepat dari apa yang dikatakan oleh Guy Kawasaki tersebut di atas adalah bahwa jika anda mencari sesuatu yang berbeda, hal itu tidak lagi anda dapatkan dari iDevice Apple Inc., tetapi ada di Android. Ironis memang, slogan Think Different tersebut merupakan slogan yang pada awalnya digunakan Apple Inc. untuk menarik sebanyak mungkin pengguna, namun kini slogan tersebut diartikan dalam hal berbeda pada perangkat Android, setidaknya menurut Guy Kawasaki.

Hal yang perlu diketahui lebih lanjut adalah ternyata Guy Kawasaki juga tidak tertarik dengan tablet terbaru Apple Inc., yaitu iPad Mini. Menurutnya tidak ada sesuatu yang menariknya untuk berpindah dari Nexus 7 ke iPad Mini. Jika ada ia akan berpindah dalam hitungan detik.

Demikian juga dengan iPhone terbaru, yaitu iPhone 5. Guy Kawasaki tidak akan berpindah ke iPhone 5 meskipun sudah diperlengkapi dengan koneksi LTE seperti kebanyakan perangkat Android. Ia beranggapan Android lebih baik daripada iOS Apple Inc. 

Tentu ada alasan mengapa Guy Kawasaki sangat menyukai Android dan berani meninggalkan lingkungan iOS Apple Inc. yang selama ini ia pakai. Terlebih lagi, ia adalah orang yang juga turut andil atas keberhasilan Apple Inc. itu sendiri.

Guy Kawasaki mengungkapkan bahwa ia menyukai fitur Near Field Communication (NFC), kemampuan multitasking dan urutan aplikasi secara abjad yang terdapat di perangkat Android. Hal lain yang disukainya adalah kabel standar yang terdapt di perangkat Android. Ini memudahkannya untuk menggunakan perangkat Android apakah itu Samsung Galaxy S3 atau tablet Nexus 7. Sementara Apple Inc. menerapkan hal yang berbeda. Kabel merupakan bisnis dan tidak standar secara universal, bahkan bisa berbeda antarperangkat iOS seperti yang terjadi di iPhone 5. Ini artinya merepotkan pengguna.

Pada awalnya Guy Kawasaki menggunakan Motorola Droid Razr Maxx, namun kini ia menggunakan Samsung Galaxy S3. Saya kira, Guy Kawasaki tidak sendiri dalam hal ini. Steve Wozniak, salah satu pendiri Apple Inc. juga mengapresiasi kehebatan Android dan tidak segan untuk menujukkan kesukaannya terhadap Android. Demikian juga sebagian besar konsumen smartphone dunia karena 75% sekarang ini merupakan pengguna Android, bukan iOS Apple Inc.

Hal yang perlu dicatat adalah Guy Kawasaki berpindah ke Android bukan karena dibayar, bukan karena Android lebih murah, bukan karena ia memperoleh demo produk secara gratis, namun karena semata-mata karena Android lebih baik.

Sumber: Readwrite 

BukBer, Berbagi Bersama Blue Bird Group dan Rumah Harapan

BukBer Blue Bird Group Di sela-sela kesibukan, dua hari yang lalu saya sempatkan untuk hadir di Buka Bersama (BukBer) Blue Bird Group y...