Saturday, December 8, 2012

Google Luncurkan Google Plus Communities untuk Bersaing dengan Facebook Grup

sumber: print screen

Google Plus, media sosial milik Google terus menunjukkan perkembangan yang positif. Dalam statistik terbaru yang diungkap oleh Google, Google Plus sudah memiliki 500 juta pengguna, 235 juta aktif menggunakan fitur +1 di Google Play, Hangout di Gmail, dan terkoneksi dengan teman melalui fitur search. Tidak itu saja 135 juta di antaranya aktif di stream Google Plus.

Bila kita lihat angka-angka cukup ini signifikan untuk sebuah media sosial berumur satu setengah tahun. Perkembangan yang signifikan ini terutama didorong oleh fitur yang lebih baik, baik melalui desktop maupun mobile. Integrasi smartphone Android ke Google Plus juga sebuah hal yang cukup memengaruhi karena sangat banyak pengguna yang mengakses Google Plus secara mobile. Terlebih lagi aplikasi Google Plus untuk iOS Apple Inc. juga sangat baik.

Tentunya Google tidak berhenti di angka-angka di atas. Hari ini, Google secara remi menammbahkan fitur Communities ke dalam Google Plus. Sesuai dengan platform Google Plus, yaitu menemukan orang-orang dengan minat sama, Communities dibuat sesuai dengan tujuan tersebut. Pengguna dengan minat yang sama akan terhubung dan berinteraksi lebih intens melalui Communities ini. Bisa dikatakan Communities seperti Group di Facebook dan akan berhadapan langsung dengan fitur Facebook tersebut. Namun dengan beberapa kelebihan yang ditawarkan dari sisi privasi.

Pertama tujuan Communities adalah untuk menjadi pool bagi pengguna dengan minat yang sama. Misalnya jika anda memiliki minat fotografi, tersedia banyak sekali komunitas fotografi di Google Plus. Tinggal pilih, mana yang menurut anda lebih baik. Google tidak membatasi seberapa banyak komunitas dalam satu topik tertentu. Misalnya Android, terdapat banyak sekali komunitas dengan berbagai nama Android, tetapi seiring dengan waktu hanya akan ada beberapa komunitas yang bagus dan tetap akan berdiri.


Kedua privasi komunitas dapat dipilih ketika anda membuat komunitas di Google Plus. Berdasarkan privasi ini, terdapat beberapa jenis komunitas, yaitu sebagai berikut.
1. Publik. Komunitas publik, siapapun bisa ikut, setiap pengguna Google Plus bisa terlibat di komunitas ini. Implikasinya adalah setiap orang bisa melihat update atau postingan di komunitas ini. Setiap pengguna juga bisa menemukan komunitas ini di mesin pencari Google. Komunitas ini cocok untuk anda yang memiliki minta fotografi, klub sepak bola dan olahraga lainnya.

2. Komunitas Publik dengan moderasi. Jika pengguna ingin bergabung dengan komunitas ini, butuh persetujuan moderator komunitas. Setiap orang bisa bergabung setelah memperoleh persetujuan sebelumnya. Update dan postingan komunitas ini bisa dilihat semua orang dan ditemukan di mesin pencari. Komunitas ini biasanya melakukan sharing konten secara publik, namun pembuatnya dibatasi. Komunitas seperti ini cocok bagi anda yang satu alumni dari universitas tertentu.

3. Private, hanya ditemukan jika ada pengguna yang mencarinya di mesin pencari. Setelah ditemukan di mesin pencari, setiap orang yang tertarik bergabung dapat bergabung, namun melalui persetujuan moderator. Update atau posting hanya bisa dilihat oleh anggota komunitas, namun jika pengguna lain mencari komunitas ini di mesin pencari, komunitas tetap dapat ditemukan. Komunitas seperti ini cocok untuk oragnisasi kecil dengan minat tertentu seperti blogger, komunitas musik Jazz dan lainnya.

4. Private tersembunyi. Komunitas ini tidak dapat ditemukan melalui mesin pencari, hanya orang yang diundang yang bisa menjadi anggota komunitas. Artikel hanya bisa dilihat oleh anggota komunitas dan sangat privasi. Komunitas ini mungkin cocok bagi mereka yang ingin bersembunyi di internet.

Tentu saja, ini baru awal dari usaha Google untuk lebih memberikan layanan kepada penggunanya. Tentunya terdapat banyak kekurangan, seperti notifikasi yang otomatis dikirim via email. Namun jika anda memasuki komunitas, anda bisa mengatur tampilan notifikasi di halaman Google Plus Anda. Tinggal klik tanda Bel di bawah foto profil komunitas yang anda ikuti, nanatinya notifikasinya tidak lagi dicantumkan di halaman Google Plus anda.
Anggota komunitas tetap bisa melakukan chatting secara pribadi dengan anggota komunitas lainnya dan Hangout bersama anggota komunitas lain.

Anda juga dapat mematikan notifikasi yang dikirim via email ke inbox GMail anda dengan cata menekan Mute di profil masing-masing anggota komunitas.

Dengan sekian banyak pengembangan, tentu saja Google Plus diharapkan semakin banyak penggunanya. Saya rasa tidak lama lagi, Google Plus akan mencapai 750 juta pengguna dan stream yang lebih sibuk, di atas 200 juta. Semoga saja, karena secara fitur Google Plus makin memantapkan diri sebagai media sosial terbaik saat ini.

Samsung Rilis Galaxy J7 dan J5 Pro More Than Selfie

Galaxy J Friends di launching Galaxy J Pro  More Than Selfie! Kini bukan lagi jaman selfie Namun sudah zamannya Live Vlogging! ...