Saturday, December 29, 2012

Aplikasi Android Terbaik Tahun 2012 Versi Google

Sumber: androidspin.com
Sudah berkunjung ke Google Play Store hari ini? Di Google Play Store, rumah dari 750.000 aplikasi untuk Android ini, Google baru saja merilis aplikasi terbaik versi mereka di tahun 2012. Tavares Ford yang menjabat sebagai Google's merchandising manager for the Play Store mengatakan pemilihan aplikasi terbaik tahun 2012 versi Google ini berdasarkan tiga kriteria, yaitu Utility (Kegunaan), Beauty (Tampilan) dan Accessibility (Aksessibiltas). Aplikasi yang dipilih adalah yang memiliki kombinasi terbaik antara tiga kriteria tersebut. 

Sebagian besar aplikasi yang dipilih Google tersedia secara global dan memiliki pengalaman pengguna yang tinggi, baik di smartphone maupun di tablet. Aplikasi yang terpilih ada yang dirilis sebelum tahun 2012 dan telah mengalami upgrade dan ada juga yang baru dirilis di tahun 2012. Nah apa saja aplikasi terbaik untuk Android hasil penilaian Google tersebut? Simak daftar berikut ini.

1. Evernote
Aplikasi untuk membuat catatan ini sangat populer. Evernote bisa digunakan untuk mencatat apa saja, belanjaan, hasil wawancara, hasil diskusi dan banyak lainnya. Saya sendiri cukup sering menggunakan Evernote. Aplikasi ini mudah digunakan, memiliki kegunaan yang tinggi dan tampilannya bagus. Di Play Store, Evernote dengan lambang Gajah ini telah didownload secara gratis antara 10.000.000 hingga 50.000.000.

2. Pinterest
Bagi anda yang suka menempelkan pin berbentuk gambar, tentu tidak lupa dengan aplikasi Pinterest. Pinterest untuk Android memungkinkan anda menempelkan gambar dari manapun di web kemudian berbagi dengan rekan anda. Sayangnya, saya meski memiliki akun pinterest, namun tidak begitu suka tempel-menempel gambar. Aplikasi Pinterest telah diupgrade ke versi terbaru pada tanggal 18 Desember 2012 yang lalu. Di Play Store aplikasi gratis ini telah didownload antara 5.000.000 hingga 10.000.000.

3. Grimm's Snow White
Ingin cerita dongeng tentang Putri Salju? Kini anda tak perlu lagi beli buku dongeng. Cukup beli buku dongeng Grimm's Snow White yang saat ini turun harga menjadi hanya 1,82 dollar. Aplikasi ini sangat banyak mendapat pujian karena mampu menghadirkan dongen secara interaktif. Ada beberapa kelebihan aplikasi ini, yaitu memberikan pengalaman tiga dimensi, permainan dan puzzle yang sangat banyak, ilustrasi yang cantik dan gambar penuh warna dan masih banyak lainnya. 

Aplikasi ini telah dibeli sebanyak 5.000-10.000. Meskipun secara pembelian sangat sedikit dibandingkan dengan aplikasi berbayar lain, Grimm's Snow White mampu menunjukkan bahwa menjadi aplikasi terbaik tidak harus terpopuler. Pengalaman pengguna yang cukup tinggi ketika menggunakan aplikasi ini mungkin menjadi alasan bagi Google untuk memilihnya menjadi aplikasi terbaik di tahun 2012.

4. Pocket
Tahukah anda bahwa anda bisa membaca konten mobile tanpa harus ada koneksi internet? Dengan aplikasi Read It Later seperti Pocket keinginan anda untuk membaca berbagai informasi penting di saat yang lain dapat terpenuhi. Buka halaman web yang anda ingin baca, jika belum selesai atau ingin membaca lagi di kemudian hari, simpan di Pocket.

Saya telah menggunakan aplikasi ini. Berbagai berita teknologi yang tidak bisa saya baca dalam satu kesempatan saya simpan di Pocket untuk dibaca di hari yang lain. Saya sangat senang dengan aplikasi ini. Kegunaannya sangat tinggi, mudah digunakan dan tampilannya sederhana untuk mendukung fungsi kegunaan tersebut. Tidak heran aplikasi ini termasuk yang terbaik versi Google.

Aplikasi ini bisa menghemat kuota internet Anda. Segala sesuatu yang tak ingin anda baca ketika tersambung ke internet, dapat anda simpan di Pocket untuk dibaca ketika offline. Jadi bila anda membuka kembali konten, anda tidak perlu lagi menghabiskan kuota internet hanya untuk membaca. Saya sangat sarankan Anda untuk menggunakan aplikasi ini, terlebih karena aplikasi ini dulunya berbayar dan kini telah menjadi gratis.

5. Expedia
Bagi anda yang sering bepergian keliling dunia aplikasi Expedia wajib anda miliki. Dengan aplikasi Expedia anda dapat menemukan penerbangan dan hotel secara lebih mudah.  Anda bisa menemukan hotel dan tiket penerbangan anggaran. Tidak perlu repot lagi. Tentunya Google merasa kegunaan Expedia sangat tinggi sehingga dimasukkan ke dalam aplikasi terbaik tahun 2012.

Ingin tahu lebih banyak aplikasi selain di atas yang masuk ke dalam Aplikasi Terbaik Tahun 2012 versi Google? Silahkan klik link menuju Play Store.

Selular Award 2017 : ZenFone 3 Deluxe Smartphone Terbaik

Aliudin Sute d ja (National Sales Manager ASUS) menerima penghargaan Selular Award 2017 ASUS berhasil menempatkan dua smartphone mereka...