Tuesday, November 20, 2012

Tablet Android Menggerus Pangsa Pasar iPad

Nexus 7 Tablet Android Google
sumber: anandtech.com

iPad kini menghadapi persaingan yang sengit pasar tablet. Sesungguhnya, semenjak ada Android, iPad sudah ada lawan di pasar, tidak hanya dari Android, tetapi juga dari RIM yang merilis BlackBerry PlayBook. Sayangnya, tablet versi awal dari Android dan RIM tersebut gagal bersaing dengan iPad. Lebih parah lagi, BlackBerry PlayBook yang diharapkan menjadi iPad Killer malah melempem penjualannya. Boleh dikatakan tablet besutan RIM ini gagal total.

Demikian juga dengan tablet Android yang dipasarkan dengan OS Android Froyo dan Honeycomb. Hampir tidak bisa menunjukkan perlawanan yang berarti terhadap iPad Apple Inc. Namun demikian, seiring waktu dan sistem operasi Android yang semakin baik, tablet Android makin bisa bertarung head to head dengan iPad. Hal ini dibuktikan dengan adanya laporan dari IDC yang menunjukkan pasar iPad terus turun dibandingkan beberapa waktu yang lalu.

Dalam laporannya, IDC menyebutkan bahwa tablet Android kini memiliki pangsa pasar 37,4% di kuartal ketiga tahun 2012 ini. Pangsa pasar iPad kini tinggal 50,4%, padahal di kuartal ketiga tahun 2011 yang lalu, masih berada di angka 59,7%. Coba kita lihat data berikut ini.

Sumber: IDC
Pangsa pasar tablet Android sebesar 37,4% tersebut berasal dari empat vendor utama. Patut dicatat pula bahwa Amazon yang merilis Kindle Fire termasuk ke dalam tablet Android, meskipun sudah sangat dikustomisasi oleh Amazon. Dari daftar vendor seperti terlihat di tabel, Samsung mengalami peningkatan pangsa pasar yang sangat signifikan. Pada kuartal ketiga tahun 2011 yang lalu, Samsung hanya menguasai pasar sebesar 6,5%. Namun dalam setahun, Samsung dapat meningkatkan pangsa pasarnya menjadi 18,4% atau kenaikan sebesar 325%.


Demikian juga dengan ASUS. Pada bulan Juni yang lalu, ASUS bekerja sama dengan Google meluncurkan Nexus 7, tablet ukuran 7 inchi yang sangat sukses di pasar. Kesuksesan tersebut dilatarbelakangi oleh fitur yang bagus, tetapi dengan harga yang sangat murah. Di beberapa laporan, ASUS mengatakan bahwa mereka sampai mengapalkan satu juta Nexus 7 dalam satu bulan.

Meningkatnya pangsa pasar tablet Android tentu tidak terlepas dari keinginan Google untuk bersaing dengan Apple Inc. di pasar tablet. Tahun 2012 ini Google juga turut andil dengan merilis Nexus Tablet yang dihargai sangat murah. Dengan strategi harga murah ini, tablet Android akan bisa bersaing di pasar dengan iPad. 

Perlu kita perhatikan bahwa menurunnya pasar iPad lebih karena masuknya tablet Android ke pasar dengan harga yang relatif murah. Secara pengapalan, kita bisa melihat bahwa jumlah iPad yang dikapalkan Apple justru meningkat dibandingkan dengan data kuartal ketiga tahun 2011. Namun karena pertumbuhan pengapalan iPad lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan pengapalan tablet Android, akibatnya penguasaan pasar Apple Inc menurun.

Data di atas juga menunjukkan bahwa iPad bukan lagi satu-satunya pilihan bagus di pasar tablet. Kesuksesan Kindle Fire dari Amazon dan Nexus 7 dari ASUS cukup jadi bukti bahwa konsumen memiliki pilihan yang tidak kalah baiknya dibandingkan iPad. Apalagi, baru-baru ini Google bersama Samsung merilis Nexus 10, tablet berukuran 10 inchi dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan iPad. Tidak itu saja, Microsoft telah mulai mengapalkan tablet Surface yang menandai keikutsertaan mereka secara langsung di pasar tablet.

Dengan demikian, iPad kini digempur oleh beberapa vendor sekaligus. Di sisi harga, Android memberikan harga yang relatif lebih murah melalui seri Nexus Tablet dan Kindle Fire. Di sisi fitur dan mungkin kualitas hardware Microsoft Surface siap menantang iPad. 

Tentu saja akan sangat menarik melihat komposisi pangsa pasar tablet di kuartal keempat tahun 2012. Perkiraan awal, saya kira iPad akan terus mengalami penurunan pangsa pasar. Tidak hanya karena makin banyaknya konsumen memilih tablet Android yang relatif murah, tetapi juga serangan Surface dengan sokongan penuh dari Microsoft. Saya perkirakan juga, tengah tahun 2013 nanti, Android akan menguasai pasar tablet, mengalahkan iPad Apple Inc.

Samsung Galaxy S8 dan S8+ Dirilis 2 Mei di Indonesia

Samsung Galaxy S8 (Source: Samsung) Samsung Galaxy S8 dan S8+ yang sebulan lalu dirilis di New York dalam waktu dekat akan bisa dibeli ...