Friday, November 30, 2012

Pasar iPad Dimakan Tablet Android

sumber: one-quest.com
Hasil studi terbaru dari ABI Research menunjukkan bahwa iPad masih terus mendominasi pasar tablet dunia. Hal ini merupakan kelanjutan dari posisi sebelumnya di mana selama 10 kuartal terakhir iPad tidak tergoyahkan sebagai pemimpin di segmen pasar tablet. Namun demikian, terdapat catatan yang menarik untuk disimak, yaitu tablet Android mulai menarik bagi konsumen.


ABI Research dalam laporan terbarunya untuk kuartal ketiga 2012 melaporkan bahwa pengusaaan iPad di pasar tablet kini berada di angka 55%. Penguasaan pasar sebesar 55% ini merupakan penguasaan pasar terendah semenjak iPad diluncurkan dua tahun yang lalu, tepatnya di tahun 2010.

Penguasaan pasar iPad turun sebesar 14% dibandingkan kuartal yang lalu. Angka 14% ini tiada lain berpindah ke tablet Android yang kini mulai menunjukkan peningkatan market share. Bila kita lihat ada beberapa vendor yang sangat sukses memasarkan tablet berbasis Android, yaitu Samsung, Amazon, dan ASUS. Samsung dan ASUS merupakan partner Google dalam memproduksi tablet.

Samsung sangat giat memperbarui lini produk tablet mereka. Pilihan ukuraan tablet yang dibuat oleh Samsung juga bermacam-macam, mulai dari 7 inchi, 7,7 inchi, 8,9 inchi dan terakhir 10,1 inchi. ASUS baru memasuki pasar tablet pada bulan Juni yang lalu. Vendor asal Taiwan ini bekerja sama dengan Google meluncurkan tablet Nexus 7 inchi yang diharga sangat murah, mulai dari 199 dollar. Meskipun sangat murah, tetapi fitur tablet ini sangat menjanjikan dengan menempatkan chip Nvidia Tegra 3 di dalamnya.

Amazon juga cukup sukses dengan seri Kindle Fire-nya. Beberapa waktu yang lalu, Amazon juga telah memperbarui lini produk tablet mereka dengan meluncurkan Kindle Fire HD. Sama seperti ASUS, Amazon memberikan harga yang cukup murah sebagai penarik konsumen.

Dengan kompetisi yang terus berjalan, diperkirakan iPad akan terus mendapat perlawanan sengit dari tablet Android. Sameer Singh analis dari perusahaan konsultan Finvista Advisors memperkirakan tahun depan merupakan masa keemasan tablet Android karena pada saat itu, tablet Android akan melampaui penguasaan pasar iPad. ABI research menambahkan, melihat pertumbuhan pasar tablet Android, peluncuran iPad Mini beberapa waktu yang lalu tidak akan bisa menolong menahan laju penurunan pasar iPad Apple. Inc.

Samsung Rilis Galaxy J7 dan J5 Pro More Than Selfie

Galaxy J Friends di launching Galaxy J Pro  More Than Selfie! Kini bukan lagi jaman selfie Namun sudah zamannya Live Vlogging! ...