Friday, November 2, 2012

Apple Inc. Kalah dalam Perebutan Nama iPhone

sumber: digitalspy.com
Kalah menang di pengadilan paten merupakan hal yang biasa. Namun beberapa waktu terakhir ini, Apple Inc. seperti sedang bernasib buruk. Di Inggris Apple Inc. diperintahkan oleh pengadilan untuk merilis permohonan maaf kepada Samsung terkait kasus copy desain iPad. Sebenarnya Apple Inc. telah merilis permintaan maaf tersebut, namun pengdilan berpendapat lain. Apple diminta secara tegas (bukan secara tersamar) untuk meminta maaf kepada Samsung di situsnya di Inggris. 

Belum selesai kasus dengan Samsung, berita buruk kembali menimpa Apple Inc. Kali ini berasal dari Meksiko. Dikutip dari electronista.com, Apple Inc. dikabarkan kalah dalam perebutan brand iPhone. Pengadilan di Meksiko memutuskan untuk menolak permintaan Apple Inc. terkait dengan nama iPhone. Sebuah brand di Meksiko yang didaftarkan empat tahun lebih awal dibandingkan iPhone, yaitu iFone digugat Apple Inc tahun 2009 yang lalu. Alasan Apple Inc. adalah karena brand ini terlalu mirip secara fonetis dengan iPhone oleh karenanya harus dilarang. Apple Inc. berdalih bahwa brand iFone membuat konsumen bingung karena sangat mirip dengn iPhone.  

Namun sepertinya gugatan Apple Inc. tersebut terlalu mengada-ada. Perlu diketahui brand iFone sudah didaftarkan di Meksiko empat tahun lebih awal dibandingkan dengan iPhone. Ini artinya brand iFone terdaftar semenjak tahun 2003, sementara iPhone pertama baru lahir tahun 2007. 

Pengadilan di Meksiko berpendapat bahwa brand iFone lebih dulu didaftarkan dibandingkan dengan iPhone dan menolak gugatan Apple Inc terhadap iFone. iFone kemudian mengajukan gugatan balik terhadap Apple Inc. dengan menuntut ganti rugi yang besarnya bisa mencapai 40% dari nilai penjualan iPhone di Meksiko. Selain itu, iFone juga meminta penangguhan/pemblokiran penjualan iPhone di bawah nama iPhone di Meksiko.

Tentu saja keputusan ini akan berdampak terhadap penjualan iPhone di Meksiko. Apalagi iPhone terbaru, iPhone 5 akan segera diluncurkan di Meksiko melalui operator Telcel dan Movistar.

Hal yang perlu diketahui adalah apakah keputusan pengadilan Meksiko ini bersifat final. Jika ya, artinya Apple Inc. mengalami kekalahan yang cukup signifikan. Jika tidak mungkin Apple Inc. akan melakukan banding dan mencari jalan damai dengan memberikan kesepakatan keuangan bagi iFone.


Ke Bengkulu Ngopi Sambil Menikmati Sunset dan Jejak di Fort Marlborough

Welcome to Bengkulu Ke Bengkulu untuk ngopi? Bengkulu cukup dekat dari Jakarta, hanya memakan waktu 50 menit jika menggunakan pesawa...