Monday, November 12, 2012

Apple Inc. Bayar 21 Juta Dollar atas Pencurian Desain Jam

Desain jam Swiss Federal Railways yang diambil Apple Inc,
 sumber: Wikipedia
Ketika iOS 6 pertama kali diluncurkan, ada yang baru terlihat, yaitu desain jamnya. Tidak butuh waktu lama, sebuah perusahaan asal Swiss mengklaim bahwa Apple Inc. telah mencuri desain jam mereka. Perusahaan tersebut, Swiss Federal Railways mengklaim bahwa Apple Inc. tanpa permisi mengambil desain jam mereka yang legendaris kemudian ditempatkan di iPad.

Desain jam Swiss Federal Railways pertama kali dibuat oleh  Hans Hilfiker, seorang insinyur asal Swiss bersama Mobatime di tahun 1944. Selanjutnya desain jam ini menjadi ikon jam di Swiss. Desain jam tersebut memang sangat sesuai dengan cita rasa Apple Inc. selama ini, yaitu minimalis dan cantik. Tidak aneh jika Apple Inc. menempatkan desain jam tersebut di perangkat mereka. Namun sayangnya, Apple Inc. sepertinya sengaja tidak meminta izin terlebih dahulu (mungkin khawatir jika harus membayar). 

 Swiss Federal Railways tentu saja senang bahkan bangga desain jam mereka ditempatkan oleh Apple Inc. di perangkat mereka. Namun demikian, mereka tentu tidak mau memberikan desain tersebut secara gratis. Untuk itu, setelah mengetahui desain jam mereka diambil Apple Inc. Swiss Federal Railways, berusaha menegoasiakan lisensi untuk desain jam mereka tersebut.


Tidak butuh lama, Apple Inc. menyatakan setuju untuk membayar sejumlah tertentu untuk desain jam Swiss Federal Railways tersebut. Namun pada waktu itu, tidak disebutkan secara tegas, seberapa banyak Apple Inc. membayar Swiss Federal Railways untuk desain jam mereka. Seperti diberitakan oleh Mashable:



“The Swiss Federal Railways SBB and Apple have reached an agreement on the use of the SBB station clock on devices like iPad and iPhone.
Barulah, kemarin, jumlah yang dibayarkab oleh Apple Inc, terungkap. Sebagaimana banyak dikutip situs teknologi dari AFP, Apple Inc. dikabarkan membayar Swiss Federal Railways sebesar 21 juta dollar AS untuk desain jam mereka yang dipakai oleh Apple Inc, di iPhone dan iPad. 

Tentu saja jumlah 21 juta dollar tersebut sangat kecil untuk ukuran Apple Inc. Apple Inc. merupakan perusahaan dengan tingkat keuntungan tertinggi di dunia. Jadi membayar sebesar 21 juta dollar tidaklah sulit. Namun, tentu ada pertanyaan, jika  Swiss Federal Railways tidak mengetahui bahwa desain jam mereka dicuri Apple Inc, apakah Apple Inc. berdiam diri? Artinya selagi tidak diketahui, mungkin Apple Inc. akan membiarkan pencurian desain tersebut. 

Ini sebuah hal yang patut dipertanyakan karena Apple Inc. melalui Steve Jobs menuduh Android sebagai produk curian. Padahal Apple Inc. juga tidak terlepas dari perilaku tersebut.

Sumber: AllThingsD, Forbes, Business Insider, Mashable, Gizmodo, dan lainnya

Penjualan Perdana Galaxy Note8 Tandai Peresmian Galaxy International Experience Store Terbesar se-Asia Tenggara

Pengguntingan pita tanda dibukanya Galaxy International Experience Store Pada tanggal 29 September yang lalu, Samsung Electronics Ind...