Wednesday, November 21, 2012

Android Makin Menguasai Pasar Smartphone Dunia

Android atai si Robot Hijau
 sumber:4bp.blogspot.com

IDC telah mengumumkan hasil tracking yang mereka lakukan di kuartal ketiga tahun 2012 ini beberapa waktu yang lalu. Hasilnya cukup mencengangkan, di mana secara world wide Android menguasai pasar smartphone dengan penguasaan pasar 75%. Ini artinya setiap empat smartphone yang terjual, tiga di antaranya smartphone berbasis Android, sisa satunya lagi diperebutkan oleh iPhone, BlackBerry, Symbian, dan Windows Phone. Penguasaan pasar Android tersebut meningkat cukup signifikan dibandingkan kuartal ketiga tahun 2011 yang lalu. Saat itu Android menguasai 57,5% pasar smartphone dunia.

Seperti dinyatakan oleh Google, kini setiap hari ada 1,3 juta unit Android diaktifkan setiap hari. Sebagian besar tentunya smartphone. Dari beberapa vendor Android, Samsung merupakan vendor utama. Dalam laporan kuartal ketiga Samsung beberapa hari yang lalu diketahui pada kuartal ketiga 2012 mereka mengapalkan 56,9 juta unit smartphone. Bisa dipastikan hampir keseluruhannya adalah smartphone berbasis Android. Dengan jumlah pengapalan sebanyak itu, Samsung menguasai pasar smartphone dunia dengan penguasaan pasar sebesar 35% lebih dari dua kali penguasaan pasar Apple Inc. yang sebesar 17%.

Kembali ke data yang dirilis IDC, selama kuartal ketiga jumlah unit smartphone yang dijual mencapai 181,1 juta unit. Android terjual 136 juta unit, sedangkan iPhone terjual sebanyak 26,9 juta unit. Jumlah unit Android yang terjual tersebut seperti perbedaan antara langit dengan bumi bila dibandingkan dengan BlackBerry yang hanya menjual sebanyak 7,7 juta unit dan Windows Phone yang hanya 3,6 juta unit.


Namun penguasaan pasar tersebut perlu kita analisis lebih jauh. Berdasarkan catatan Kantar World Panel dalam pencacahan selama 12 minggu yang berakhir pada bulan September kemarin, penguasaan pasar Android di Amerika Serikat mengalami penurunan sebesar 8,9% dibandingkan pencacahan yang dilakukan setahun sebelumnya. Selain di Amerika Serikat, di sebagian besar negara Eropa Android mengalami peningkatan penguasaan pasar, yang terbesar terjadi di Jerman sebesar 24,2%.

Sistem operasi smartphone yang lain seperti BlackBerry dan Windows Phone ternyata tidak bisa memberikan perlawanan berarti terhadap Android dan iOS Apple Inc. Patut diperhatikan bahwa walaupun hanya menjual 26,9 juta iPhone, Apple Inc. tetap menjadi perusahaan dengan tingkat keutungan paling tinggi di pasar smartphone. Hal ini karena ketetapan margin tinggi dalam penjualan iPhone. Apple Inc. juga patut diapresiasi karena hanya vendor ini yang mampu memberikan perlawanan yang cukup sengit terutama di Amerika Serikat terhadap Android. Sesuai dengan catatan Kantar World Panel, pada tahun 2011, Apple Inc hanya menguasai pasar smartphone AS sebesar 21,5%. Namun di tahun 2012 penguasaan pasarnya meningkat sangat tinggi ke angka 35,7% atau peningkatan sebesar 14,2% dalam setahun.

Jika dihubungkan data yang dirilis IDC dan Kantar World Panel ini terlihat bahwa meskipun Android mengalami peningkatan pasar signifikan secara world wide, namun penguasaan pasarnya di AS mulai digerogoti oleh iOS Apple Inc. Perlu juga dilihat pengaruh perang paten antara Samsung dan Apple Inc. di AS, di mana sejauh ini Samsung sebagai vendor utama Android mengalami kekalahan dan harus membayar denda sebesar 1,05 miliar dollar AS. Juga karena perang paten, beberapa smartphone Samsung tidak boleh dijual di pasar, seperti Galaxy Nexus dan Galaxy S 2.

Namun berbeda dengan di AS, di luar AS terutama Eropa, Samsung lebih sering memenangkan pertarungan paten dibandingkan Apple Inc. Tidak mengherankan tentunya pasar Android di Eropa terus mengalami peningkatan karena hampir tidak ada penghalang dalam melakukan penjualan handset seperti yang dialami di AS.

Penguasaan pasar Android ini tentu ditopang oleh banyaknya vendor yang berpartisipasi dalam menghasilkan smartphone berbasis Android. Sejauh ini nama-nama vendor tersebut adalah Samsung, LG, Sony, Panasonic, Sharp, ZTE, Huawei, Acer, Lenovo dan masih banyak lagi. Dengan vendor yang lebih banyak sudah pasti handset yang dihasilkan juga lebih banyak. Belum lagi jika kita lihat di dalam negeri, cukup banyak vendor lokal seperti Smart dan Polytron yang menghasilkan smartphone berbasis Android.

Vendor yang sangat banyak juga akan menguntungkan dari sisi harga bagi konsumen. Konsumen bisa memilih smartphone yang sesuai dengan dana yang mereka miliki. Mulai dari harga ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah, Android menyediakan smartphone yang tidak kalah baiknya dibandingkan dengan vendor lain semacam Nokia dan RIM BlackBerry.
Konsumen yang sensitif dengan harga, namun ingin menikmati teknologi touch screenmasih bisa memperoleh smartphone dengan harga satu jutaan. Bila kita bandingkan dengan BlackBerry dengan teknologi 2G, paling murah 1,5 juta. Android dengan harga yang sama sudah memberikan teknologi 3,5G.

Dengan beberapa kelebihan tersebut, cukup pantas Android memimpin pasar smartphone dunia. Bagi BlackBerry yang akan kembali meramaikan pasar smartphone di awal tahun 2013 nanti merupakan tugas yang sangat sulit untuk menandingi Android dari sisi harga. Demikian juga Windows Phone di mana Nokia menjadi ujung tombaknya. Akan sangat sulit bagi Nokia bertarung dari sisi harga dengan Android. BIsa diperkirakan Android akan masih mendominasi pasar smartphone untuk beberapa waktu ke depan.

ASUS Rilis ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Seharga Mobil

ASUS ROG GX800 Seberapa mahal sebuah notebook yang pernah Anda beli? Rp25 juta? atau Rp50 juta? Pernah dengar sebelumnya sebuah noteboo...