Wednesday, October 24, 2012

8 Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Membeli iPad Mini

Apple Inc. baru saja merilis versi baru tablet populer mereka iPad, yaitu iPad Mini. iPad Mini memiliki layar 7,9 inchi dengan harga mulai dari 329 dollar AS. Apple Inc. cukup berani mematok harga iPad Mini di atas harga tablet 7 inchi lainnya yang cukup populer seperti Kindle Fire, Kindle Fire HD dan Nexus 7 dari Google. Perbedaan harganya sangat signifikan 130 dollar.  Coba kita lihat perbandingan berikut ini.

sumber: business insider
Dari perbandingan spesifikasi tersebut bisa kita urai, 8 alasan mengapa anda tidak perlu membeli iPad Mini, yaitu sebagai berikut.

1. Harga yang jauh lebih mahal
Apple Inc. dengan kebijakan profit margin yang besar memberlakukan harga mahal untuk iPad Mini. Kata orang mahal relatif, tetapi dengan perbedaan 130 dollar AS terlihat iPad Mini seperti dipaksakan Apple Inc. untuk meraih penjualan lebih banyak dari konsumen dengan menggunakan brand image mereka sebagai alasan.

2. Resolusi layar yang lebih rendah
Bila kita lihat, iPad Mini memiliki resolusi layar 1024 x 768, sementara penantangnya, yaitu Kindle Fire HD Amazon dan Nexus 7 Google memiliki resolusi layar 1280 x 800. Jelas iPad Mini kalah dibandingkan Kindle Fire HD dan Nexus 7.

3. Prosesor yang lebih rendah spesifikasinya
Bila dibandingkan dengan Nexus 7 Google, prosesor iPad Mini kalah karena hanya dual core, sementara Nexus 7 quad core. Nexus 7 menjanjikan kinerja yang lebih cepat dibandingkan iPad Mini dengan harga yang jauh lebih murah.

4. Tidak memiliki retina display seperti umumnya iPad dan iPhone
Spesifikasi iPad Mini tanpa retina display ini cukup mengejutkan. Saya rasa dengan harga yang jauh lebih mahal dan mendekati harga iPad 2 full size, semestinya Apple Inc. memberikan retina display di iPad Mini. Ini artinya pengalaman bagus pengguna iDevice dengan retina dispaly tidak akan diperoleh di iPad Mini.

5. iPad Mini adalah iPad 2 tahun 2011
Melihat spesifikasi yang diberikan di iPad Mini, tidak bisa dipungkiri iPad Mini adalah iPad tahun 2011 dalam versi layar yang lebih kecil. Ini artinya Apple Inc memberikan pengalaman dua generasi lebih tertinggal dibandingkan dengan iPad full size karena iPad full size kini memasuki generasi keempat.

6. Hampir tidak ada yang baru di iPad Mini
Semua yang ada di iPad Mini tidak ada yang baru, semuanya sudah ada di iPad full size dan iPhone. Bahkan spesifikasinya ternyata lebih rendah. Tentunya speksifikasi yang lebih rendah ditujukan untuk menekan harga, sayangnya harganya tetap lebih mahal dibandingkan tablet 7 inchi yang telah berada di pasar seperti Nexus 7. Ini artinya, Apple Inc. hanya memperkecil layar iPad full size saja dan harganya mendekat iPad 2 full size.

7. Jangan Buang Uang untuk Produk yang  Sama
Pada dasarnya iPad Mini sama dengan iPad 2 tahun 2011 tapai layarnya lebih kecil. Melihat hampir tidak ada perbedaan signifikan, hanya harga yang sedikit lebih murah, anda tidak perlu membeli barang tablet yang sama dua kali.

8. Menguntung Apple Inc, kerugian Konsumen
Dengan kekuatan brand yang ada pada mereka, Apple Inc. terus mencoba membuat produk baru dengan harga di atas kompetitornya. Sangat dipercaya, Apple Inc. menerapkan high profit margin di iPad Mini, seperti produk lainnya iPhone dan iPad full size. Padahal produk tersebut tidaklah baru sama sekali. iPad Mini produk ulangan iPad 2 dengan harga yang berbeda hanya 70 dollar AS.


Sumber gambar : Business Insider

Penjualan Perdana Galaxy Note8 Tandai Peresmian Galaxy International Experience Store Terbesar se-Asia Tenggara

Pengguntingan pita tanda dibukanya Galaxy International Experience Store Pada tanggal 29 September yang lalu, Samsung Electronics Ind...