Tuesday, August 28, 2012

[VIVA.co.id] Desain Baru yang Fokus Konten

Situs berita sudah sangat banyak dan tidak terhitung lagi. Tidak hanya di Indonesia, di luar negeri, situs-situs berita bertebaran. Hal ini menjadikan persaingan untuk memperoleh kunjungan pengguna sangat kompetitif. Belum lagi bila kita kaitkan dengan majunya media sosial. Kini ada kecenderungan pengguna media sosial hanya melihat judul yang dititipkan di media sosial, mereka sudah cukup senang melihat judul dan enggan untuk mengklik link yang menuju situs, kecuali benar-benar berita yang menghebohkan.

Tidak itu saja sebenarnya. Bila kita lihat, kesamaan isi berita di situs-ditus berita papan atas di Indonesia membuat pengguna berpendapat, akan sama saja untuk mengunjungi salah satu situs berita. Ini artinya situs berita yang menurut mereka cukup baik selama ini akan selalu mereka kunjungi, sedangkan situs berita lainnya memperoleh giliran belakangan untuk dikunjungi. Bahkan pada kasus tertentu, banyak pengguna hanya mengandalkan satu situs berita karena sudah cukup paham bahwa situs lain pun akan sama saja isinya.

Melihat kondisi tersebut tentu sudah saatnya situs berita di Indonesia khususnya berbenah. Salah satu yang cukup kentara perubahannya adalah situs berita vivanews yang kini berganti desain dan nama menjadi VIVA.co.id. Bagi saya desain baru VIVA.co.id ini sungguh menarik. Saya ingat sekali, setiap berkunjung ke dua buah situs berita papan atas saat ini, yaitu Bloomberg dan Reuters. Kedua situs ini didominasi warna yang sama dengan VIVA.co.id, yaitu putih. Coba kita lihat screen shot berikut ini.
Sumber: Reuters dan Bloomberg

Dua situs berita ternama di dunia tersebut di atas didominasi warna putih. Desainnya tidak ribet, sangat fokus kepada konten dan berita yang disajikan. Bila kita lihat pada bagian headline, gambar yang ditampilkan tidak besar guna menghemat waktu loading. Ini membuat waktu loading lebih singkat dan pengunjung tidak perlu menunggu lama jika koneksi internet lambat.

Coba kita bandingkan dengan desain dan warna vivanews.com sebelumnya seperti gambar berikut ini.
sumber: kopidangdut.org

Meskipun warna dasarnya sama, yaitu putih, vivanews.com diberikan warna merah pada bagian head-nya. Selain itu, warna merah ini mendominasi setiap rubrik yang ada di vivanews.com. Bisa kita lihat, desain dari vivanews.com tersebut tidak bagus dan menurut saya kurang fokus. Karena terlihat terlalu kota-kotak dan tidak memunculkan berita yang terpopuler, sebuah widget yang bisa membantu pembaca mengikuti berita yang paling banyak dibaca. Saya kira desain vivanews.com tersebut ribet. Jika kita lihat desainnya terlalu fokus pada gambar. Hal ini bisa saja mengakibatkan waktu loading situs menjadi lama, apalagi bila gambar yang ditampilkan berkualitas tinggi.

Dengan melihat desain di atas, saya rasa cukup beralasan pengelola vivanews.com yang kini berubah menjadi VIVA.co.id mengubah desain situs. Pengubahan ini sangat perlu, tidak hanya agar situs tersebut lebih enak dipandang, tetapi juga karena situs berita lainpun juga mengalami beberapa perubahan. Kita bisa melihat situs detik.com yang kini didominasi warna biru.

Tampilan terbaru situs VIVA.co.id ini dapat dilihat sebagai berikut.
 VIVA.co.id kini didominasi warna putih. Warna putih merupakan warna netral yang sangat banyak digunakan berbagai situs di dunia. Dengan warna putih, sebenarnya akan banyak sekali kombinasi warna yang bisa dimasukkan sehingga memungkinkan tampilan situs lebih menarik.Bila kita klik satu berita akan terbuka halaman yang cukup menarik. Ternyata warna merah masih digunakan meskipun porsinya sudah jauh berkurang.

Di Home VIVA.co.id kita bisa melihat desain situs yang sudah mengalami perubahan 100 persen.Warna merah di bagian head kini sudah hilang dan diganti dengan warna putih. Di bawah kanal berita terdapat widget Fokus dan Sorot yang menurut saya menampilkan berita hot yang tengah terjadi.

Bagian Headline juga mengalami perubahan. Kini gambar Headline menjadi sangat besar dan di bawahnya terdapat headline lain yang bisa digeser ke kiri dan ke kanan. Ini berbeda sekali jika kita lihat pada situs Bloomberg yang mengurutkan headline lain dari atas ke bawah.

Di sisi kanan Headline terdapat widget Momentum yang menyajikan Berita Terbaru dan Terpopuler. Berita Terbaru ditujukan untuk menjadi breaking news, sedangkan Terpopuler merupakan berita yang mendapat kunjungan sangat banyak dari pengunjung. Kedua bagian ini penting untuk menunjukkan aktualitas berita dan perhatian yang diperoleh oleh satu berita tertentu. Umum kita ketahui, biasanya pengguna sangat suka membaca berita yang termasuk ke kolom Terpopuler dan terbaru agar tidak ketinggalan informasi.

Tepat di bawah headline, terdapat streaming TVOne yang besarnya disesuaikan dengan ukuran headline. Bagi saya melihat bahwa di Bloomberg dan Reuters hal semacam ini diberikan space yang kecil saja, rasanya pengelola tidak perlu menampilkan streaming tersebut terlalu besar. Saya rasa ini semacam faktor yang akan memperlambat loading situs VIVA.co.id.

Saya kira desain baru ini sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan desain lama. Hal ini sebuah keharusan karena jika tidak lebih baik untuk apa diganti. Desain baru ini juga sangat fokus kepada konten berita dengan berbagai media, seperti artikel, video, gambar dan streaming dari TVOne. Namun saya mengkritisi tampilan gambar headline dan juga di artikel yang sangat besar. Demikian juga tampilan streaming TVOne. Tampilan gambar yang berukuran besar cenderung membuat waktu loading situs menjadi lama. Bila kita kaitkan dengan perilaku pengunjung, biasanya mereka tidak ingin terlalu lama menunggu sehingga ketika situs cukup besar waktu loading-nya mereka kan menutup situs tersebut (tidak jadi berkunjung).

Setelah saya uji, waktu loading bagi situs VIVA.co.id ada 5,53 detik. Sementara kompas.com hanya 3,83 dan detik.com hanya 3.03 detik. Ini artinya VIVA.co.id lebih lambat dua detik dari situs kompas.com dan detik.com. Mengingat kedua situs tersebut adalah pesaing dalam memperebutkan pengunjung, VIVA.co.id harus mempercepat waktu loadingnya, minimal menyamakan di angka 3 detik. Salah satu caranya adalah kurangi ukuran dan kualitas gambar headline dan ukuran streaming video TVOne.

Setelah dua hari melihat dan berselancar di VIVA.co.id, perbedaannya dengan situs lain cukup terasa. Warna putih di hampir seluruh artikel, artikel terkait yang ada di sisi kanan artikel yang dibaca, video dan ada rubrik Wawancara membuat situs ini sangat fokus kepada konten. Saya rasa perubahan desain yang dilakukan sangat baik dan membuat nyaman pengunjung. 

Selain itu di artikel ada Foto Terpopuler dan juga ada widget yang menampilkan tiga topik, yaitu Terpopuler, Unggulan dan Terkomentari. Ini cukup menarik karena pengunjung cukup klik artikel-artikel yang ada di widget untuk mengetahui lebih jauh sebuah berita dan melihat komentar pengunjung lainnya. Ini membuktikan bahwa VIVA.co.id memang sangat fokus pada konten berita yang ditampilkannya sehingga pengunjung memperoleh informasi yang kaya ketika mengunjungi situs ini.

Tentunya dengan perubahan desain ini, VIVA.co.id makin banyak dikunjungi. Bagaimanapun tampilan situs yang baik dan tidak cepat membuat mata lelah akan menjadi pertimbangan pengunjung. Selamat VIVA.co.id!


http://www.viva.co.id/static/sebar_hadiah/blog


BukBer, Berbagi Bersama Blue Bird Group dan Rumah Harapan

BukBer Blue Bird Group Di sela-sela kesibukan, dua hari yang lalu saya sempatkan untuk hadir di Buka Bersama (BukBer) Blue Bird Group y...