Monday, August 13, 2012

Silaturahmi Ramadhan dan Buka Puasa Bersama Indosat


Hari Jumat tanggal 10 Agustus 2012, saya berkesempatan mengikuti acara Silaturahmi Ramadhan dan Buka Puasa Bersama Indosat dan Media. Acara yang dikhususkan untuk media mainstream tersebut terasa berbeda dengan hadirnya Blogger yang berprofesi sebagai pewarta warga yang turut meliput kegiatan tersebut.

Dalam acara Silaturahmi Ramadhan dan Buka Puasa Bersama Indosat dan Media hadir beberapa direktur Indosat, yaitu Curt Stefan Carlsson, Hans Christiaan Moritz, Fadzri Sentosa dan Frederik “Erik” Johannes Meijer.  Curt Stefan Carlsson merupakan Director and Chief Financial Officer Indosat, Hans Christiaan Moritz merupakan  Director and Chief Technology Officer, Fadzri Sentosa merupakan Director and Chief Wholesale and Infrastructure Officer dan Frederik “Erik” Johannes Meijer atau biasa dikenal Erik Meijer merupakan Director and Chief Commercial Officer.

Erik Meijer merupakan direktur baru yang baru bergabung dengan Indosat semenjak bulan Mei 2012. Sebelumnya Erik Meijer bekerja di  Telkomsel selama 14 tahun dan 5 tahun terakhir berkerja di Bakrie Telkom.

Suasana Silaturahmi Ramadhan dan Buka Puasa Bersama Indosat dan Media dibuat sesantai mungkin. Hampir tidak ada aktivitas formal, direktur Indosat bergabung dengan awak media dan blogger dengan duduk  di lantai. Terlihat hampir tidak ada batasan, setiap wartawan atau pewarta warga bisa menyapa dan mengajak para direktur Indosat wawancara. Saya pun tidak melewatkan kesempatan untuk bisa bercakap-cakap dengan Hans Christiaan Moritz dan Kepala Divis Public Relation Indosat, Adrian Prasanto.

Dalam acara Silaturahmi Ramadhan dan Buka Puasa Bersama Indosat dan Media, pihak Indosat memberikan beberapa hal penting sekitar produk Indosat dan kesiapan mereka dalam menghadapi Puasa Ramadhan, Lebaran, dan Libur setelah Lebaran.

Hans Christiaan Moritz menyampaikan bahwa Indosat sangat siap melayani pelanggan selama puasa, lebaran dan libur setelah lebaran. Kapasitas jaringan Indosat dijamin mampu melayani sekian juta panggilan dan SMS dan tentunya data selama puasa, lebaran dan libur setelah lebaran.

Erik Meijer yang merupakan Chief Commercial Officer memaparkan tentang program pemasaran terbaru Indosat selama ramadhan tahun 2012, yaitu Gratis 3 Hari 3 Malam++. Erik Meijer mengungkapkan bahwa program gratis 3 Hari 3 Malam++ tidak hanya memberi gratis telepon, tetapi juga gratis SMS dan internetan sampai tiga hari tiga malam setelah isi ulang. Program ini akan berakhir pada tanggal 14 Agustus 2012, tetapi bagi pelanggan yang mengisi ulang pada tanggal 14 Agustus, masih bisa menikmati program ini sampai dengan 3 hari 3 malam++ berikutnya, yaitu hingga tanggal 17 Agusuts.

Dalam kesempatan itu Erik Meijer juga mengungkapkan kabar gembira tentang progran penukaran poin senyum selama ramadhan yang nantinya akan disumbangkan ke Dompet Duafa. Sampai dengan tanggal 10 Agustus, program penunkaran Poin Senyum tersebut telah terkumpul sebanyak 300 juta. Nantinya Indosat akan menyerahkan secara resmi sumbangan tersebut ke Dompet Duafa.

Kabar lain, adalah Indosat baru-baru ini membangun dua buah Indosat Shop di Jakarta (di Fatmawati) dan di Surabaya (Hitechmall Surabaya). Indosat Shop bertujuan sama dengan Indosat Gallery, namun berukuran lebih kecil untuk melayani pelanggan Indosat lebih maksimal. Indosat Shop yang ada di Jakarta dan Surabaya tersebut merupakan percontohan dan akan dikembangkan lebih lanjut jika terlihat keberhasilan.

Berikutnya adalah Fadzri Sentosa yang bertanggung jawab terhadap pelanggan Corporate di Indosat. Ia menuturkan makin banyak perusahaan yang membutuhkan banwidth dan kebutuhan tersebut makin besar. Demikian pula, perusahaan kini cenderung membutuhkan data center sehingga Indosat memasuki bisnis data center. Bagusnya lagi data center Indosatsudah memperoleh sertifikat ISO. Data center Indosat sendiri ada dua, satu di Jatiluhur dan satu lagi di gedung kantor pusat Indosat.

Tidak hanya perusahaan besar, Indosat juga memperhatikan Usaha Kecil Menengah, UMKM. Untuk UKM ini Indosat telah membuat produk, yaitu Telefoni, Internet/data melalui BlackBerry dan internet, serta aplikasi solusi berupa i-CRM, i- Koperasi dan Toko Online. Produk Telefoni merupakan layanan lengkap yang memberikan kebebasan komunikasi antarkaryawan UKM atau  Corporate User Group (CUG). I-CRM, I Koperasi dan Toko Online merupakan aplikasi berbasis Cloud.

Fadzri Sentosa menuturkan  i-Koperasi adalah aplikasi simpan pinjam untuk koperasi dan usaha keuangan mikro. i-CRM adalah aplikasi untuk mengelola informasi ke pelangganan. Sedangkan Toko online adalah toko yang dapat memajang dan menjadi perantara produk-produk UKM yang dijual secara digital. Semua produk ini sudah berada di pasar.

Dalam Silaturahmi Ramadhan dan Buka Puasa Bersama Indosat dan Media tersebut, Indosat turut serta mengkampanyekan Drive Savely. Kampanye ini merupakan kampanye keselamatan berkendara. Pengguna ponsel sebaiknya tidak melakukan calling dantexting selagi berkendara. Hal ini penting mengingat statistik menunjukkan ada 2 orang meninggal setiap harinya di jalan raya akibat kecelakaan. Indosat berpartisipasi dalam mengirimkan broadcast SMS kepada seluruh pelanggan Indosat agar menghindari melakukan calling dan texting selama mengendara. Lebih jauh lagi pengguna Indosat dihimbau untuk tidak menggunakan perangkat komunikasi selama berkendara demi keselamatan dalam berkendara.

Great Indosat!

Tiba-Tiba Dua Malam di Purwokerto

Stasiun Purwokerto di malam hari Entahlah, suatu waktu saya tiba-tiba sampai dan bermalam di sebuah kota, Purwokerto , namanya.  Se...