Tuesday, July 31, 2012

Facebook atau Amazon Beli RIM BlackBerry


Sebuah laporan cukup mengejutkan ditulis di halaman The Sunday Times. Menurut situs ini, Facebook dan Amazon merupakan kandidat terkuat untuk membeli divisi handset dari RIM BlackBerry. Seperti diketahui, RIM BlackBerry, layaknya Nokia kini tengah limbung. Pasar mereka di AS terus turun. Penjualan juga mengalami penurunan karena pasar mereka banyak diambil alih, terutama oleh iPhone dan Android.

Laporan terakhir ini, sebenarnya bukan hal yang aneh lagi jika kita telusuri beberapa waktu ke belakang. Beberapa waktu yang lalu, CEO RIM BlackBerry Thorsten Heins menjelaskan posisi RIM yang menyewa JP Morgan dan RBC untuk melihat-lihat peluang terbaik apa yang dimiliki RIM. Salah satu peluang tersebut adalah menjual sebagian atau seluruh perusahaan.

Dengan adanya berita dari The Sunday Times sebagaimana dikutip oleh Business Insiderdan CNet tersebut, kemungkinan RIM sudah menemukan dua kandidat untuk membeli divisi handset mereka. Ini artinya RIM BlackBerry akan fokus untuk melayani enterprise atau bisnis.

CNet melaporkan bahwa nantinya RIM BlackBerry akan terbagi menjadi dua.  RIM BlackBerry akan menjual divisi handset mereka dan memisahkannya dari Messaging Network. Ini artinya RIM fokus dalam memberikan layanan atau jasa, sementara dividi hardware yang terus bermasalah dijual.

Sayangnya, The Sunday Times sebagaimana dikutip oleh CNet dan Business Insider tidak mencantumkan sumber laporan mereka. Namun tentu saja tetap menarik melihat dua kandidat yang dijagokan dalam laporan tersebut. Coba kita lihat satu per satu.

Facebook
Facebook baru saja melakukan IPO. IPO ini cukup bermasalah dan membawa beberapa gugatan baru bagi Facebook. Saham Facebook sempat menyentuh angka 25 dollar AS sebelum kemudian mengalami rebound dan berada di angka 30 dollar per saham.
Sudah bukan rahasia, CEO Facebook adalah penggemar sejati BlackBerry. Mark Zuckerberg dilaporkan sangat mencintai smartphone BlackBerry miliknya.  Jika membeli RIM, paling tidak Mark akan bisa memaksimalkan perangkat BlackBerry yang selama ini sudah sangat baik berkolaborasi dengan Facebook.

Apalagi dilihat, saat ini hanya Facebook (dan juga Amazon) yang tidak memiliki platform mobile. Dengan membeli RIM BlackBerry, Facebook menyelesaikan satu masalah penting, yaitu keharusan memiliki platform mobile untuk bisa bersaing dengan Google dan Apple Inc. Jika bisa memiliki RIM, persaingan di smartphone nantinya akan memaksa Google atau Apple untuk memaksimalkan Android dan iPhone agar bisa bersaing dengan fitur BBM Facebook.

Amazon
Amazon pernah mengajukan tawaran kepada RIM BlackBerry, namun kabarnya ditolak oleh RIM. Jika melihat kondisi RIM saat ini, mungkin tidak ada alasan lagi bagi RIM untuk menolak Amazon jika harga cocok. Bagi Amazon, membeli RIM juga menyelesaikan masalah ketiadaan platform mobile untuk bersaing di pasar smartphone dan tablet. Selama ini Amazon bergantung kepada Android yang telah mereka preteli guna menghasilkan tablet Amazon yang cukup sukses, Kindle Fire.

Namun tentu yang menjadi perhatian Amazon dan Facebook adalah berapa harga divisi hardware RIM? Melihat harga keseluruhan perusahaan RIM BlackBerry yang telah jatuh sangat besar, kemungkinan harganya tidaklah mahal. Akan tetapi tentu saja RIM tidak mau terlalu murah. Negosiasi mungkin akan menjadi buntu jika RIM mematok harga terlalu tinggi mengingat masih banyaknya konsumen mereka.

Tentu saja RIM akan memilih penawar tertinggi. Saya perkirakan Facebook lebih berpeluang karena setelah IPO mereka masih gesit untuk membeli perusahaan lain. RIM merupakan mimpi lama Mark Zuckerberg dan jika jadi nyata ia akan senang sekali.

ASUS Bundling Zenfone 3, Zenfone 3 Laser, dan Zenfone Go dengan Kartu Telkomsel

Meskipun sudah cukup lama koneksi 4G LTE ada di Indonesia, ternyata penetrasi koneksi 4G LTE ini belum terlalu dalam. Masih banyak peng...