Tuesday, January 10, 2012

Nokia Rilis Nokia Lumia 900 4G LTE di Ajang CES

Nokia Lumia 900: The Verge.Com
Setelah merilis Nokia Lumia 800 dan Lumia 710 beberapa waktu yang lalu, Nokia di ajang CES kali ini yang dilaksanakan di Las Vegas resmi meluncurkan seri Lumia terbaru, yaitu Lumia 900 atau yang sebelumnya dirumorkan sebagai Nokia Arc. CEO Nokia, Stephen Elop di ajang CES telah mengkonfirmasi rumor yang beredar selama ini bahwa Nokia akan membawa sebuah smartphone high end di ajang CES, yaitu sebuah smartphone Windows Phone dengan kemampuan LTE (4G).

Nokia Lumia 900 memiliki prosesor 1,4GHz, layar AMOLED selebar 4,3 inchi, kamera belakang Carl Zeis dan terdapat juga kamera depan untuk video chatting, tersedia dalam dua warna Cyan dan hitam dengan support dari jaringan LTE AT&T. 

Elop mengatakan bahwa Nokia Lumia ini sengaja dirancang untuk pasar Amerika Utara, di mana pasar ini selama ini merupakan pasar yang sangat sulit bagi Nokia, terlebih setelah berkuasanya Android dan iPhone. Elop tidak memerinci secara spesifik kemampuan Nokia Lumia 900 ini dan tidak memberikan tanggal pasti kapan tersedianya Lumia 900 di rak toko dealer. Ia hanya menjajikan dalam waktu beberapa bulan ke depan akan tersedia Lumia 900 dan harga mungkin agresif. Ini menyiratkan Nokia akan mengambil harga rendah untuk bisa bersaing dengan iPhone dan Android. 


Nokia juga telah merancang kampanye pemasaran untuk Nokia Lumia 900 ini dengan biaya tentu saja dari dukungan Microsoft. Dalam presentasi di CES tersebut, Elop ditemani oleh CEO Microsoft, Steve Ballmer dan CEO AT&T  Ralph de la Vega. Ballmer mengatakan bahwa pasar aplikasi Windows Phone kini sudah memiliki 50.000 aplikasi.

Dengan diluncurkannya Nokia Lumia 900 ini, artinya kini Nokia memiliki tiga jenis Lumia, yaitu 710, 800, dan 900. Nokia Lumia menandai masuknya Nokia ke pertarungan di kanal 4G LTE di mana kini banyak dikuasai oleh Android. Sementara Apple sampai sekarang belum memiliki handset untuk pasar ini. Namun rumor yang beredar iPhone 5 yang segera akan diluncurkan pada Q1 tahun 2012 ini akan memiliki kemampuan 4G LTE. Tentunya melihat hal ini Nokia tidak akan mudah untuk bisa menarik pembeli, mengingat produk yang baru diluncurkan dan Windows Phone yang masih kala jauh di pasar aplikasi.

Video:


Sumber: The Verge, BGR dan lainnya

BukBer, Berbagi Bersama Blue Bird Group dan Rumah Harapan

BukBer Blue Bird Group Di sela-sela kesibukan, dua hari yang lalu saya sempatkan untuk hadir di Buka Bersama (BukBer) Blue Bird Group y...