Sunday, October 23, 2011

Facebook dan Google Keluarkan Uang Jutaan Dollar untuk Lobi

Tidak hanya bersaing untuk menjadi penguasa internet, Facebook dan Google juga bersaing dalam menghabiskan uang untuk keperluan lobi ke Gedung Putih. Bila kita lihat, kedua perusahaan ini merupakan raja di dua kegiatan internet yang sangat penting sekarang ini, yaitu mesin pencari untuk Google dan media sosial untuk Facebook. techcruch.com melaporkan, Facebook dan Google terus menghabiskan lebih banyak uang dan lebih banyak upaya lobi di Washington DC di setiap kuartal. Hal ini dibuktikan oleh pengungkapan laporan paling baru dalam database lobi Senat AS. Kedua perusahaan menghabiskan uang terbanyak dalam upaya lobi di Gedung Putih.

Lobi Google menghabiskan uang sebanyak  2.38 juta dollar AS yang merupakan jumlah paling tinggi yang dikeluarkan oleh Goorgle dalam beberapa kuartal terakhir. Jumlah ini juga mencapai hampir dua kali lipat dari periode yang sama tahun lalu. Kuartal sebelumnya, Google menghabiskan  2.080 juta dollar AS  untuk lobi anggota parlemen. Raksasa pencarian di internet ini  menghabiskan total  5,2 juta dollar AS pada tahun lalu untuk keperluan  melobi sehingga dengan  demikian Google telah menghabiskan 5.8 juta dollar AS dalam tiga kuartal pertama tahun 2011 dan dipastikan melewati jumlah dana lobi tahun lalu.

Saturday, October 22, 2011

Google Peduli dengan Engineer Perempuan


Bila Microsoft pernah diduga lebih mempriotitaskan kaum pria untuk memduduki posisi strategis, tidak demikian halnya dengan Google. Google merupakan perusahaan yang cukup memberikan tempat bagi perempuan. Buktinya salah satu engineer perempuan Google pertama sampai sekarang masih menduduki posisi kunci di perusahaan tersebut, yaiitu Marissa Mayer. Jikalau Sheryl Sandberg tidak pindah ke Facebook, tentunya posisinya juga akan berada di yang penting karena sebelum pindah ke Facebook, Sheryl Sandberg menjabat  sebagai Vice President of Global Online Sales and Operations.

Kini tradisi Google melejitkan bakat-bakat perempuan di dunia teknologi terus dilanjutkan. Beberapa waktu yang lalu Google menjadikan seorang blogger perempuan yang biasanya menulis artikel di CNET.com untuk menjadi karyawannya. Selanjutnya seorang perempuan yang sangat berbakat di mesin pencari dan bekerja di Microsoft, juga berhasil diambil Google untuk bekerja bagi mereka. Berita terbaru, Google berhasil lagi mengambil karyawan dari Yahoo yang sudah bekerja di Yahoo selama 13 tahun untuk bekerja bagi Google Plus. Anne Toth, demikian nama perempuan ini merupakan Chief Trust Officer di Yahoo dan sangat dihormati karena keahliannya di bidang online privacy. Berkat Anne Toth Yahoo dipuji memiliki kekuatan yang sangat baik di bidang privasi online. Dengan bergabubungnya Anne Toth ke Google Plus, dipercaya, privasi pengguna Google Plus yang sudah sangat baik akan makin meningkat.

Thursday, October 20, 2011

Lawan Pemerkosaan dengan Aplikasi Ponsel

Masih ingat peristiwa perempuan yang diperkosa di angkutan kota (angkot) beberapa waktu yang lalu? Perempuan sering menjadi  sasaran kejahatan karena mereka diduga lebih lemah daripada laki-laki. Selain itu, sering perempuan tidak memiliki alat yang bisa melindungi dirinya terhadap tindakan penyerangan atau pemerkosaan. Alat-alat untuk mencegah tindakan pemerkosaan memang belum banyak dikampanyekan, kalau pun ada yang menggunakan, seperti cairan merica, lebih kepada proteksi diri pribadi dan  kurang dimasyarakatkan. 

Kini dengan kemajuan teknologi ponsel, perempuan lebih bisa melindungi diri mereka terhadap tindakan perkosaan atau tindakan penyerangan disertai dengan kekerasan lainnya. Sayangnya hal ini baru akan diberlakukan di kota New Delhi, India. Reuters melaporkan bahwa perempuan di New Delhi segera bisa melawan penyerang potensial dengan menekan sebuah tombol di ponsel yang akan melakukan alert tidak hanya kepada teman, keluarga dan polisi, tetapi juga situs jaringan sosial mereka.

Wednesday, October 19, 2011

Melanie Subono, Kata Hatinya, Tulisannya


Melanie Subono, sumber: klimg.com
Apa yang ditulis oleh Melanie Subono tak pernah terbayangkan oleh saya sebelumnya. Ia menulis tanpa beban, ia mengeluarkan segenap daya pikirnya, ia tidak basa-basi. Ia menulis seadanya, cobalah kita baca kalimat ini:



Mungkin uang anda banyak. Mungkin uang saya sedikit. Tapi saya punya hal hal yang anda tidak bisa beli. Saya punya kehormatan pak. Anda membentuk keluarga.. anda bersumpah jabatan.. tapi anda mencuri uang ? anda sbenarnya tidak tau apa yang anda lakukan ? anda diam yang penting income masuk ? Apa perasaan anak cucu anda nantinya ? Banggakah istri anda memakai semua perhiasan bak pajangan toko ..tapi anda sebenarnya miskin ? Miskin akhlak dan moral.


Monday, October 17, 2011

Microsoft Beri Nokia 30 Juta Dollar AS

Nokia & Microsoft
Kerja sama Nokia dengan Microsoft terus meningkat. Kali ini dalam bidang pemasaran, di mana Microsoft memberikan dana segar cuma-cuma sekitar 30 juta dollar untuk Nokia agar bisa mem-push usaha-usaha pemasaran mereka di wilayah Inggris. mobiletoday.co.uk melaporkan dua hari yang lalu, Microsoft menyumbangkan dana perang (di bidang pemasaran) sebesar 28 juta poundsterling kepada Nokia dan Samsung untuk kampanye periklanan dalam usaha terakhir untuk meraih pangsa pasar Inggris bagi perangkat Windows Phone.

Dari dana sebesar 28 juta poundsterling tersebut, Nokia akan mendapatkan bagian terbesar sebagai mitra strategis Microsoft. Sumber menunjukkan produsen ponsel asal  Finlandia akan menerima sampai  dengan 20 juta poundsterling (sekitar 30 juta dollar AS) sebagai dana promosi peluncuran smartphone Nokia pertama yang berbasis Windows Phone Mango (WP7,5)  terbaru yang diperkirakan akan diluncurkan di London pada akhir bulan ini. Sisanya akan diperoleh Samsung sebesar 8 juta pounsterling. Perbedaan jumlah dana promosi ini tidak lain karena Nokia merupakan mitra strategis bagi Microsoft dengan adanya kesepakatan di bulan Februari yang lalu. Kesepakatan sebesar 30 juta dollar AS ini  merupakan bagian dari perjanjian strategis yang lebih luas antara Nokia dan Microsoft untuk bekerja sama dalam inisiatif pemasaran bersama dan masa depan portofolio Windows Phone.

Alasan Mengapa Nokia N9 Meego Tidak akan Laku di Pasar

Nokia N9 Meego, sumber: legadgeteer.com
Beberapa hari yang lalu, smartphone terbaru Nokia, N9 yang berbasis Meego mulai dijual di pasar. Salah satu pasar yang menjualnya adalah Singapura dengan kisaran harga 799 dolar Singapura (sekitar 5,5 juta rupiah) untuk kapasitas 16 GB dan 899 dolar Singapura (sekitar 6,2 juta rupiah). Nokia N9 sebagaimana diwartakan oleh situs Nokia hadir dengan layar sentuh yang besar dan kaca tahan gores. Menggunakan OS MeeGo khusus untuk Nokia N9, smartphone ini memiliki RAM 1 GB disamping pilihan memori internal 16 GB atau 64 GB. Fitur NFC dan kamera 8 MP berlensa Carl Zeiss.

Dilihat dari sisi desain, Nokia N9 memberikan desain yang sama sekali baru, tipis dengan full touchscreen. Spesifikasi hardware, Nokia N9 dilengkapi dengan prosesor TI OMAP 3630 1 GHz, GPU PowerVR SGX530 dan kamera 8MP dengan teknologi optik Carl Zeiss, autofocus, dual LED flash, dan kemampuan merekam video HD (720p). Selain itu, layar AMOLED touchscreen  3,9 inci dengan resolusi 480x854 piksel yang dilindungi dengan Gorilla glass. 

Dengan Nokia N9 ini setidaknya Nokia sudah mulai menunjukkan bahwa mereka juga cukup maju dalam OS smartphone. Namun sayangnya, N9 adalah smartphone berbasis Meego pertama dan terakhir. Ini artinya Nokia hanya memberikan jaminan aplikasi dan update untuk beberapa tahun saja, yaitu sampai dengan 2015. Keputusan ini karena Nokia telah beralih secara resmi ke Windows Phone yang diperkirakan akan diluncurkan di akhir bulan ini.

Tentunya banyak orang yang ingin membeli Nokia N9 ini. Namun sebelum memutuskan untuk membeli ada perlunya melihat beberapa faktor berikut ini.

Sunday, October 16, 2011

Google Cari Kesepakatan dengan Perusahaan Rekaman

Google, sumber: Bloomberg
Google sedang berusaha mencari kesepakatan dengan perusahaan rekaman pada akhir bulan ini untuk memulai toko musik online mereka guna bisa bersaing dengan toko musik milik Apple Inc. iTunes. Bloomberg melaporkan tiga orang sumber terpercaya namun anonim mengetahui tentang hal ini. Menurut sumber yang tidak mau disebutkan namanya tersebut Google meminta izin untuk menjual download dan streaming musik yang dibeli ke perangkat pelanggan. Dengan demikian perusahaan  rekaman akan membantu Google, perusahaan pencarian terbesar di dunia untuk memperluas pengaruhnya di bidang hiburan. Sebagaimana diketahui, pada bulan Mei yang lalu, Google menambahkan layanan musik dan penyewaan film ke perangkat lunak Android untuk smartphone dan tablet.

Layanan musik Google dalam versi Beta diluncurkan pada bulan Mei yang lalu dan dimulai tanpa kesepakatan dengan perusahaan rekaman yang memiliki hak terhadap lagu yang akan didownload atau di-streaming di toko musik tersebut. Selain itu, Google juga menyediakan penyewaan film melalui Android Market. Langkah Google ini bertujuan untuk difersifikasi pendapatan, meningkatkan penjualan iklan dan menjaga pengguna agar tetap di situs Google lebih lama lagi. 

Saturday, October 15, 2011

Amazon Kindle Fire Laku 5 Juta Unit

Amazon Kindel Fire Tablet
Tablet terbaru Amazon, Kindle Fire diperkirakan bisa terjual hingga 5 juta unit di kuartal keempat tahun 2011 ini. Seorang analis mengatakan hal ini sebagaimana dilaporkan oleh cnet.com. Ashok Kumar seorang analis dari Rodman & Renshaw mengatakan Amazon mungkin akan membuat kejutan dengan pengiriman Kindle Fire pada kuartal keempat yang mungkin melampaui, bahkan perkiraan yang paling tinggi sekalipun. Pemeriksaan awal menunjukkan bahwa mereka bisa mengapalkan 5 juta unit Kindle Fire pada Desember 2011 nanti, yang mendekati  setengah volume dari Apple iPad. 

Sebuah rumor sebelumnya di DigiTimes menyatakan bahwa Amazon telah mendapatkan pesanan sekitar 4 juta unit dan perkiraan pengiriman awal dari Forrester menunjukkan bahwa Amazon mungkin mengapalkan 5 juta tablet di kuartal ini. Barclays memberikan perkiraan yang lebih moderat di angka 2 juta unit sebagai target lebih mungkin dicapai Amazon. Amazon Kindle Fire sendiri akan tersedia pada 15 November dengan harga sebesar 199 dollar AS.

Sebab Terjadinya BlackBerry Blackout (Pemadaman Layanan BlackBerry)

Mike Lazaridis, co-CEO RIM./bgr.com
Pengguna BlackBerry di Eropa, Timur Tengah, Amerika Utara dan bahkan Asia   mengalami hari yang luar biasa selama tiga hari lebih di minggu ini. Selama tiga hari lebih tersebut mereka tidak bisa menggunakan layanan BlackBerry seperti internet, BBM dan email. telegraph.co.uk melaporkan kejadian pemadaman layanan ini disebabkan oleh serangkaian kegagalan kompleks  hardware dan software di RIM, perusahaan Kanada yang memproduksi smartphone BlackBerry.

Para insinyur RIM yang berada di kantor pusat BlackBerry untuk Eropa di  Slough, Berkshire dan juga yang berada di kantor pusat RIM di Waterloo, Ontario sedang menginvestigasi sebab terjadinya pemadaman layanan ini sehingga berdampak sangat buruk bagi RIM. Slough adalah markas Eropa bagi RIM dan juga bertanggung jawab atas operasi di Timur Tengah dan Afrika. Slough bukanlah lokasi fisik  berupa tumpukan peralatan jaringan yang benar-benar melayani puluhan juta pengguna BlackBerry di wilayah ini. Artinya Slough hanyalah markas BlackBerry dan mesin (data centre) sesungguhnya berada di Egham, Surrey.

Friday, October 14, 2011

Tablet Samsung Galaxy Tab Langgar Paten Apple Inc.

bgr.com
Setelah perseteruan di Australia yang dimenangkan oleh Apple Inc., perang paten antara Samsung versus Apple Inc. berpindah ke Amerika Serikat. Hari Kamis (13/10) kemarin, hearing mulai dilakukan di pengadilan California. Hakim dalam hearing tersebut berkomentar bahwa tablet Samsung Galaxy Tab melanggar paten iPad Apple Inc, tetapi Apple Inc. juga memiliki masalah dalam membangun validitas paten tersebut. Komentar ini berasal dari hakim Lucy Koh dalam hearing antara Samsung dengan Apple Inc. menanggapi permintaan Apple Inc. untuk melarang beredarnya tablet buatan Samsung di Amerika Serikat.

Apple Inc. menggugat Samsung di Amerika Serikat pada bulan April, dengan tuduhan lini produk Galaxy, baik smartphone mapun tablet merupakan salinan terang-terangan (kasar) dari iPhone dan iPad. Apple Inc. kemudian mengajukan permohonan pada bulan Juli agar pengadilan melarang penjualan beberapa produk Samsung di Amerika Serikat, termasuk smartphone Galaxy S 4G dan tablet Samsung Galaxy Tab 10,1. Keinginan Apple Inc. ini mendapat penetangan dari dua operator mobile besar di AS, yaitu Verizon dan T-Mobile. Apple Inc. harus bisa membuktikan bahwa Samsung melanggar hak paten mereka dan hak paten tersebut sah menurut hukum.

Microsoft dan Quanta Computer Sepakat Lisensi Paten

bgr.com
Microsoft kembali menandatangi kesepakatan lisensi paten dengan salah satu vendor, yaitu Quanta Computer. Yahoo Finance melaporkan bahwa Microsoft Corp dan Quanta Computer Inc telah menandatangani perjanjian paten yang menyediakan cakupan yang luas di bawah portofolio paten Microsoft untuk tablet Quanta, smartphone dan perangkat konsumen akhir lainnya yang berbasis  Android atau Chrome.  Seperti biasa isi perjanjian lisensi paten ini tidak diungkapkan kepada publik namun sangat jelas Microsoft akan menerima royalti dari Quanta Computer berdasarkan perjanjian kesepakatan lisensi paten tersebut.

Dengan masuknya Quanta Computer ke skema lisensi paten Microsoft, akan menambah pemasukan Microsoft dari royalti paten. Sebelumnya Samsung, vendor Android terbesar dunia saat ini telah menyetujui untuk melakukan perjanjian lisensi paten dengan Microsoft sehingga meninggalkan Motorola sendirian sebagai satu-satunya vendor Android besar yang belum masuk skema lisensi paten Microsoft.

Thursday, October 13, 2011

Apple Inc. Kalahkan Samsung dalam Perang Paten di Australia

flashnewstoday.com
Apple Inc., perusahaan yang berbasis di Cupertino Amerika Serikat memenangi perang paten atas Samsung di Australia setelah pengadilan secara resmi melakukan pelarangan beredarnya Samsung Galaxy Tab 10,1 untuk dijual di Australia. Sebelumnya pengadilan telah memerintahkan penghentian sementara penjualan Samsung Galaxy Tab 10,1 di Australia sehingga dengan keputusan ini, pelarangan tersebut menjadi tetap untuk beberapa bulan kecuali Samsung mengambil keputusan berisiko di mana mengajukan hearing yang dipercepat. Dengan cepatnya perkembangan teknologi terutama di bidang tablet kemungkinan besar Samsung Galaxy Tab 10,1 tidak akan pernah diluncurkan di Australia, demikian dilaporkan tvnz.co.nz

Keputusan ini tentu saja disambut lega oleh Apple Inc. dan sebaliknya dipertanyakan oleh pihak Samsung. Keputusan ini juga membuat iPad, tablet buatan Apple Inc. yang telah mendominasi pasar tablet akan semakin mendominasi pasar karena saingan terdekat mereka, Samsung dengan salah satu variannya Tab 10,1 dilarang untuk dijual di Australia. Namun sebenarnya, pasar Australia tidak terlalu besar bila dibandingkan dengan pasar AS, di mana pertarungan akan dimulai akhir minggu ini  ketika pengadilan California mulai mendengar tawaran Apple Inc. untuk melarang penjualan produk Samsung Galaxy Tab di Amerika Serikat.

How To: Mencegah Aplikasi Melihat Profil Facebook Melalui Teman

id.flyynews.com
Facebook terkenal dengan privasinya yang sangat longgar. Hal ini karena banyaknya aplikasi pihak ketiga yang berada di Facebook. Aplikasi pihak ketiga ini memiliki efek positif dan negatif. Positif karena bisa membantu pengguna Facebook dalam hal tertentu seperti melihat siapa yang sering menengok profil, siapa teman terdekat, dan banyak lainnya. Negatif karena aplikasi ini diberi izin oleh pengguna Facebook untuk melihat profil pengguna Facebook tersebut. Beruntung jika aplikasinya tidak berbahaya, namun jika aplikasi tersebut berbahaya, pengguna Facebook akan dirugikan.

Dalam artikel terdahulu saya sudah memberikan langkah-langkah bagaimana melindungi privasi dari pihak ketiga secara langsung (Baca : How To: Menggunakan Facebook). Namun ternyata hal tersebut belumlah cukup. Aplikasi pihak ketiga masih dapat melihat informasi pribadi seorang pengguna Facebook dari teman pengguna yang menggunakan suatu aplikasi tertentu. Nah kalau aplikasinya bagus tidaklah mengapa. Sayangnya kita tidak mengetahui apakah sebuah aplikasi bagus atau berbahaya di Facebook sehingga langkah yang terbaik adalah melindungi akun Facebook dari berbagai aplikasi yang masuk melalui teman. Pertanyaannya, bagaimana caranya melindungi akun dari aplikasi pihak ketiga yang dapat mengakses informasi pribadi melalui teman? Jawabannya, ikutilah langkah-langkah berikut ini.

Hacker Foto Telanjang Scarlett Johansson Ditangkap

Scarlett Johansson: 1.bp.blogspot.com
Pihak federal di Amerika Serikat menyatakan telah menangkap seorang pria asal Florida yang didakwa telah melakukan hacking terhadap akun email selebriti  beberapa waktu yang lalu. Hacking yang dilakukan dalam bentuk invasi terhadap komputer sehingga menyebabkan  informasi pribadi terungkap, termasuk foto telanjang aktris Scarlett Johansson di internet. Pria bernama Christopher Chaney alias Jacksonville berusia 35 tahun ditangkap tanpa perlawanan sebagai bagian dari penyelidikan selama setahun terakhir dengan sandi operasi Operation Hackerazzi yang khusus untuk menangani hacking yang ditujukan kepada selebriti.  Dalam kasus hacking terhadap selebriti tersebut, ada lebih dari 50 korban, termasuk Mila Kunis, Christina Aguilera dan aktris Renee Olstead. Korban lainnya hanya dengan nama inisial dan penyeliidik tidak akan mengungkapkan karena mereka terkenal.

Christopher Chaney dimajukan ke pengadilan beberapa waktu yang lalu dan dibebaskan dengan uang jaminan sebesar 10 ribu dollar AS. Chaney dituduh dengan 26 tuduhan pencurian identitas, akses tidak sah ke komputer yang dilindungi dan penyadapan. Jika terbukti bersalah, dia menghadapi hingga 121 tahun penjara. Pihak berwenang mengatakan Chaney bertanggung jawab atas pencurian  foto-foto telanjang yang diambil oleh Scarlett Johansson secara pribadi dan kemudian ia posting di internet. Chaney menawarkan beberapa foto tersebut ke situs blog selebriti, tetapi tidak ada bukti bahwa dia mendapat keuntungan dari aksinya tersebut. Menurut Steven Martinez, wakil dari FBI informasi tentang selebriti sangat laku di pasar. Kantornya selalu saja memperoleh pengaduan dari selebriti bahwa informasi pribadi mereka telah dilanggar. 

Wednesday, October 12, 2011

Zynga Ingin Keluar dari Facebook?

4.bp.blogspot.com
Penyedia konten game terbesar di Facebook, Zynga, dilaporkan ingin membuat layanan game sendiri. Ini artinya Zynga secara independen akan membuat situs game mereka sendiri dan mengurangi ketergantungan mereka kepada Facebook. Dilaporkan oleh Bloomberg, Zynga Inc, pengembang game online di Facebook sedang merencanakan penawaran saham umum dan mengumumkan layanan baru yang diarahkan untuk mengurangi ketergantungan kepada pengguna media sosial Facebook Inc.

Mark Pincus, CEO Zynga mengatakan dalam sebuah acara di markas perusahaan di San Francisco bahwa situs yang akan dibuat oleh Zynga tersebut dinamakan Project Z yang juga akan mencakup jaringan sosial. Pendirian situs baru ini merupakan bagian dari rencana besar Zynga yang bertujuan membangun hubungan langsung dengan konsumen tidak peduli apakah konsumen berada web atau di mobile. 

Paten Samsung yang Digunakan Menggugat Apple Inc.

applegazette.com
Perang paten antara Samsung versus Apple Inc. terus berlangsung. Beberapa waktu lalu Samsung menggunakan beberapa paten yang berada dalam kualifikasi FRAND untuk menggugat balik Apple Inc. Florian Mueller dalam blognya mengatakan, minggu lalu, Apple Inc. mengajukan mosi di Southern District of California untuk mendapatkan dokumen dari Qualcomm yang diharapkan oleh Apple Inc untuk memungkinkan mereka untuk menangkis klaim paten 3G (UMTS) Samsung di seluruh dunia. Keinginan Apple Inc. ini dimuat di dalam blog litigasi Apple Inc., namun  Samsung telah menentang permintaan Apple Inc tersebut.

Mosi Apple Inc. tersebut berisi sejumlah informasi mengenai  pernyataan paten  UMTS Samsung yang digunakan untuk menuntut Apple Inc. di seluruh dunia. Florian Mueller mengevaluasi paten-paten tersebut dan menambahkannya dengan beberapa penelitian sehingga diperoleh 13 paten yang dimasukkan Samsung dalam kategori 3G (UMTS). Jumah paten tersebut belum tentu lengkap dengan melihat kejadian di Italia, di mana Samsung meminta pengadilan untuk melarang peredaran iPhone, iPod dan iPad. Apple Inc. belum melihat gugatan Samsung tersebut dan belum memberikan jawaban.

Nexus Prime dan Ice Cream Sandwich Ditunda Karena Masalah Paten?

sumber:pocketnow.com
Di minggu yang lalu, Google bersama Samsung berencana kan meluncurkan smartphone terbaru Google, yaitu Nexus Prime. Dikabarkan Nexus Prime akan menjadi smartphone pertama di dunia yang akan menggunakan versi terbaru dari Android, yaitu Ice Cream Sandwich. Rencananya acara tersebut akan dilaksanakan di San Diego. Namun tidak lama setelah itu, Google dan Samsung secara resmi menunda peluncuran Nexus Prime dan Ice Cream Sandwich. Tentunya kabar ini menimbulkan pertanyaan karena iPhone 4S telah diluncurkan.

Google dan Samsung beralasan penundaan tersebut untuk menghormati pendiri Apple Inc. Steve Jobs yang meninggal sehari setelah peluncuran 4S. Dalam pernyataan resminya, Google dan Samsung mengatakan:
"We believe this is not the right time to announce a new product as the world expresses tribute to Steve Jobs’s passing," 

Tuesday, October 11, 2011

Sebab Kematian Steve Jobs Terungkap

Steve Jobs, sumber; foxnews.com 
Sampai dengan beberapa hari setelah kematian Steve Jobs, Co-Founder Apple Inc., belum jelas benar apa sebenarnya penyebab kematian tersebut. Kini hal tersebut terungkap sudah karena salinan sertifikat kematian Steve Jobs sudah dipublikasikan. Bloomberg dan Foxnews melaporkan bahwa salinan sertifikat kematian Steve Jobs  dipublikasikan kepada publik hari Senin waktu Amerika Serikat. Salinan sertifikat kematian  menunjukkan bahwa  pendiri Apple Inc. tersebut meninggal karena serangan pernapasan akibat kanker pankreas yang telah menyebar ke organ lain. Jobs meninggal pada hari Rabu lalu pada usia 56 tahun. Waktu itu Apple Inc. tidak mengungkapkan penyebab kematiannya, namun semua orang mengetahui dengan jelas bahwa Jobs dalam kondisi kesehatan yang buruk selama beberapa tahun.

Jobs berjuang melawan kanker pankreas sewaktu didiagnosa pada tahun 2004 dan menjalani transplantasi hati pada 2009 setelah mengambil cuti untuk masalah kesehatan yang tidak disebutkan. Ia mengambil cuti pada bulan Januari yang merupakan kali ketiga karena masalah kesehatan dan mengundurkan diri pada Agustus 2011, kemudian menyerahkan jabatan CEO kepada, Tim Cook.

How To: Menggunakan Facebook Secara Aman dan Lebih Privasi

Beberapa waktu yang lalu, banyak pengguna Facebook yang terkejut dengan adanya penemuan Cookie yang bisa memata-matai perilaku pengguna internet, meskipun pengguna tersebut tidak lagi menggunakan Facebook. Untuk mengatasi hal ini, anda perlu melakukan beberapa langkah agar anda bisa menggunakan Facebook lebih aman, lebih privasi sehingga akun anda tidak digunakan oleh Facebook untuk hal-hal lain dan kegiatan anda tidak terus-menerus dimata-matai oleh Facebook. Caranya silahkan ikuti panduan berikut ini.

1. Mengamankan Akun Facebook 
a. Menyalakan Modus https
Sampai sekarang modus https belum menjadi default di Facebook. Ini sesuatu yang patutu dipertanyakan. Artinya pengguna Facebook rentan terhadap serangan-serangan ringan ke akun mereka karena tidak adanya enskripsi. Untuk itu anda perlu membuat modus https menyala di setiap kali anda menggunakan Facebook. Caranya, Edit 'Secure Browsing' dan enable it. Seperti gambar berikut ini.

Monday, October 10, 2011

Suami Aniaya Istri Karena Tidak Mengklik LIKE di Status Facebook

epicvelocity.files.wordpress.com
Seberapa penting pemberian tanda LIKE dalam update status di Facebook? Seberapa penting sebuah komentar di update status bagi anda? 

Pengguna setia Facebook tentu sangat akrab dengan LIKE Button dan komentar. Bagi sebagian orang LIKE dan komentar mungkin tidak penting dalam update status, sebagian yang lain mungkin menganggap sangat penting, contohnya  Benito Apolina. Bagi Benito pemberian LIKE dan komentar di sebuah status tentang peringatan kematian ibunya sangat penting sehingga ketika istrinya tidak memberikan tanda LIKE dan tidak berkomentar di status tersebut membuatnya marah dan menganiaya istrinya tersebut.

dailymail.com melaporkan seorang pria Texas yang marah dan mabuk memukul istrinya dan menarik rambutnya karena ia tidak berkomentar pada status Facebook-nya. Benito Apolina mengamuk setelah menulis update status tentang peringatan kematian ibunya, namun pasangannya yang telah hidup bersamanya selama 15 tahun, Dolores tidak mengklik tombol LIKE terhadap status tersebut dan tidak juga berkomentar. Hal ini menimbulkan kemarahan Benito dan membuatnya menganiaya istrinya tersebut.

Sunday, October 9, 2011

HTC Luncurkan HTC Sensation XL

HTC Sensation XL, sumber: androidspin.com
HTC, vendor besar Android asal Taiwan yang baru-baru ini menjadi brand nomor satu di Taiwan, meluncurkan smartphone mereka yang terbaru, HTC Sensation XL. Dengan HTC Sensation XL, tampaknya HTC mulai menata brand-nya dengan membuat flagship seperti Samsung Galaxy atau iPhone. Peluncuran HTC Sensation XL ini akan menambah lini produk HTC Sensation menjadi tiga. HTC Sensation XL memiliki layar raksasa 4,7 inchi plus perangkat audio Beats.

HTC Sensation XL berukuran layar 4,7-inci secara diagonal, ukuran layar ini sama dengan HTC Titan yang menggunakan Windows Phone dan desain unibody dibuat dari satu lembar aluminium. Dapur pacu, HTC Sensation XL menawarkan single-core Qualcomm MSM8255 1.5GHz dan RAM 768MB, bisa untuk mengambil foto yang tajam dengan kamera 8 megapiksel, yang memiliki af/2.2, 28mm wide-angle lens dengan sensor BSI untuk mengambil setiap foto  dan memberikan yang kinerja lebih baik dalam kondisi cahaya rendah. Kamera juga bisa menangkap video HD 720p.

Tingkat Keterlibatan Pengguna Facebook Sangat Rendah

2.bp.blogspot.com
Sebagai raja social media, Facebook menjadi contoh dan selalu diteliti banyak orang. Kini Facebook sudah memiliki pengguna 800 juta orang dan tentu saja akan sangat menarik untuk melihat apakah pengguna yang sangat banyak tersebut berinteraksi secara kuat di Facebook. 

Kita bisa melihat banyak merek yang membuat halaman fans di Facebook. Ini menandakan Facebook digunakan untuk menjangkau konsumen. Namun belum diketahui sejauh mana efektifitas Facebook bagi merek untuk menjangkau fansnya, apakah fans terlibat erat dengan halaman brand atau tidak. Untuk itu, laporan terbaru dari PageLever mungkin akan mengejutkan Anda ketika ditemukan bahwa pengguna yang paling aktif tidak terlibat dengan pesan brand bahkan konten paling bagus sekalipun.

PageLever menjelaskan bahwa terdapat perbedaan antara pengguna aktif dan pengguna yang terlibat. Pengguna aktif dihitung bila ada kunjungan seseorang ke fan page atau melihat cerita yang ada di Fan Page. Jika pengguna hanya melihat konten tanpa terlibat, mereka masih dihitung sebagai Pengguna Aktif. Jika seseorang hanya melihat Fan Page tanpa terlibat ia hanya akan dihitung sebagai satu pengguna aktif, bukan pengguna yang terlibat. 

Hangout Google Plus Menciptakan Sejarah Baru

mascipul.com
Bila anda tidak percaya, teknologi bisa membuat sejarah baru, mulai saat ini anda harus percaya. Mengapa demikian? Karena kemarin teknologi yang ada di Google Plus memungkinkan seorang yang hidup di pengasingan bisa mencapai dunia dengan hanya duduk di depan komputer. Ia bisa mengucapkan selamat ulang tahun kepada rekannya yang berada di Afrika Selatan head to head dengan perantara Hangout di Google Plus.

Dalai Lama, tentu nama yang sangat anda kenal, demikian juga Desmon Tutu. Keduanya bertemu kemarin, berbicara dari hati-ke hati, bergurau dan tertawa bersama dan disiarkan secara langsung. Dengan fasilitas Hangout yang ada di Google Plus, mereka bisa saling menyapa dan melucu. Ternyata mereka sangat suka melucu, apa saja bisa menjadi bahan lelucon termasuk doa bagi Desmon Tutu yang tengah berulang tahun.

Saturday, October 8, 2011

Google Plus adalah Konten, Facebook adalah Kenarsisan

http://3.bp.blogspot.com
Banyak yang menyangka Google Plus itu tidak berbeda dengan Facebook. Atau ada juga yang menuduh Google Plus hasil jiplakan dari Facebook. Anggapan ini adalah anggapan dari orang yang belum masuk sepenuhnya di Google Plus. Mereka yang melihat dari luar, tanpa menyelam lebih dalam ke Google Plus. Mungkin sebagian besar mereka adalah penimat Facebook tanpa henti, yang memperoleh keuntungan bertemu teman lama, mengeksploitasi kenarsisan secara berlebihan dan banyak lainnya. Mungkin mereka yang sudah tidak bisa hidup tanpa Facebook sehingga mereka akan merasa sepi, kecewa dan hampa jika tidak bertemu satu hari dengan Facebook. 

Google Plus sungguh berbeda dengan Facebook. Bila anda pengguna setia Facebook tentu tahu benar bagaimana anda berinteraksi di sana. Terus terang, dulunya saya juga pengguna Facebook. Saya melihat, mengamati dan pernah juga melakukan kenarsisan yang berlebihan di sana. Hal ini karena Facebook memungkinkan dan mendorong anda melakukan hal tersebut. Teman-teman lama anda di SMP, SMA dan Universitas ingin melihat apakah anda berhasil atau tidak dalam pekerjaan. Berapa kali dalam setahun ke luar negeri. Berapa anggota keluarga anda dan betapa cantiknya istri/pacar atau selingkuhan anda.  

Friday, October 7, 2011

Lagi, Facebook Dituntut Karena Masalah Privasi

toelank.files.wordpress.com
Beberapa waktu yang lalu, sembilan grup privasi meminta Federal Trade Commission untuk menyelidiki Facebook terkait dengan berbagai isu yang terkait dengan masalah privasi. Belum selesai masalah ini, Facebook kembali dituntut ke pengdilan oles seorang pria asal Kansas atas tuduhan melanggar privasi. Foxnews melaporkan seorang pengguna Facebook di Kansas telah mengajukan gugatan federal terhadap raksasa media sosial, Facebook dengan tuduhan melanggar undang-undang penyadapan dengan menerapkan Cookie yang bisa melakukan pelacakan dan mencatat aktivitas pengguna internet, bahkan setelah pengguna melakukan  log off dari Facebook.

Penemuan Cookie yang bisa memata-matai aktifitas pengguna internet setelah mereka keluar dari Facebook menghebohkan beberapa hari yang lalu. Seorang hacker Australia, Nik Cubrilovic mengumumkan penemuannya di blognya pada tanggal 25 September yang lalu. Namun penemuan terntang Cookie ini dibantah oleh Facebook. Akan tetapi,  ternyata kemudian, Facebook tidak bisa mengelak karena mereka diketahui sedang mengajukan paten untuk aplikasi yang bisa mencatat kegiatan pengguna internet setelah tidak lagi berada di situs Facebook. Tampaknya tuntutan kali  ini masih terkait dengan Cookie tersebut. John Graham yang menjadi penggugat telah mengajukan gugatan hari Rabu yang lalu di pengadilan distrik Kansas dan menuntut adanya Class Action 150 juta pengguna Facebook terhadap Facebook.

Samsung Nexus Prime versus iPhone 4S

cdn.androidcommunity.com
Setelah peluncuran iPhone 4S beberapa hari yang lalu, Samsung Nexus Prime akan menyusul untuk diluncurkan. Samsung Nexus Prime merupakan smartphone terbaru Google dan Samsung dengan sistem operasi Android terbaru, yaitu Ice Cream Sandwich. bgr.com melaporkan, Nexus Prime sudah banyak diantisipasi dan merupakan jawaban Android terhadap iPhone 4S (atau iPhone 5 yang tidak jadi diluncurkan). Kemungkinan besar, sebagaimana diberitakan sebelumnya, Nexus Prime akan diluncurkan pada tanggal 11 Oktober 2011 dalam acara di San Diego bersamaan dengan peluncuran seri Android terbaru, Android Ice Cream Sandwich.

Dari bgr.com dapat dilihat spesifikasi Samsung Nexus Prime sebagai berikut.

Android 4.0 Ice Cream Sandwich
* 9mm thin
* 4.65-inch 1280 x 720-pixel Super AMOLED HD with curved glass
* TI OMAP 4460 dual-core Cortex A9 processor clocked at 1.2GHz
* 1GB of RAM
* 32GB of built-in storage
* 5-megapixel camera on the back, 1.3-megapixel in the front
* 1080p HD video capture support
* LTE/HSPA depending on carrier
* Wi-Fi a/b/g/n
* NFC
* 1,750 mAh battery

Samsung Nexus Prime merupakan smartphone yang sepenuhnya memberikan pengalaman Google sehingga TouchWiz yang selama ini ada di smartphone Android Samsung akan dihilangkan menurut sumber terpercaya. Smartphone terbaru Samsung dan Google ini secara eksklusif akan dijual oleh Verizon, operator terbesar di Amerika Serikat. 

Nokia Sun, Nokia Windows Phone Mango Pertama?

bgr.com
Sebuah rumor baru tentang kehadiran Nokia Windows Phone terbaru muncul di bgr.com hari ini. bgr.com yang mengutip monwindowsphone.com mengatakan dalam beberapa waktu ke depan Nokia akan meluncurkan Nokia Sun, sebuah smartphone terbaru mereka yang berbasis Windows Phone Mango. bgr.com melaporkan data rinci mengenai smartphone Nokia  telah terungkap karena kebocoran screenshot dari sistem internal operator Perancis, Orange. Kemungkinan salah satu dari beberapa smartphone  yang akan diluncurkan akhir bulan ini di Nokia World 2011.  

Tiga dari Sepuluh Akun Remaja di Facebook, Twitter atau MySpace Dibajak

worsttech.com
Soal banyaknya pembajakan akun, media social bolehlah berbangga. Sudah bukan hal yang aneh banyak akun pengguna media social seperti Facebook dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab lalu kemudian digunakan untuk kepentingan mereka. Terdapat beberapa faktor mengapa banyak sekali akun pengguna media social yang dibajak. Pertama, umumnya pengguna media social cenderung tidak menggunakan media social secara tidak aman, misalnya pengguna jarang yang mengaktifkan mode https di Facebook. Kedua password yang mudah ditebak. Ketiga ada pengguna media social kadang secara tidak sengaja  mengklik scam yang memang banyak beredar di Facebook atau Twitter. Ketiga pengguna social media yang sangat banyak sehingga menjadi daya tarik tinggi bagi para penjahat. 

Sebuah survei baru memperlihatkan betapa banyaknya akun pengguna Facebook, Twitter atau MySpace yang masih remaja (teen) atau ABG yang dibajak. Berdasarkan survei tersebut diketahui bahwa tiga dari sepuluh akun ABG dibajak di Facebook, Twitter atau MySpace. Ini artinya ada sekitar 33% akun ABG yang dibajak di media social. Angka ini meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan dengan angka di tahun 2009 yang lalu. Masih menurut survei tersebut 46% dari para korban yang akunnya dibajak merasakan kekecewaan.

Thursday, October 6, 2011

Steve Jobs Meninggal Dunia, Dunia Berduka

Steve Jobs, sumber: pitchyourtalent.files.wordpress.com
Dunia kehilangan seorang inventor, seorang yang banyak menciptakan kemajuan di dunia teknologi khususnya, Steve Jobs. Pendiri Apple Inc. yang baru beberapa waktu yang lalu menyerahkan jabatan CEO di Apple Inc. menghembuskan nafas terakhirnya tanggal 5 Oktober 2011 (waktu AS) dalam usia 56 tahun. Kalaulah boleh dibilang usia yang masih sangat muda untuk ukuran seorang eksekutif puncak. Namun karena kanker pankreas yang sudah dalam stadium gawat, membuat Jobs  harus pergi untuk selamanya.

Steve Jobs bukanlah orang sembarangan. Berbagai kisah kesuksesan dalam membangun Apple Inc. hingga menjadi perusahaan paling bernilai di seluruh dunia merupakan bukti yang tidak dapat dibantah. Komputer Mac, MacBook, iPod, iPhone dan iPad adalah kreasi dari Jobs. Ia dikenal sebagai CEO yang memperhatikan detail. Bahkan lawan-lawannya di dunia teknologi yang bersaing dengannya dan hampir setiap waktu berseteru sangat menghormati Steve Jobs. Co-founder Google Sergey Brin mengatakan: 

Wednesday, October 5, 2011

Samsung akan Larang iPhone 4S di Perancis dan Italia

bgr.com
Baru satu hari diluncurkan ke publik dan baru akan dimulai pre ordernya di sekitar pertengahan bulan Oktober ini, iPhone terbaru buatan Apple Inc. iPhone 4S telah menuai pemboikotan. Tiada lain yang mengajukan agar iPhone 4S tidak dijual di Perancis dan Italia adalah musuh berat Apple Inc., Samsung. Melalui blognya di global.samsungtomorrow.com Samsung berencana akan memasukkan mosi terpisah di Perancis dan Italia untuk bisa menghadang penjualan awal  iPhone 4S di kedua negara tersebut.

Permintaan awal Samsung di kedua negara tersebut terkait dengan pelanggaran dua paten Samsung yang termasuk dalam teknologi telekomunikasi nirkabel, khususnya standar Wideband Code Division Multiple Access (WCDMA) untuk handset selular 3G. Menurut Samsung paten teknologi yang diduga dilanggar oleh iPhone 4S sangat penting untuk fungsi yang dapat diandalkan dan perangkat jaringan telekomunikasi dan Samsung percaya bahwa pelanggaran Apple Inc. terlalu parah sehingga iPhone 4S harus dilarang dari penjualan.

Nokia Segera Rilis Nokia Windows Phone

bgr.com
Penggemar Nokia tidak lama lagi akan bisa memiliki smartphone terbaru Nokia berbasis Windows Phone. Reuters melaporkan sebagaimana dikutip dari CEO Nokia, Stephen Elop, Nokia akan meluncurkan Windows Phone-nya di tahun ini. Pada hari Selasa kemarin ia berjanji untuk meluncurkan Nokia pertama berbasis Windows di kuartal ini,  namun masih harus memperhitungkan apakah bisa dikirimkan pada waktu sebelum Natal.

Peluncuran Nokia terbaru ini diperkirakan akan dilakukan di London bertepatan dengan acara tahunan Nokia, yaitu Nokia World Trade Show yang akan dilaksanakan pada akhir Oktober 2011 ini. Setelah diluncurkan di akhir Oktober, pengiriman akan bisa dilakukan pada awal November dan nantinya diharapkan konsumen bisa menikmatinya di saat liburan akhir tahun. Hal ini tentu saja berbeda dengan kebiasaan Nokia selama ini. Nokia biasanya meluncurkan produk baru setengah tahun sebelum produk tersebut dikirimkan. Namun Nokia menegaskan mereka akan mengubah kebiasaan tersebut.


Bukan iPhone 5, Hanya iPhone 4S, Konsumen Kecewa?

iPhone 4S, bgr.com
Apple Inc. akhirnya memperkenalkan iPhone baru, bukan iPhone 5 yang banyak diperkirakan orang, tetapi iPhone 4S. iPhone 4S sebuah smartphone yang sama sekali tidak baru, hanya berupa upgrade terhadadap iPhone 4 sekarang ini. Cukup mengejutkan juga, ternyata yang diluncurkan iPhone 4S bukan iPhone 5 padahal banyak orang berekspektasi bahwa akan ada iPhone baru di mussim gugur ini. Tampaknya, Apple Inc. memang meneruskan langkah yang telah mereka tempuh sebelumnya, yaitu ketika meluncurkan iPhone 3G, lalu iPhone 3GS barulah kemudian iPhone 4 dan 4S. 

Dari sisi konsumen yang sudah banyak menerima rumor, tentu saja tidak diluncurkannya iPhhone 5 merupakan kekecewaan sendiri. Apalagi bila kita lihat persaingan smartphone dengan Android yang banyak mengeluarkan model untuk jaringan generasi keempat. Namun tampaknya Apple Inc. punya cara tersendiri untuk tidak meluncurkan iPhone 5 di tahun ini.

Tuesday, October 4, 2011

Lagu Billboard Top 10 Kebanyakan Bertema Seks

brittney-spears.net
Pernah dengar lagu dengan lirik bercinta, bercumbu mesra atau kata-kata lain yang dekat hubungannya dengan seks? Tenju saja pernah, bahkan kata bercinta itu seperti sudah merupakan kata yang sangat umum dan hampir ada di setiap lagu. Ternyata lirik lagu yang dekat hubungannya dengan tema reproduksi dan seks secara umum tidak hanya ada di Indonesia. Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa 92% lagu-lagu yang berada dalam daftar Top 10 Billboard 2009 mengandung pesan-pesan reproduksi atau seks. Hal ini diungkapkan oleh Professor Dawn R. Hobbs dalam Evolutionary Psychology.

Profesor ini meneliti 174 lagu laris  untuk menentukan berapa banyak lirik atau pesan di dalam lagu yang termasuk ke dalam kategori Seksi, termasuk di antaranya Gairah, Kekuatan Seksual, dan alat kelamin. Dari hasil penelitiannya, rata-rata ada sekitar 10,49 frase dalam setiap lagu yang berhubungan dengan seks dengan jenis musik R & B menempati posisi teratas mengalahkan jenis musik lainnya seperti Country dan Pop. Sexual appeal merupakan tema yang paling populer di dua jenis musik, yaitu R&B dan Pop, sedangkan kata commitment paling sering ada pada jenis musik Country.

Operator Telepon Simpan Catatan Kegiatan Pengguna Ponsel

http://3.bp.blogspot.com
Sebagai pengguna ponsel atau smartphone, mungkin kita tidak berapa lama kira-kira sebuah operator menyimpan catatan tentang kegiatan kita saat menggunakan ponsel atau smartphone. Misalnya catatan panggilan, SMS yang diterima atau dikirimkan, surfing di internet dan perkiraan lokasi tempat kita berada di suatu saat tertentu. Di Amerika Serikat (sekali lagi Amerika Serikat), sebuah dokumen yang diperoleh ACLU menunjukkan untuk pertama kalinya bagaimana empat perusahaan operator ponsel terbesar di AS memperlakukan data pelanggan mereka misalnya panggilan, pesan teks, web surfing dan perkiraan lokasi.
Dokumen satu halaman yang berasal dari divisi Cybercrime Departemen Kehakiman memperlihatkan misalnya,Verizon Wireless menyimpan data  menara (BTS) mana seorang pelanggan terhubung selama setahun. Data tentang BTS mana pelanggan terhubung tersebut dapat digunakan untuk mencari tahu ponsel tersebut berada. Operator lain seperti AT & T  menyimpan data yang sama terus menerus sejak Juli tahun 2008.

Data tentang kegiatan konsumen dengan ponselnya ini merupakan bagian dari ketentuan hukum sehingga bisa diminta ke operator melalui jalur hukum. ACLU (American Civil Liberties Union) bagian Carolina Utara meminta data ini berdasarkan undang-undang Freedom of Information Act. Dokumen ini kemudian dirilis oleh ACLU. Hal penting dari data tersebut adalah sebagian dari data tersebut berada di luar jalur hukum, namun operator tidak mau terbuka tentang kebijakan mereka.   Mereka tidak diharuskan untuk menyimpan data. Beberapa operator tidak menyimpan data seperti semua operator lain menyimpannya, artinya ada bagian yang tidak disimpan. Sebagai contoh,  T-Mobile USA tidak menyimpan informasi tentang aktivitas web browsing. Verizon, di sisi lain, menyimpan informasi yang sama sampai satu tahun yang dapat digunakan untuk memastikan jika telepon  mengunjungi situs tertentu.


Pesanan Kindle Fire Capai 95 Ribu Unit Pada Hari Pertama

Kindle Fire, Image via Bloomberg
Amazon boleh sedikit merasa optimis atas masa depan tablet terbaru mereka, Kindle Fire. Sebuah biro pemasaran, eDataSource sebagaimana dikutip oleh bgr.com melaporkan bahwa Amazon menerima pesanan sebanyak 95.000 unit Kindle Fire pada hari pertama pemesanan saja. Jumlah 95.000 unit ini merupakan jumlah yang sangat bagus, mengingat BlackBerry PlayBook dari RIM hanya terjual 200.000 unit di kuartal kedua tahun 2011 ini. Namun jumlah ini tentu saja masih jauh dibandingkan iPad yang di hari pertama pemesanannya mencapai 350.000 unit dan kemudian mengumumkan pada hari pertama penjulannya sebanyak 300.000 iPad laku terjual.

eDataSource merupakan sebuah perusahaan penyedia jasa pencatatan penjualan online secara kompetitif. Panel dari 800.000 inbox yang diuji oleh eDataSource memungkinkan mereka untuk bisa memperkirakan secara tepat jumlah pemesanan Kindle Fire di hari pertama. Dengan menganalisis penerimaan pembelian yang diterima melalui email, eDataSource mampu memperkirakan pesanan yang terjadi setiap hari di situs e-commerce besar serta produk apa yang sedang dibeli. eDataSource kemudian dapat melaporkan tren eCommerce di penjualan produk dalam jumlah besar atau spesifik.

Monday, October 3, 2011

Pengguna Facebook Cenderung Pasif dan Mudah Dibodohi

Fitur Timeline Facebook, sumber: sidomi.com
Bukan kali ini saja Facebook mengubah dan menambahkan fitur-fitur terbaru ke situsnya. Namun apa yang diumumkan oleh Mark Zuckerberg di Konferensi F8 minggu lalu merupakan perubahan paling besar sepanjang sejarah berdirinya situs tersebut. Hal ini karena dengan menggunakan fitur Timeline, hidup pengguna Facebook sudah terekam semenjak mereka bergabung dengan Facebook. Mereka dapat melihat kembali apa saja status yang telah mereka lakukan, komentar yang diberikan, kapan suatu peristiwa terjadi dan siap saja yang pernah dicolek di Facebook.
Fitur Timeline ini ibarat sebuah album sendiri selama berinteraksi di Facebook. Banyak pihak, terutama mereka yang mengerti teknologi menyambut hangat dan merasa fitur Timeline ini adalah kemajuan besar yang dilakukan oleh Facebook. Fitur ini kemudian dilengkapi dan diperkaya dengan Fitur Subscription, bagi siapa yang hendak mengikuti orang-orang tertentu yang penting bagi mereka, namun mereka tidak ingin berteman dengannya, layaknya Twitter. Sekali lagi fitur ini, meskipun berbau Twitter dan kemudian Google Plus menjadikan Facebook dan kegiatan berinteraksi di dalamnya menjadi semakin kaya.


Facebook Frictionless Sharing Membuat Banyak Friksi

Sumber: marginlines.com
Dalam konferensi F8 seminggu yang lalu, Mark Zuckerberg memperkenalkan konsep Frictionless Sharing untuk Facebook. Konsep ini ditandai dengan munculnya profil baru pengguna Facebook yang disebut Timeline. Konsep ini juga menandai masuknya aplikasi pihak ketiga secara langsung (dulu harus manual oleh pengguna) ke profil pengguna Facebook. Konsep frictionless sharring ini memang sangat melibatkan pihak ketiga, sebagaimana yang dikatakan Mark Zuckerberg bahwa Facebook akan terus melibatkan pihak ketiga dalam pengembangan layanannya. 

Konsep frictionless sharing ini sebenarnya merupakan sebuah konsep untuk menghilangkan sekat-sekat dalam berbagi. Artinya dulu bila anda membagi sesuatu, teman anda tidak akan tahu sampai anda membagi hal tersebut. Kini dengan konsep frictionless sharing ketidaktahuan teman-teman anda ini dihilangkan sehingga apa pun yang anda lakukan, teman anda bahkan mungkin publik akan tahu apa kegiatan tersebut. Apa pun yang anda kerjakan semenjak anda menggunakan Facebook akan bisa terlihat di Timeline sehingga teman-teman anda tidak lagi melihat sekat dalam hubungan anda dengannya Dengan konsep ini, Facebook secara otomatis akan membagi kegiatan anda kepada orang lain, mungkin teman, teman dari teman atau bahkan publik. Hal ini tentu saja menimbulkan masalah privasi yang dari dulu memang tidak pernah selesai.

Sunday, October 2, 2011

Facebook Berlaku Tidak Jujur secara Terang-Terangan (Brutal)

Mark, anda harus mengakui Facebook telah berlaku tidak jujur, sumber:bgr.com
Perselancaran saya di internet hari ini membuahkan hasil yang sangat berharga. Hari ini saya menemukan sebuah artikel pendek, kumpulan dari tiga buah link tentang masalah yang menimpa Facebook, terutama yang terkait dengan super Cookies. Cookies Facebook ini ditengarai selalu mengintai pengguna Facebook walaupun pengguna sudah keluar dari halaman Facebook sehingga dengan demikian akan memantau kegiatan pengguna, situs apa yang dibuka, dimana LIKE diberikan dan lainnya yang terkait dengan kebiasaan pengguna.

Artikel ini ditulis oleh bekas editor  techcrunch.com yang sudah keluar dan membuat blog pribadi di uncrenched.com. Judulnya sungguh membuat saya terhenyak: FACEBOOK: BRUTAL DISHONESTY. Pertanyaannya benarkah Facebook secara brutal telah berlaku tidak jujur?

Dari tiga buah link yang diajukan sebagai bukti, memang terlihat secara nyata bahwa Facebook memang telah berlaku tidak jujur dalam menanggapi penemuan super Cookies oleh Nik Cubrilovic. Hal yang perlu kita pertanyakan adalah bahwa Nik Cubrilovic sebagaimana ia tulis di blognya, telah mengetahui hal ini setahun yang lalu. Coba kita baca pernyataannya sebagai berikut:



Samsung Nexus Prime Diluncurkan 11 Oktober?

Perkiraan Nexus Prime, sumber: cdn.androidcommunity.com
Google akan meluncurkan Samsung Nexus Prime pada tanggal 11 Oktober 2011 di San Diego. Samsung Nexus Prime merupakan smartphone terbaru Google hasil kerja sama dengan Samsung dan diperkirakan akan menggunakan Android versi terbaru, yaitu  Ice Cream Sandwich. telegraph.co.uk melaporkan, Google dan Samsung telah mengumumkan bahwa mereka akan memperkenalkan  yang terbaru baru dari Android pada 11 Oktober 2011. Sumber dalam perusahaan menegaskan bahwa acara tersebut akan diisi oleh peluncuran produk baru yang besar, media memperkirakan kemungkinan besar adalah Samsung Nexus Prime. Handset baru ini akan berjalan pada versi terbaru dari Android yang bisa digunakan untuk smartphone maupun tablet, yaitu  Ice Cream Sandwich.


Microsoft Bayarkan 1,5 Juta Dollar AS Sebagai Kompensasi Kepada Seorang Eksekutif Perempuan

bgr.com
Tampaknya Microsoft lebih menyukai eksekutif laki-laki untuk promosi dibandingkan dengan eksekutif perempuan. Seorang eksekutif perempuan Microsoft yang menempati posisi sebagai manajer Small-Medium Enterprises and Partners seharusnya promosi menjadi Managing Director setelah jabatan tersebut lowong karena ditinggalkan oleh pejabat sebelumnya. Eksekutif perempuan tersebut bernama Natalie Ayres. Ia berharap dipromosikan ke posisi Managing Director setelah Alistair Baker pindah pada tahun 2006. Namun, harapannya tidak menjadi kenyataan karena Microsoft lebih memilih Gordon Frazer yang berasal dari Microsoft cabang Afrika Selatan, bahkan sebelum ia sempat diwawancarai untuk posisi tersebut. Ayres kemudian memutuskan untuk meninggalkan Microsoft dan Microsoft harus membayar lebih dari 1 juta Poundsterling (kira-kira 1,5 juta USD) sebagai bagian  kesepakatan.

Hati-hati Menggunakan Fitur Subscription di Facebook

bgr.com
Semenjak seminggu terakhir tidak ada habis-habisnya publik mengkritisi beberapa perubahan yang dilakukan Facebook, terutama dua hal penting, yaitu fitur Timeline dan Subscription. Kritikan terhadap Facebook bertambah setelah ditemukannya super cookie yang akan tetap mengintai pengguna, walaupun pengguna telah keluar dari halaman Facebook. Setelah kejadian-kejadian ini sembilan grup privasi mengirimkan surat kepada Federal Trade Commission untuk memeriksa Facebook.

Sebagian besar pengguna Facebook, memang hampir tidak peduli dengan hal ini. Namun ada perlunya anda merasa khawatir dan mempersiapkan diri anda dengan mengatur privasi secara lebih baik. Salah satunya adalah ketika anda menggunakan fitur Subscription. Fitur ini sebenarnya mirip dengan Twitter, yaitu ketika anda menjadi follower seseorang sehingga semua update status orang yang anda ikuti tersebut akan muncul  di wall anda. Dengan demikian sebenarnya wall Anda berisiko makin crowded karena selama ini sudah banyak news feed dari teman dan teman dari teman anda, kini ditambah dengan update status orang yang anda ikuti meskipun anda tidak berteman dengannya.

Selular Award 2017 : ZenFone 3 Deluxe Smartphone Terbaik

Aliudin Sute d ja (National Sales Manager ASUS) menerima penghargaan Selular Award 2017 ASUS berhasil menempatkan dua smartphone mereka...