Friday, September 30, 2011

Siapa bilang Facebook Gratis?

Mark tolong jelaskan, benarkah Facebook gratis? Sumber: gawker.com
Apakah Facebook gratis? Cobalah pikirkan beberapa saat sebelum menjawab pertanyaan ini. Beberapa hari yang lalu sebuah rumor beredar mengabarkan bahwa Facebook mulai memberlakukan biaya penggunaan situsnya bagi penggunanya. Rumor tersebut menyebutkan untuk keanggotaan Gold akan dikenakan biaya 9,99 dollar per bulan, Silver 6,99 dan 3,99 untuk keanggotan Bronze. Walau itu hanya rumor yang tidak berdasar sehingga kemudian dibantah dengan mengatakan anggota Facebook digratiskan untuk selamanya, mungkin Facebook telah mengenakan biaya dalam arti yang lain bagi penggunanya. Apa maksudnya?

Sebuah artikel di foxnews.com mengatakan bahwa sebenarnya Facebook tidaklah gratis. Pengguna Facebook membayar Facebook dengan informasi tentang profil mereka yang mereka berikan secara sukarela sewaktu menggunakan Facebook. Informasi pengguna ini sangat-sangat berguna bagi Facebook. Informasi pengguna ini kemudian dijual oleh Facebook kepada pengiklan dan mendatangkan/menempatkan iklan di situsnya agar dilihat oleh penggunanya. Memang secara nyata Facebook tidak menjual informasi penggunanya secara perorangan, tetapi dalam bentuk suatu deal yang mungkin tidak kita ketahui.

Facebook Kembali Tersandung Masalah Privasi Pengguna

Kembali tersandung masalah privasi, Mark? Sumber: gawker.com
Facebok kembali tersandung masalah privasi, terutama di kawasan Eropa. Beberapa waktu yang lalu, pengguna Facebook dikejutkan dengan penemuan bahwa kalau pengguna Facebook keluar dari layanan tersebut, hal tersebut belumlah cukup karena pengguna Facebook akan tetap melakukan tracking terhadap pengguna. Hal ini awalnya tidak begitu menjadi perhatian, namun kemudian Facebook sendiri mengakui melakukan perbaikan atas penemuan tersebut.

Kali ini sebagaimana dilaporkan oleh Reuters yang mengutip dari koran Financial Times, Facebook menghadapi regulatory scrutiny di Irlandia, markas mereka untuk Eropa, terkait dengan penanganan informasi pribadi. Komisioner perlindungan data Irlandia akan melakukan audit terhadap kebijakan privasi Facebook di luar Amerika Serikat dan Kanada setelah adanya keluhan dari masyarakat Eropa dan kelompok peduli privasi di Amerika Serikat.



Research In Motion Bantah Hentikan Produksi BlackBerry PlayBook

BlackBerry PlayBook, sumber: bgr.com
RIM, produsen smartphone BlackBerry mengatakan mereka tetap akan memproduksi BlackBerry PlayBook dan tidak berencana untuk menghentikan produksi. Hal ini dijelaskan kemaren untuk menyangkal berita bahwa mereka akan menghentikan produksi PlayBook. Reuters melaporkan Research In Motion menepis anggapan atau rumor yang menyebutkan mereka akan menghentikan produksi tablet Playbook, Semua rumor tersebut adalah  fiksi.

Marisa Conway, juru bicara RIM mengatakan dalam sebuah pernyataan email bahwa rumor bahwa BlackBerry PlayBook sedang dihentikan adalah fiksi murni. RIM masih sangat berkomitmen untuk pasar tablet dan masa depan platform QNX. QNX adalah sistem operasi yang digunakan dalam PlayBook. RIM menyatakan akan meluncurkan  superphones tahun depan dengan  menggunakan perangkat lunak QNX untuk menggantikan perangkat lunak telepon yang mengalami penuaan.


Thursday, September 29, 2011

Nokia Pecat 3.500 Karyawan

Nokia, sumber : bgr.com
Nokia, produsen ponsel terbesar dalam hal volume segera akan mengurangi karyawannya, paling tidak 3.500 orang dalam waktu dekat. ft.com melaporkan bahwa Nokia akan menutup pabriknya di Rumania sehingga bisa mengurangi 2.200 karyawan di sana dan sisanya 1.300 karyawan di divisi Location and Commerce. Divisi ini juga mencakup Navteq yang memiliki karyawan sebanyak 6.000 orang ketika dibeli Nokia di tahun 2007 yang lalu.

Nokia yang memiliki karyawan sedikitnya 138.634 orang mengatakan kemungkinan akan ada lagi pengurangan karyawan di tahun depan karena perubahan produksi di pabriknya di Salo, Finlandia, serta di Hungaria dan Meksiko. CEO Nokia, Stephen Elop mengatakan bahwa Nokia harus mengambil langkah menyakitkan, namun perlu, yaitu langkah-langkah untuk menyelaraskan tenaga kerja dan operasi sesuai dengan jalan ke depan. Dengan langkah ini, menurutnya, Nokia akan muncul sebagai penantang, lebih dinamis,gesit dan efisien.


Microsoft Hasilkan 444 Juta Dollar dari Android

Microsoft
Sudah bukan rahasia, Microsoft merupakan pihak yang diuntungkan dengan lakunya Android. Hal ini tidak lain karena Microsoft menandatangani perjanjian lisensi paten dengan beberapa vendor Android, baik besar seperti Samsung dan HTC maupun kecil seperti ViewSonic. Samsung sebagai vendor terbesar Android saat ini baru menyetujui perjanjian lisensi paten dengan Microsoft. Menurut sebuah sumber, Microsfot meminta tidak kurang dari 15 dollar AS per handset. 


Sebelumnya HTC juga sudah menandatangani  lisensi paten dengan Microsoft yang diperkirakan royaltinya antara 3-6 dollar per handset. Ini menjadikan Samsung dan HTC menjadi sumber pemasukan yang signifikan terhadap kas Microsoft. Analis teknologi Goldman Sachs memperkirakan Microsoft akan memperoleh pemasukan 444 juta dollar AS dari royalti lisensi paten dengan berbagai vendor Android untuk tahun fiskal Juni 2011 sampai dengan Juli tahun 2012.


Bila dibandingkan dengan jumlah keseluruhan pendapatan Microsoft yang diperkirakan sekitar 75 miliar dollar, tentu saja jumlah ini tidaklah seberapa. Apalagi sebenarnya, dengan menandatangani lisensi paten, Microsoft menyetujui rusaknya nama mereka dalam bidang computing oleh Android. Hal yng cukup aneh tentunya, kini Android sangat terkenal sehingga tidak memberikan peluang bagi platform Microsoft Windows Phone untuk berkembang.



T- Mobile Bantu Samsung Melawan Apple Inc.

T-Mobile, sumber: bgr.com
Beberapa hari yang lalu, Verizon operator terbesar di Amerika Serikat, berdiri di sisi Samsung guna melawan keinginan Apple Inc. melarang beredarnya handset buatan Samsung yang diduga menyalahi paten atau merupakan peniruan terhadap iPhone dan iPad. Handset yang dimaksud adalah smartphone Samsung Infuse 4G, Galaxy S 4G dan Droid Charge, serta tablet Galaxy Tab 10,1.

Kini T-Mobile yang merupakan operator keempat terbesar di Amerika Serikat juga mengajukan penolakannya terhadap keinginan Apple Inc. tersebut. Artinya Verizon dan T-Mobile sepakat bahwa pelarangan beredar gadget buatan Samsung di Amerika Serikat akan berdampak tidak baik bagi mereka dan pasar Amerika Serikat. Menurut Verizon sendiri, sengketa yang melibatkan kekayaan intelektual tidak boleh mengganggu aliran bebas dari perangkat 4G terbaru ke pasar.


Wednesday, September 28, 2011

Samsung Setuju Perjanjian Lisensi Paten dengan Microsoft

Microsoft, sumber:bgr.com
Microsoft kembali berhasil membuat kesepakatan lisensi paten dengan salah satu vendor besar Android, yaitu Samsung. Sebelumnya, di bulan April 2011 yang lalu, Microsoft melakukan perjanjian lisensi paten dengan HTC. Dengan bergabungnya Samsung dalam lisensi paten dengan Microsoft, kini hanya tinggal Motorola sebagai vendor besar Android yang belum menandatangani perjanjian lisensi paten dengan Micorosoft. Motorola yang kini dalam proses akuisisi oleh Google juga tengah perang paten dengan Microsoft dan tampaknya belum menunjukkan penyelesaian. Kemungkinan besar, Motorola juga akan setuju melakukan lisensi paten dengan Microsoft.

Sepakatnya Samsung untuk melakukkan lisensi paten dengan Microsoft dilaporkan oleh pemerhati dan aktivis kekayaan intelektuan Florian Mueller dalam blognya hari ini. Florian Mueller mengatakan bahwa Microsoft akan menerima royalti dari Samsung untuk penjualan smartphone dan tablet berbasis Android. Perjanjian lisensi paten ini merupakan perjanjian lisensi paling penting mengingat Samsung adalah vendor paling besar Android. Namun satu hal yang patut dipertanyakan, mengapa Samsung sepertinya buru-buru untuk melakukan lisensi paten dengan Microsoft padahal sekarang Google tengah dalam proses akuisisi terhadap Motorola Mobility yang sedikitnya memiliki 17.000 paten. Menurut Florian Mueller,  Samsung mungkin mengetahui tidak dapat bergantung selamanya pada Google. Mereka memutuskan untuk mengatasi masalah kekayaan intelektual Android dengan cara mereka sendiri. Substansi dan waktu pengumuman kesepakatan lisensi paten ini tentunya menimbulkan pertanyaan sejauh mana Google dan mitra utama perangkat kerasnya saling berkomitmen satu sama lain.



Apa yang Terjadi di Internet dalam 60 Detik?

Jutaan orang menggunakan internet dalam satu hari tertentu. Namun tentu banyak dari kita tidak tahu apa yang terjadi di Internet dalam 60 detik atau satu menit. Sebuah infografis memberikan fakta-fakta yang cukup mengejutkan. Coba perhatikan gambar berikut ini. 60 Seconds - Things That Happen On Internet Every Sixty Seconds
Infographic by- Shanghai Web Designers


Heidi Klum Selebritis Paling Berbahaya di Internet

topnews.in
Heidi Klum, supermodel asal Jerman berada dalam daftar teratas sebagai selebritis paling membahayakan di internet. Membahayakan di sini maksudnya adalah setiap pencarian yang mengikutsertakan kata kunci seperti "Heidi Klum free downloads" "Heidi Klum videos" dan "Heidi Klum hot pictures" akan membahayakan bagi komputer pengguna dan menempatkan pengguna  pada risiko ancaman online seperti serangan spyware, adware, spam dan phishing yang dirancang untuk mencuri informasi pribadi pengguna.

Posisi Heidi Klum sebagai selebritis paling berbahaya di internet ini dilansir oleh sebuah perusahaan keamanan terkenal McAfee baru-baru ini sebagaimana dilaporkan oleh foxnews.com. Menurut McAfee, hampir satu dari setiap 10 pencarian untuk host "Project Runway" ini menempatkan orang  pada website berisiko dan kemungkinan dicurangi dengan  adanya virus komputer berbahaya yang disembunyikan di situs tersebut.


Tuesday, September 27, 2011

Facebook Tracking Pengguna Walau Sudah Log Out?

bgr.com
Kabar bahwa Facebook tetap melakukan tracking terhadap penggunanya menyebar dua hari yang lalu. zdnet.com melaporkan bahwa dari hasil beberapa kali tes seorang hacker, karena cookie yang dimodifikasi, Facebook diduga tahu apa yang Anda lakukan online bahkan ketika Anda tidak online.

Nik Cubrilovic hacker tersebut mengumumkan, setelah menjalankan serangkaian tes menganalisis header HTTP pada permintaan dikirim oleh browser ke facebook.com, ia menemukan bahwa Facebook mengubah cookie pelacakan saat Anda melakukan log out, bukan menghapusnya. Karena informasi Anda masih ada dalam cookie ini, Facebook dapat terus melacak Anda.


Menteri Jerman : Jangan Menggunakan Facebook!

zdnet.com
Facebook kembali dirundung oleh masalah privasi. Anehnya sebagian besar pengguna Facebook tidak peduli dengan pengaturan privasi mereka dan tidak mengutak-atik pengaturan privasi tersebut. Dari Jerman dilaporkan seorang menteri Jerman yang menjabat sebagai Menteri Perlindungan Konsumen meminta para rekannya di kabinet untuk menghindari penggunaan Facebook karena alasa privasi.

Dilaporkan oleh zdnet.com, Ilse Aigner nama menteri tersebut, memperingatkan rekan-rekan kerjanya untuk tidak menggunakan Facebook untuk mempromosikan pekerjaan mereka.  Ilse Aigner khususnya mengkritisi mengenai keamanan data.

Perlu diketahui Ilse Aigner sudah dari dulu berdiri sebagai seorang pengkritik kebijakan privasi Facebook. Ia sendiri keluar dari Facebook tahun lalu (menghapus akunnya di Facebook) sebagai protes atas praktik keamanan datanya di Facebook. Hal ini ia jadikan sebagai keberatan agar teman sekerjanya di kabinet juga menghindari Facebook.


Monday, September 26, 2011

Via Technologies Gugat Apple Inc. atas Pelanggaran Paten

http://ictfiles.com
Sepertinya perang paten perusahaan teknologi semakin meluas. zdnet.com melaporkan perang paten melibatkan sangat banyak pihak, mulai dari perusahan besar seperti Google, Apple Inc. Motorola, Microsoft dan lainnya serta perusahaan yang tiba-tiba muncul kemudian seperti Openwave dan yang terbaru Via Technologies.

zdnet.com melaporkan bahwa perusahaan pembuat chip berbasis di Taiwan Via Technologies baru saja menggugat Apple Inc. atas pelanggaram paten mereka. Gugatan diajukan kemarin oleh Via Technologies mungkin akan memberi Apple Inc. lebih banyak masalah daripada tuntutan yang pernah ada di smartphone terhadap Apple Inc.

Hal yang menarik dari kasus gugatan Via Technologies ini adalah bahwa Via bukanlah pembuat smartphone atau tablet seperti Samsung dan HTC atau Motorola yang selama ini terlibat perang paten dengan Apple Inc. Via juga tidak memproduksi alat elektronik untuk konsumen. Mereka hanyalah pembuat chip dan bertarung dengan AMD dan Intel. Lalu mengapa Via Technologies menggugat Apple Inc.?


Verizon Minta Pengadilan Menolak Permintaan Apple Inc.

sumber: cdn.androidcommunity.com
Verizon, operator terbesar di Amerika Serikat, berdiri di sisi Samsung dan meminta pengadilan agar menolak permintaan Apple Inc. untuk melarang beredarnya empat gadget buatan Samsung, yaitu Infuse 4G, Galaxy S 4G and Droid Charge, dan tablet Galaxy Tab 10,1. Dilaporkan oleh Florian Mueller dalam blognya, Verizon, operator AS nirkabel terbesar, memohon Pengadilan Distrik California Utara, Amerika Serikat  untuk menolak permintaan Apple Inc.  mengenai pelarangan awal terhadap empat produk Samsung dengan alasan bahwa keputusan seperti itu akan berlawanan dengan kepentingan publik dan akan menghambat Verizon Wireless untuk mengembangkan dan menyebarkan jaringan generasi berikutnya berkecepatan tinggi, yaitu LTE (generasi keempat), pertumbuhan lapangan kerja yang bergantung pada jaringan tersebut, dan akan melemahkan tujuan kebijakan publik, termasuk perluasan akses ke jaringan broadband dan komunikasi lebih cepat.


Saturday, September 24, 2011

Samsung Usahakan Pelarangan iPhone dan iPad di Belanda

Samsung, sumber:bgr.com
Setelah beberapa waktu yang lalu melalui Wakil Presiden Senior Lee Younghee mengatakan akan merubah strategi dalam melawan Apple Inc., Samsung langsung menerapkan startegi ofensif dalam tersebut dalam pertarungan mereka dengan Apple Inc. Dilaporkan oleh macworld.com, Samsung Electronics telah menggugat Apple Inc. dengan empat kasus paten di pengadilan distrik Den Haag, Belanda. Samsung menuntut larangan penjualan dan penarikan eceran dari semua produk Apple Inc. yang menggunakan teknologi 3G. Sidang pertama dalam kasus ini dijadwalkan untuk hari Senin depan. Samsung menuntut perintah pengadilan awal terhadap pelarangan semua produk mobile dari Apple Inc. khususnya  iPhone 3GS, iPhone 4, iPad 1, dan 2 iPad. Semua perangkat ini melanggar empat hak paten 3G Samsung yang penting.


Samsung mengusahakan larangan  impor, perdagangan dan penjualan oleh Apple Inc. dan lima anak perusahaan Apple Inc. di Belanda. Selain itu, Samsung ingin Apple Inc. untuk menarik semua perangkat yang diduga melanggar paten dan masih dalam stok pelanggan profesional, termasuk toko-toko elektronik seperti Media Markt, dimana Apple Inc. telah mendirikan toko Apple Inc. di dalam jaringan toko tersebut.
Gugatan yang diajukan Samsung ini sangat mirip dengan apa yang dilakukan oleh Apple Inc. di pengadilan Australia beberapa waktu yang lalu dan berbuah pelarangan beredar bagi Samsung Galaxy Tab 10,1 inchi milik Samsung.


Starbucks Dituntut Karena Kamera Pengintai

Starbucks, sumber: http://lapar.com
Starbucks tempat minum kopi mahal dan bergensi beberapa waktu yang lalu dituntut oleh seorang pria asal Norfolk Amerika Serikat karena ditemukannya kamera pengintai di kamar mandi. Dilaporkan oleh abcnews.go.com, seorang pria asal Norfolk menggugat Starbucks setelah putrinya yang berusi 5 tahun menemukan kamera pengintai di salah satu kamar mandi  Starbucks di Washington DC. Kejadian ini merupakan kejadian ketiga yang terjadi di jaringan toko Starbucks di tahun 2011 ini.

Pria tersebut bernama William Yockey, 28 tahun meminta ganti rugi sebesar 1 juta dollar AS untuk kelalaian, kegagalan untuk mengawasi karyawan, pelanggaran privasi dan kegagalan untuk memeriksa fasilitas secara tepat waktu.

Samsung Ubah Strategi dalam Perang Paten Melawan Apple Inc.

Sumber: bgr.com

Samsung vendor smartphone asal Korea Selatan, mulai mengambil langkah-langkah yang berbeda dalam perang paten melawan Apple Inc. Sebagaimana diketahui dalam beberapa kasus, Samsung selalu mengalami kekalahan dengan adanya pelarangan beredar gadget yang mereka hasilkan seperti yang terjadi di Jerman, Belanda, dan Australia.


Dalam sebuah wawancara dengan AP sebagaimana dikuti oleh hosted.ap.orgLee Younghee seorang eksekutif Samsung yang menjabat sebagai wakil presiden senior memastikan bahwa Samsung akan mengambil sikap yang lebih berani dalam pertempuran paten dalam smartphone dan tablet dengan Apple Inc yang diklaim Samsung  telah menggunakan  secara gratis  teknologi  nirkabel yang telah dipatenkan oleh mereka.


Friday, September 23, 2011

Enny Arrow, Pengarang Stensilan Cabul Masa Lalu

http://media.photobucket.com
Coba anda tanyakan ke anak remaja zaman sekarang, tahukah mereka Enny Arrow? Saya kira sebagian besar mereka akan menggelengkan kepala. Namun bila anda tanyakan kepada mereka yang kini berusia di atas 35 tahun, nama Enny Arrow mungkin tidak asing bagi mereka.

Saya sendiri tidak tahu pasti kapan pertama kali mendengar nama Enny Arrow dan membaca buku-buku hasil karya Enny Arrow. Mungkin sekitar SMP di tahun 1987 sampai dengan kuliah sekitar awal tahun 90-an. Bagi banyak remaja di sekitar tahun tersebut, Enny Arrow merupakan hal yang penting dan mengajarkan kepada mereka betapa liarnya imajinasi bila menyangkut hal-hal yang berbau seks.

Sekilas kita kembali ke akhir tahun 80-an. Saat itu tentu saja mana ada DVD, VCD atau Blue Ray. Internet siapa pula yang punya. Hidup di zaman orde baru yang serba terbatas dalam hal menyangkut kreatifitas adalah suatu kemustian. Namun sastra esek-esek tidak kehilangan pamor. Salah satunya yang paling banyak dibicarakan dan dicari waktu itu adalah Enny Arrow,  selain Freddy S dan Nick Carter.

Thursday, September 22, 2011

Perang Paten antara Google, Apple dan Microsoft Menuju Kondisi Kritis


cdn2.benzinga.com
Perang paten yang melibatkan perusahaan besar saat ini menuju kondisi yang kritis. Tercatat Apple Inc., Google, Microsoft, Oracle, Samsung, HTC, RIM , Nokia dan banyak perusahaan lain seperti Openwave ramai-ramai saling klaim paten tertentu dan mengajukan pemblokiran produk yang disangka melanggar paten. Tercatat, di luar AS, terutama di Jerman dan di Belanda, Apple Inc. telah mengajukan pemblokiran terhadap produk smartphone dan tablet buatan Samsung. Bercermin dari keberhasilan Apple Inc. di kedua negara tersebut, bukan tidak mungkin hal yang sama terjadi di pasar Amerika Serikat.

Pusat pemberitaan perang paten, kini sebenarnya sudah agak bergeser dari posisi sebelumnya, yaitu Oracle versus Google walaupun kasusnya masih tetap berjalan. Kini perang paten terfokus kepada Apple Inc. versus Google, artinya Apple Inc. versus Android yang banyak dihasilkan oleh vendor seperti HTC, Motorola, dan Samsung. Mengapa hal ini terjadi?

HTC Tuduh Apple Inc. Melanggar Paten


bgr.com

HTC, vendor smartphone yang berbasis di Taiwan melakukan klaim pelanggaran paten dengan menuduh Apple Inc. melakukan pelanggaran atas paten mereka. Paten yang dilanggar oleh Apple Inc. menurut HTC adalah paten yang beberapa pekan lalu diperoleh dari Google.

Dilaporkan oleh bloomberg.com, HTC Corp  produsen smartphone terbesar kedua di Asia, mengajukan klaim pelanggaran terhadap Apple Inc.  dengan menggunakan paten yang dibeli oleh Google Inc dan ditransfer ke HTC pekan lalu. Menurut US Patent and Trademark Office, Google selama satu tahun terakhir telah membeli sembilan paten yang berasal Palm Inc, Motorola Inc, dan Openwave Systems Inc.  Sebelumnya, Openwave System Inc. juga telah mengajukan klaim pelanggaran paten yang dimilikinya oleh Apple Inc. dan Research In Motion (RIM).

Cari Selingkuhan dan Jodoh di Facebook


pinewswire.net

Seorang teman keluarga berinisial Y, sudah punya anak dan sedang digantung hubungannya oleh suaminya, sedang kasmaran di Facebook. Y tidak secara resmi cerai, namun tidak juga hidup bersama suami. Mungkin sebuah cerai diam-diam. Ia pengguna Facebook yang sangat aktif. Baru-baru ini ia berkenalan dengan seorang warga Facebook lainnya, laki-laki, mengaku tinggal di kawasan Timur Tengah.

Setelah sekian lama berinteraksi di Facebook, baik melalui update status, sharing foto dan chatting, mereka semakin akrab. Bahkan sudah mengatakan saling suka dan bertukar kata-kata mesra. Sang lelaki telah memperkenalkan keluarganya kepada Y melalui foto yang diupload di Facebook dan mereka selalu online bersama. Tampaknya tidak lama lagi sang lelaki akan ke Indonesia untuk menikahi Y dan mungkin membawanya tinggal di Timur Tengah.


RIM Batal Bangun Pabrik di Indonesia


RIM, sumber: bgr.com
Research In Motion, RIM, produsen smartphone laris di Indonesia, BlackBerry, memutuskan untuk mendirikan pabrik BlackBerry mereka untuk kawasan Asia Timur di Malaysia. Padahal jelas diketahui, BlackBerry di Malaysia tidak selaku di Indonesia. Artinya Indonesia merupakan pasar gemuk RIM dengan perkiraan handset yang terjual tahun depan sekitar 4 juta unit, sedangkan di Malaysia hanya sekitar 400 ribu unit saja.

Dilaporkan oleh thenextweb.com, keputusan Research In Motion untuk membangun pabrik BlackBerry di Malaysia telah menimbulkan tanda tanya di kawasan Asia Tenggara. Langkah ini khususnya mengejutkan banyak orang Indonesia karena Indonesia adalah pasar yang sangat penting bagi RIM. Indonesia sebelumnya diperkirakan akan menjadi lokasi pabrik baru RIM mengingat posisinya sebagai raja di kawasan Asia Tenggara dengan jumlah penduduk lebih dari 220 juta dan kesempatan RIM untuk memperkuat brand serta posisi pasarnya di Indonesia.

Microsoft Beruntung dengan Lakunya Android

Sumber: 4.bp.blogspot.com
Apple Inc., Google, dan Microsoft saat ini sedang bertarung secara ketat, baik itu di internet maupun di smartphone. Namun tampaknya Microsoft yang paling beruntung sampai dengan saat sekarang ini. Mengapa beruntung? Tidak lain karena Microsoft memperoleh uang yang tidak sedikit dari  lakunya Android. Bahkan ada semacam guyonan, Microsoft sudah tidak perlu lagi Windows Phone, karena sampai sekarang tidak laku-laku dan menghasilkan jauh lebih sedikti dibandingkan dengan Android.


Mengapa Microsoft bisa memperoleh uang yang sangat banyak dari Android milik Google dan  nyata-nyata merupakan pesaing Windows Phone? Tidak lain karena Microsoft memberikan kebijakan yang soft terhadap penggunaan Intelectual Property milik mereka yang digunakan dalam smartphone Android. Microsoft menganut prinsip lisensi paten sehingga beberapa paten mereka yang dipakai oleh Android mereka relakan untuk dipakai asal ada pembayaran royalti terhadap paten yang dipakai tersebut. Jumlah yang dibayarkan oleh beberapa vendor Android diperkirakan paling kurang tiga kali lipat dari penghasilan yang diperoleh oleh Microsoft dari menjual device Windows Phone.

Ada yang Bunuh Diri di Kompasiana


http://2.bp.blogspot.com
Ini cerita tentang tempat saya ngeblog. Suatu hari ada yang bunuh diri di kompasiana, kata si A. Ini berita yang cukup mengegerkan, bukan? Ah tidak juga, jawab si B. Kompasiana memang begitu-begitu saja. Suka heboh padahal di sekitarnya tenang-tenang saja. Padahal admin juga sangat tenang. Alah … kalau tidak heboh bukan kompasiana namanya, kata si C.

Kompasiana, mengapa makhluk ini demikian lekat dengan si A, si B, si C dan banyak orang lain yang tidak henti-hentinya berada di kompasiana. Apakah kompasiana itu semacam narkoba yang bikin candu? Apakah kompasiana itu sejenis pil koplo yang bisa membuat pemakainya melayang bebas tanpa beban? Si A, si B dan si C  tak punya jawaban, yang mereka tahu hanya selalu berada bersama kompasiana untuk menunjukkan cinta mereka kepada kompasiana, tiada hentinya.


Sebab Foto Telanjang Scarlett Johansson Beredar Luas di Internet

Sumber: Gizmodo
Beberapa waktu yang lalu, artis cantik Scarlett Johansson tertimpa masalah. Foto-foto yang ada di file ponselnya yang kebanyakan tanpa busana beredar di internet tanpa sepengatahuannya. Sebagaimana banyak diberitakan media, ScarJo's mengatakan bahwa ia merasa ponselnya dibajak sehingga foto-foto pribadinya yang ada di file ponsel tersebut bisa dicuri dan diedarkan secara luas di internet.
ScarJo's sendiri sudah meminta FBI untuk menginvestigasi masalah yang menimpa dirinya ini. Namun tentu saja pertanyaan yang muncul adalah mengapa ponselnya bisa dibajak sehingga kemudian foto-foto bugilnya yang ada di ponsel tersebut disebarluaskan di internet?

Wednesday, September 21, 2011

Eksklusif : Wanita Telanjang Tertangkap Kamera Google Street View


sumber: dailymail.co.uk
Seorang wanita sedang (maaf) telanjang di depan rumahnya tertangkap kamera Google Street View di Miami. Kontan saja, berbagai situs memberitakan hal ini dan kembali menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana privasi semakin tidak berarti di zaman teknologi seperti sekarang ini. CNET, Gizmodo dan banyak situs lainnya memberitakan hal ini beberapa saat yang lalu.
Menurut Gizmodo, seorang wanita yang sepertinya sedang bingung tertangkap kamera Google Street View ketika ia sedang telanjang di depan rumahnya. Sepertinya wanita tersebut berada di tempat dan waktu yang salah saat sedang telanjang. Menurut salah satu komentar, sepertinya wanita tersebut sedang mandi/mencuci, kemungkinan air kran ke rumahnya mati dan menggunakan banyak galon untuk menampung air. Sayangnya saat hendak mengambil air di galon yang berada di halaman depan rumahnya, ia tidak mengenakan apa-apa alias telanjang. Saat keluar dengan telanjang tersebut, kamera Google Street View menangkap fenomena langka tersebut.

RIM dan Dolby Sepakat untuk Pembayaran Lisensi Paten


RIM, sumber: bgr.com
Dolby Laboratories setuju untuk tidak meneruskan klaim pelanggaran paten di pengadilan terhadap Research In Motion (RIM) setelah kedua belah pihak setuju melakukan lisensi paten. Dengan demikian, RIM akan membayarkan sejumlah uang (yang tidak disebutkan jumlahnya dalam persetujuan) kepada Dolby atas paten Dolby yang dipakai dalam gadget buatan RIM seperti smartphone BlackBerry dan Tablet BlackBerry PlayBook.
Dilaporkan oleh reuters.com, persetujuan ini merupakan buntut dari gugatan pelanggaran paten yang dilakukan oleh RIM  terhadap Dolby dan telah diajukan ke pengadilan pada tanggal 15 Juni 2011 yang lalu. Dalam gugatannya ke pengadilan saat itu,  Dolby mengatakan bahwa RIM telah melakukan pelanggaran paten Dolby dan meminta agar smartphone BlackBerry dan tablet PlayBook dihentikan penjualannya di Jerman dan Amerika Serikat. Selain itu Dolby juga meminta ganti rugi keuangan yang disebabkan oleh penyalahgunaan paten mereka di masa lalu oleh RIM.

Samsung Tuntut Apple Inc. atas Pelanggaran Paten di Perancis


Samsung Galaxy Tab 10,1, sumber:bgr.com
Pertarungan antara Samsung versus Apple Inc. sepertinya akan memakan waktu yang sangat lama. Beberapa waktu yang lalu, Apple Inc. menuduh Samsung telah menyalahi paten mereka dan menggugat Samsung ke pengadilan. Tidak tinggal diam, Samsung kemudian juga menggugat Apple Inc. atas pelanggaran paten yang didaftarkan di pengadilan federal AS, Jerman dan Korea Selatan. Di Korea Selatan, Samsung meminta pengadilan agar produk Apple Inc. dilarang beredar.
Posisi Samsung terjepit setelah di beberapa negara mengalami kekalahan dan produknya banyak yang dilarang beredar karena menyalahi paten Apple Inc. sebagaimana diputuskan oleh pengadilan. Pengadilan di Duesseldorf, Jerman telah melarang beredar Samsung Galaxy Tab 10,1 untuk dijual di Jerman. Sebelumnya di Australia, Samsung Galaxy Tab 10,1 juga mengalami hal yang sama, dilarang untuk dijual di Australia atas perintah pengadilan. Baru-baru ini, Samsung Galaxy Tab 7,7 yang baru saja diluncurkan dan dipamerkan di Jerman, lagi-lagi harus dikeluarkan dari pameran dan tidak boleh beredar di Jerman. Di Belanda, tiga model smartphone Samsung dilarang beredar karena disangka meniru desain iPhone.

Anda Peduli Online Privacy?


sumber: 4.bp.blogspot.com
Data menunjukkan bahwa dalam rentang waktu 20 menit lebih dari 20 juta foto diupload ke Facebook, 7 miliar konten dibagikan dan 3.500 foto diupload ke Flickr. Tentu kita membayangkan betapa banyaknya hal-hal bersifat pribadi diupload atau disebarkan ke publik. Pertanyaannya, tidakkah mereka khawatir apa yang mereka bagikan di social media tersebut disalahgunakan? Tidak pedulikah mereka dengan privasi online mereka sendiri?
Facebook
Sebagai media social terbesar saat ini, perhatian terhadap Facebook sangat besar. Facebook sepertinya dijadikan sebuah contoh bagaimana media social bekerja dan menjaga privasi para penggunanya. Menurut thenextweb.com, Facebook menjadi bukti yang sangat penting betapa pengguna internet sebenarnya tidak peduli dengan privasi online mereka asalkan mereka memperoleh apa yang mereka harapkan. Bila Facebook membuat aturan privasi lebih ketat, banyak pengguna Facebook yang keberatan. Mereka menegaskan ingin pengaturan privasi Facebook seperti semula dan tidak menghiraukan bahaya yang mungkin saja melanda mereka di suatu saat. Ini artinya, Facebook sering dipaksa oleh penggunanya untuk melonggarkan aturan privasi dan sebagian besar pengguna Facebook memang tidak peduli privasi sampai mereka menjadi korban kejahatan seperti akun yang dibajak atau korban penipuan.

Seribu Lebih Paten IBM Kembali Dibeli Google


IBM, sumber: ottorocketz.files.wordpress.com

Google kembali membeli amunisi baru dalam rangka perang paten yang mungkin saja makin meluas di masa depan. Setelah pada bulan Juli yang lalu membeli sekitar 1.000 lebih paten IBM, di bulan September 2011 ini Google kembali membeli 1.000 lebih paten dari IBM. Hal ini dilaporkan pertama kali oleh Seo By The Sea. Seo By The Sea juga merupakan pihak yang pertama kali melaporkan adanya pembelian paten IBM oleh Google pada bulan Juli yang lalu. (Lihat di sini).

Dengan pembelian paten IBM untuk kedua kalinya ini ditambah dengan kemungkinan berhasilnya akuisis Google terhadap Motorola Mobility, diperkirakan portofolio paten Google akan menggelembung mencapai paling tidak 27.000 paten.
Seperti transaksi sebelumnya di bulan Juli, nilai pembelian paten IBM ini tidak disebutkan. Paten yang dibeli oleh Google menurut SEO By The Sea berada di bidang desktop and server hardware, computer security, database processes, circuit design, parallel database systems and architecture, user authentication, creditcard/smartcard testing, dan masih banyak lainnya. Kebanyakan dari paten tersebut berasal dari IBM dan sebagian kecil berasal dari Cognos, sebuah perusahaan yang diakusisi oleh IBM di tahun 2007 yang lalu.

Boeing 787 Dreamliner Gunakan Android sebagai Sistem Hiburan di Pesawat

Boeing 787 Dreamliner, sumber: http://otilya.com
Tampaknya keberhasilan iPad menggantikan manual flights kini diikuti oleh Android, perangkat lunak dari Google yang umumnya digunakan di smartphone dan tablet. Android dipilih oleh Boeing 787 Dreamliner sebagai perangkat hiburan di pesawat mereka. Dilaporkan oleh Australian Business Traveller, Boeing telah memilih Android, yang merupakan saingan iOS dari Apple Inc., untuk menyediakan musik, video dan bahkan aplikasi spesifik untuk generasi berikutnya dari pesawat Boeing 787 Dreamliner.
Menurut Mark Larson, manajer teknik Galeri Boeing Dreamliner, semua Boeing 787 yang sekarang dalam proses produksi akan dilengkapi dengan server berbasis Android dan layar sentuh. Semua 787 Dreamliner yang sedang dikonfigurasi sekarang bisa mendapatkan  Android sebagai sistem hiburan di dalam pesawat.
Panasonic, perusahaan asal Jepang telah membangun touchscreen Android bersertifikasi pertama bagi 787 Dreamliner mulai dari kelas ekonomi sampai dengan first-class suites. Untuk kelas bisnis dan first-class suites sistem hiburan berbasis Android tidak akan menggunakan layar sentuh karena layar yang sangat lebar dan jauh dari jangkauan penumpang. Sebagai gantinya digunakan gesture sederhana dari tangan sehingga bisa mengotrol sistem hiburan tersebut. Bagi kelas ekonomi panel touchscreen ini diletakkan di belakang kursi dengan sudut pandang yang lebih lebar dibandingkan dengan touchscreenyang ada saat ini (a wider viewing angle).

Penjualan BlackBerry dan Tablet Playbook Jeblok


Tablet BlackBerry PlayBook , sumber gambar bgr.com


Research In Motion, RIM menuai hasil negatif di kuartal kedua tahun 2011 ini. Dilaporkan olehbgr.com, meskipun memperoleh peningkatan pelanggan baru sekitar 40% dari tahun 2010 yang lalu, namun laba bersih mengalami penurunan drastis sebesar 60%. Margin keuntungan turun, harga smartphone BlackBerry mengalami penurunan sehingga berakibat RIM kehilangan kas lebih dari setengah dari kas yang diproleh di kuartal pertama.
Menurut Horace Dediu seorang analis independen yang menulis di blog Asymco, kemungkinan market share RIM di seluruh dunia akan turun menjadi hanya satu digit di kuartal terakhir tahun 2011 nanti. RIM hanya mampu mengapalkan 10,6 juta handset BlackBerry di kuartal kedua ini dari perkiraan 11 sampai dengan 12,5 juta handset. Bahkan jumlah yang dikapalkan RIM tersebut masih lebih rendah dari perkiraan konservatif para analis.
Masih menurut Dediu, jumlah 10,6 juta handset BlackBerry yang dikapalkan oleh RIM kurang dari setengah dari yang dikapalkan oleh Apple Inc. atau Samsung di kuartal pertama. Jumlah tersebut juga lebih rendah dari jumlah smartphone yang dijual oleh HTC. Ia memperkirakan RIM akan turun peringkat dalan daftar vendor penghasil smartphone menjadi posisi kelima.

Samsung akan Jegal iPhone 5 di Korea Selatan


Sumber:bgr.com
Perang paten antara Samsung dengan Apple Inc. terus berlangsung. Setelah beberapa kali gadget keluaran Samsung mengalami pelarangan beredar di Jerman, Australia dan Belanda, Samsung berusaha menyerang balik dengan mengusahakan pelarang beredar iPhone 5 di Korea Selatan. Sebagaimana banyak diberitakan, iPhone 5, generasi kelima dari iPhone akan diluncurkan sekitar bulan Oktober 2011 ini. Bahkan ada yang memperkirakan akhir bulan September ini. Perang paten antara Samsung dengan Apple Inc. saat ini mencakup paling tidak 23 kasus yang tersebar di negara Jerman, Amerika Serikat, Australia, dan Perancis. Kemungkinan kasusnya akan makin bertambah seiring dengan makin banyaknya tuntutan yang lahir di berbagai negara di masa depan.

iPhone 5 dan iPhone 4S akan Diluncurkan oleh Apple Inc.


Kabar tentang peluncuran iPhone 5 semakin banyak beredar. Banyak sekali yang menduga-duga kapan akan diluncurkannya generasi kelima dari iPhone tersebut. Beberapa rumor terakhir menyebutkan bahwa Apple Inc. tidak hanya akan meluncurkan iPhone 5 di bulan Oktober 2011 nanti, tetapi juga sebuah update minor terhadap iPhone 4 sekarang yang disebut iPhone 4s yang (mungkin) dikhususkan untuk pasar China.
business.financialpost.com melaporkan, sebagaimana dikutip dari seorang analis J.P Morgan,  Mark Moskowitz Apple Inc. diperkirakan akan meluncurkan dua iPhone baru musim gugur ini, yaitu  iPhone 5 dengan form factor baru dan iPhone 4 dengan perbaikan kecil yang yang ditargetkan untuk pasar China. Implikasi dari pendekatan peluncuran dua iPhone sekaligus ini adalah bahwa pengapalan iPhone pada kuartal berikutnya akan bertambah sangat banyak. Apalagi dengan menargetkan China di mana produk Apple Inc. (tidak hanya iPhone, tetapi juga iPad) mendapat sambutan yang sangat bagus di sana.

Google Plus Secara Resmi Diluncurkan untuk Publik



Setelah 90 hari dalam masa percobaan, Google merasa Google Plus sudah cukup matang untuk diluncurkan kepada publik. Semalam, Google secara resmi telah membuka Google Plus  untuk publik. Dengan demikian, masa undangan sudah tidak berlaku lagi. Dua hari yang lalu melalui sebuah trik mencari di search engine Google menunjukkan selama tiga bulan pertama semenjak soft launchingGoogle Plus telah berhasil mengumpulkan setidaknya 50 juta profil. Ini sebuah prestasi yang belum pernah dicapai oleh social media sebelum Google Plus, bahkan Facebook yang kini berada peringkat paling atas social media.
Tentunya peluncuran resmi ini banyak memberikan upgrade. Munurut bgr.com ada perbaikan paling tidak sebanyak 100 buah. Selama masa percobaan Google telah melakukan perbaikan 91 fitur di Google Plus. Sembilan perbaikan lainnya diumumkan seiring peluncuran Google Plus secara resmi, diantaranya sebagai berikut.

Jangan Main-Main dengan Kartel Obat Bius di Social Media

Social media terus menuai korban. Bila sebelumnya ada anak yang meninggal karena ibunya asyik melakukan kegiatan di Facebook, kali ini sepasang perempuan dan laki-laki digantung oleh kartel obat bius di Meksiko. Mayat mereka digantung di sebuah jembatan di kota perbatasan Nuevo Laredo, Meksiko. Dilaporkan oleh CNN sebagaimana dikutip oleh Gizmodo, pengguna social media yang mencela kegiatan kartel narkoba di sepanjang perbatasan Meksiko menerima peringatan brutal beberapa hari yang lalu. Dua mayat, satu laki-laki dan satu perempuan yang hancur digantung seperti potongan daging di sebuah jembatan pejalan kaki.

Selular Award 2017 : ZenFone 3 Deluxe Smartphone Terbaik

Aliudin Sute d ja (National Sales Manager ASUS) menerima penghargaan Selular Award 2017 ASUS berhasil menempatkan dua smartphone mereka...