Thursday, December 1, 2011

Hacker Jailbreak Tablet BlackBerry PlayBook

BlackBerry PlayBook, sumber: bgr.com
RIM dengan BlackBerry-nya terkenal akan keamanan tingkat tinggi yang mereka berikan kepada pelanggan sehingga menjadi pilihan badan pemerintah dan perusahaan. Kini klaim tersebut sedikit agak diragukan setelah tiga orang hacker berhasil melakukan eksploitasi terhadap tablet andalan RIM, BlackBerry PlayBook. Eksploitasi tersebut memungkinkan tiga hacker mendapatkan akses ke root sehingga bisa merusak reputasi RIM. Reuters melaporkan akses ke root tersebut berarti pengguna memiliki izin untuk mengubah file atau program pada perangkat BlackBerry PlayBook dan dapat mengontrol fungsi perangkat keras.
Terkait dengan kejadian ini, RIM mengatakan akan melakukan investigasi dan jika ditemukan telah ada jailbreakmereka akan merilis patch untuk menutupi lubang keamanan tersebut. Tiga hacker yang berhasil men-jailbreak BlackBerry PalyBook tersebut diidentifikasi sebagai xpvqs,  neuralic, dan Chris Wade berencana akan merilis data yang mereka dapatkan dalam waktu seminggu kemudian dengan sebuah alat yang disebut DingleBerry.

Sebagaimana diketahui, tablet BlackBerry PlayBook berjalan dengan software yang berbeda dengan BlackBerry, yaitu QNX. Namun RIM berencana akan menjadikan QNX sebagai software untuk BlackBerry smartphone tahun depan. Pada bulan Juli yang lalu, BlackBerry PlayBook memperoleh sertifikat keamanan dan disetujui sebagai perangkat yang digunakan oleh pemerintah Amerika Serikat.
Dalam sebuah video yang dipublikasikan di YouTube, Chris Wade mendemonstrasikan bagaimana ia bisa memasang layanan internet video Hulu yang selama ini tidak terdapat pada BlackBerry PlayBook. Hulu, sebuah layanan dari Comcast NBC Universal, News Corp Fox dan Walt Disney  ABC, memblok semua mobile browser secara default dan belum menawarkan sebuah aplikasi untuk Playbook. Dengan bisanya Hulu dipasang oleh Chris Wade, artinya PlayBook tersebut telah di-jailbreak. Video kedua dari neuralic menunjukkan neuralic mengetik perintah ke PlayBook untuk mengubah indikator LED pada BlackBerry PlayBook.

Video Chris Wade


Video Neuralic

 

Tentunya seperti dikemukakan sebelumnya, <em>jailbreak</em> yang dilakukan terhadap PlayBook ini menimbulkan tanda tanya mengingat RIM selama ini dikenal akan kehebatannya dalam soal keamanan. Menarik untuk ditunggu bagaimana tiga orang hacker ini melakukan <em>jailbreak</em> terhadap BlackBerry PlayBook.

Sumber: Reuters

#Jaibreak #Hacker #PlayBook


ASUS Rilis ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Seharga Mobil

ASUS ROG GX800 Seberapa mahal sebuah notebook yang pernah Anda beli? Rp25 juta? atau Rp50 juta? Pernah dengar sebelumnya sebuah noteboo...