Sunday, October 9, 2011

Tingkat Keterlibatan Pengguna Facebook Sangat Rendah

2.bp.blogspot.com
Sebagai raja social media, Facebook menjadi contoh dan selalu diteliti banyak orang. Kini Facebook sudah memiliki pengguna 800 juta orang dan tentu saja akan sangat menarik untuk melihat apakah pengguna yang sangat banyak tersebut berinteraksi secara kuat di Facebook. 

Kita bisa melihat banyak merek yang membuat halaman fans di Facebook. Ini menandakan Facebook digunakan untuk menjangkau konsumen. Namun belum diketahui sejauh mana efektifitas Facebook bagi merek untuk menjangkau fansnya, apakah fans terlibat erat dengan halaman brand atau tidak. Untuk itu, laporan terbaru dari PageLever mungkin akan mengejutkan Anda ketika ditemukan bahwa pengguna yang paling aktif tidak terlibat dengan pesan brand bahkan konten paling bagus sekalipun.

PageLever menjelaskan bahwa terdapat perbedaan antara pengguna aktif dan pengguna yang terlibat. Pengguna aktif dihitung bila ada kunjungan seseorang ke fan page atau melihat cerita yang ada di Fan Page. Jika pengguna hanya melihat konten tanpa terlibat, mereka masih dihitung sebagai Pengguna Aktif. Jika seseorang hanya melihat Fan Page tanpa terlibat ia hanya akan dihitung sebagai satu pengguna aktif, bukan pengguna yang terlibat. 


Hasil temuan PageLever adalah sering sekali kunjungan ke Fan Page hanyalah pengguna aktif, bukan pengguna yang terlibat. Ini artinya pengguna hanya melihat konten di Fan Page, tidak lebih, seteleh melihat konten mereka keluar dari Fan Page tanpa ada keterlibatan. PageLever menemukan kurang dari 2% pengguna aktif yang terlibat dengan suatu Fan Page tertentu di Facebook. Ini artinya kebanyakan Fan Page di Facebook hanya didatangi oleh pengguna aktif, bukan pengguna yang terlibat. Artinya juga tingkat keterlibatan pengguna di Fan Page Facebook sangat rendah. Perhatikan data berikut ini.

pagelever.com
Kira-kira apa akibat rendahnya tingkat keterlibatan pengguna di Facebook ini. CEO PageLever mengatakan bahwa Facebook perlu mengganti nama mereka menjadi Daily Active Users dan ini akan terjadi katanya. kemudian setelah Daily Active Users, Facebook perlu lagi berganti nama lagi menjadi Who You Reached, karena Facebook hanya berfungsi untuk menjangkau pengguna. 

Arti penting lainnya adalah Facebook dan Fan Page yang ada di dalamnya tidak perlu berbangga dengan jumlah pengguna yang sangat banyak. Memiliki 800 juta pengguna atau 27 juta Fans di Facebook belumlah berguna benar karena tingkat keterlibatan pengguna di Facebook sangat rendah. 
Sumber: Thenextweb dan PageLever

ASUS Rilis ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Seharga Mobil

ASUS ROG GX800 Seberapa mahal sebuah notebook yang pernah Anda beli? Rp25 juta? atau Rp50 juta? Pernah dengar sebelumnya sebuah noteboo...