Wednesday, October 5, 2011

Nokia Segera Rilis Nokia Windows Phone

bgr.com
Penggemar Nokia tidak lama lagi akan bisa memiliki smartphone terbaru Nokia berbasis Windows Phone. Reuters melaporkan sebagaimana dikutip dari CEO Nokia, Stephen Elop, Nokia akan meluncurkan Windows Phone-nya di tahun ini. Pada hari Selasa kemarin ia berjanji untuk meluncurkan Nokia pertama berbasis Windows di kuartal ini,  namun masih harus memperhitungkan apakah bisa dikirimkan pada waktu sebelum Natal.

Peluncuran Nokia terbaru ini diperkirakan akan dilakukan di London bertepatan dengan acara tahunan Nokia, yaitu Nokia World Trade Show yang akan dilaksanakan pada akhir Oktober 2011 ini. Setelah diluncurkan di akhir Oktober, pengiriman akan bisa dilakukan pada awal November dan nantinya diharapkan konsumen bisa menikmatinya di saat liburan akhir tahun. Hal ini tentu saja berbeda dengan kebiasaan Nokia selama ini. Nokia biasanya meluncurkan produk baru setengah tahun sebelum produk tersebut dikirimkan. Namun Nokia menegaskan mereka akan mengubah kebiasaan tersebut.


Di sisi teknologi, di mana saat ini iPhone dari Apple Inc. dan Android dari Google mendominasi pasar, Elop masih percaya bahwa Nokia dengan Windows Phone masih memiliki ruang yang cukup luas untuk bisa bersaing. Menurutnya masih terbuka kesempatan di pasar untuk ekosistem alternatif selain iPhone dan Android. Elop kembali menegaskan pernyataannya terdahulu bahwa munculnya iPhone telah menganggu pasar dan merubah pasar karena memperkenalkan tingkat pengalaman yang baru. 

Tampaknya Nokia memang sangat serius dalam usahanya meluncurkan Nokia berbasis Windows Phone tahun ini. Mereka juga telah memindahkan fokus untuk lebih banyak menggarap segmen smartphone setelah 3.500 pekerja mereka di Rumania yang biasanya menghasilkan ponsel low end di-PHK. 

Beberapa analis memang sangat terkesan dengan versi Window terbaru Mango yang kemungkinan akan ada di smartphone Nokia. Namun seperti banyak dikritisi oleh analis, Windows Phone harus lebih banyak melibatkan developer untuk bisa membuat aplikasi yang sesuai dengan platform windows tersebut. Smartphone saat ini sangat tergantung kepada aplikasi sehingga apabila aplikasinya sedikit akan mengurangi minat konsumen untuk membelinya.

BukBer, Berbagi Bersama Blue Bird Group dan Rumah Harapan

BukBer Blue Bird Group Di sela-sela kesibukan, dua hari yang lalu saya sempatkan untuk hadir di Buka Bersama (BukBer) Blue Bird Group y...