Monday, October 17, 2011

Microsoft Beri Nokia 30 Juta Dollar AS

Nokia & Microsoft
Kerja sama Nokia dengan Microsoft terus meningkat. Kali ini dalam bidang pemasaran, di mana Microsoft memberikan dana segar cuma-cuma sekitar 30 juta dollar untuk Nokia agar bisa mem-push usaha-usaha pemasaran mereka di wilayah Inggris. mobiletoday.co.uk melaporkan dua hari yang lalu, Microsoft menyumbangkan dana perang (di bidang pemasaran) sebesar 28 juta poundsterling kepada Nokia dan Samsung untuk kampanye periklanan dalam usaha terakhir untuk meraih pangsa pasar Inggris bagi perangkat Windows Phone.

Dari dana sebesar 28 juta poundsterling tersebut, Nokia akan mendapatkan bagian terbesar sebagai mitra strategis Microsoft. Sumber menunjukkan produsen ponsel asal  Finlandia akan menerima sampai  dengan 20 juta poundsterling (sekitar 30 juta dollar AS) sebagai dana promosi peluncuran smartphone Nokia pertama yang berbasis Windows Phone Mango (WP7,5)  terbaru yang diperkirakan akan diluncurkan di London pada akhir bulan ini. Sisanya akan diperoleh Samsung sebesar 8 juta pounsterling. Perbedaan jumlah dana promosi ini tidak lain karena Nokia merupakan mitra strategis bagi Microsoft dengan adanya kesepakatan di bulan Februari yang lalu. Kesepakatan sebesar 30 juta dollar AS ini  merupakan bagian dari perjanjian strategis yang lebih luas antara Nokia dan Microsoft untuk bekerja sama dalam inisiatif pemasaran bersama dan masa depan portofolio Windows Phone.

Nokia sebelumnya telah mengontak biro iklannya untuk membangun kampanye terintegrasi untuk memperlkenalkan smartphone Nokia berbasis Windows Phone Mango dengan penekanan pada kekuatan fitur  media sosial serta aplikasi dan game. Iklan multimedia  smartphone Nokia berbasis WP7 Mango akan berjalan di semua media dan saluran yang dapat diakses dengan mudah serta  memperoleh dukungan  yang sangat besar dari Microsoft. Seorang sumber mengatakan bahwa Microsoft mendanai kampanye besar-besaran untuk Nokia di setiap media yang dapat dibayangkan, misalnya televisi, internet, dan banyak lainnya. Hal ini merupakan usaha terakhir Microsoft untuk bisa mengalahkan legitimasi Android di pasar smartphone yang sampai saat ini menguasai hampir 45% pasar smartphone dunia. 

Meskipun jumlahnya berbeda jauh dengan Nokia, Samsung juga memperoleh dana promosi bagi smartphone mereka yang berbasis WP7 Mango, yaitu Omnia W dan smartphone lainnya yang diperkirakan akan diluncurkan pada Natal tahun ini. Meskipun jumlah sebenarnya tidak bisa diperkirakan dengan tepat, paling tidak Samsung akan menerima 8 juta pounsterling untuk membuat iklan dengan tema  multimedia something for everyone sebagai unique selling point

Tentunya dengan memberikan dana segar bagi perusahaan yang akan meluncurkan smartphone berbasis WP7 Mango, Microsoft berharap, perusahaan tersebut lebih cepat membuat iklan dan sewaktu diluncurkan nantinya konsumen sudah memiliki pengetahuan dasar tentang samartphone yang diluncurkan. Bagi Microsoft hal ini sangat penting karena Windows Phone merupakan OS yang sangat marginal di smartphone. Dengan iklan yang lebih banyak, diharapkan tingkat awereness konsumen meningkat. Namun tentu saja hal ini belum cukup menjamin kesuksesan Windows Phone 7. 

Hands On BlackBerry KEYone, Smartphone Pecinta Sejati BlackBerry

BlackBerry KEYone Kangen BlackBerry ? Pecinta sejati BlackBerry? Ingin merasakan lagi masa-masa menggunakan keyboard fisik yang begitu...