Thursday, October 13, 2011

How To: Mencegah Aplikasi Melihat Profil Facebook Melalui Teman

id.flyynews.com
Facebook terkenal dengan privasinya yang sangat longgar. Hal ini karena banyaknya aplikasi pihak ketiga yang berada di Facebook. Aplikasi pihak ketiga ini memiliki efek positif dan negatif. Positif karena bisa membantu pengguna Facebook dalam hal tertentu seperti melihat siapa yang sering menengok profil, siapa teman terdekat, dan banyak lainnya. Negatif karena aplikasi ini diberi izin oleh pengguna Facebook untuk melihat profil pengguna Facebook tersebut. Beruntung jika aplikasinya tidak berbahaya, namun jika aplikasi tersebut berbahaya, pengguna Facebook akan dirugikan.

Dalam artikel terdahulu saya sudah memberikan langkah-langkah bagaimana melindungi privasi dari pihak ketiga secara langsung (Baca : How To: Menggunakan Facebook). Namun ternyata hal tersebut belumlah cukup. Aplikasi pihak ketiga masih dapat melihat informasi pribadi seorang pengguna Facebook dari teman pengguna yang menggunakan suatu aplikasi tertentu. Nah kalau aplikasinya bagus tidaklah mengapa. Sayangnya kita tidak mengetahui apakah sebuah aplikasi bagus atau berbahaya di Facebook sehingga langkah yang terbaik adalah melindungi akun Facebook dari berbagai aplikasi yang masuk melalui teman. Pertanyaannya, bagaimana caranya melindungi akun dari aplikasi pihak ketiga yang dapat mengakses informasi pribadi melalui teman? Jawabannya, ikutilah langkah-langkah berikut ini.


1. Masuk ke akun anda di Facebook
2. Setelah masuk klik bilah Privacy Setting seperti gambar berikut ini
3. Cari Apps and Websites klik Edit Setting seperti gambar berikut ini.
4. Pilih Info Accessible Through Your Friends, kemudian klik Edit Setting seperti gambar berikut.
5. Sebuah jendela baru akn keluar dan anda bisa menentukan informasi apa saja yang bisa dilihat oleh aplikasi pihak ketiga melalui teman anda. Saran, informasi yang sangat pribadi tidak dibuka atau jangan diberikan tanda centang. Perhatikan gambar berikut ini.
6. Setelah melakukan perubahan jangan lupa klik Save Change, seperti gambar berikut.
7. Jika berhasil akan terdapat bilah yang menyatakan perubahan berhasil dilakukan, seperti gambar berikut ini.
Dengan melakukan langkah sederhana ini, informasi penting di profil anda akan sulit diakses bahkan tidak bisa diakses oleh aplikasi pihak ketiga melalui teman anda yang menggunakan aplikasi tertentu. Selamat mencoba.

Sumbertech-recipes.com

ASUS Rilis ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Seharga Mobil

ASUS ROG GX800 Seberapa mahal sebuah notebook yang pernah Anda beli? Rp25 juta? atau Rp50 juta? Pernah dengar sebelumnya sebuah noteboo...