Sunday, October 9, 2011

Hangout Google Plus Menciptakan Sejarah Baru

mascipul.com
Bila anda tidak percaya, teknologi bisa membuat sejarah baru, mulai saat ini anda harus percaya. Mengapa demikian? Karena kemarin teknologi yang ada di Google Plus memungkinkan seorang yang hidup di pengasingan bisa mencapai dunia dengan hanya duduk di depan komputer. Ia bisa mengucapkan selamat ulang tahun kepada rekannya yang berada di Afrika Selatan head to head dengan perantara Hangout di Google Plus.

Dalai Lama, tentu nama yang sangat anda kenal, demikian juga Desmon Tutu. Keduanya bertemu kemarin, berbicara dari hati-ke hati, bergurau dan tertawa bersama dan disiarkan secara langsung. Dengan fasilitas Hangout yang ada di Google Plus, mereka bisa saling menyapa dan melucu. Ternyata mereka sangat suka melucu, apa saja bisa menjadi bahan lelucon termasuk doa bagi Desmon Tutu yang tengah berulang tahun.

Tentunya bukan sekali ini Google Plus melakukan hal-hal baru di dunia internet. Jika Facebook sibuk dengan hal-hal kecil seperti video chatting dengan sesama teman dengan bantuan Skype, Google Plus memilih jalan berbeda. Mereka melakukan hal yang besar. Dalai Lama yang berjuang untuk negerinya, Tibet hidup di pengasingan. Ia berencana akan pergi ke Afrikas Selatan untuk menghadiri perayaan ulang tahun ke-80 Desmon Tutu. Namun ia tidak mendapat Visa.

Namun ucapan selamat ulang tahun dapat dilakukan dengan berbagai cara. Kalau dulu karena kendala jarak orang mengirimkan kartu ucapan, lalu sms atau telepon, kini ada cara yang lebih bagus. Walaupun kehadiran masih hal yang sangat penting, namun karena kondisi yang tidak memungkinkan bagi Dalai Lama untuk hadir, digunakanlah fitur Hangout di Google Plus. Fitur ini adalah kekuatan Google Plus dan akan sangat sulit bagi Facebook untuk menyamainya.

Dari  Dharamsala, India, Dalai Lama seolah hadir dalam perayaan ulang tahun sahabatnya tersebut. Tidak lupa Dalai Lama mengecam kebijakan pemerintah China. VOA melaporkan Dalai Lama menuduh pejabat-pejabat China berbohong dan takut pada orang-orang yang mengungkapkan kebenaran. Dia mengatakan, penduduk China yang berjumlah 1,3 miliar itu seharusnya bisa mendapatkan informasi untuk bisa membedakan yang benar atau yang salah. Dalai Lama juga mendesak China untuk meningkatkan sistem pengadilannya setara dengan standar internasional. Pemerintah China menilai Dalai Lama sebagai separatis Tibet, klaim yang dibantah pemimpin spiritual itu. Dua tahun lalu, pemerintah Afrika Selatan menolak permohonan visa Dalai Lama untuk berkunjung ke Afrika Selatan atas dorongan pemerintah China.

Ini merupakan cara baru yang bisa ditiru banyak tokoh di masa depan. Dalai Lama selama ini sangat menerima coverage yang sangat terbatas atas perjuangannya untuk lepas dari cengkeraman pemerintah China. Dengan Google Plus dan Hangout, apa isu-isu yang dia inginkan kini bisa didengan semua orang. Sebuah langkah maju untuk perjuangan kemerdekaan Tiber secara keseluruhan.

Semoga di masa depan akan banyak lagi mereka yang menggunakan fasilitas Hangout ini. Fasilitas ini tiada batas, seorang politisi dapat mengabarkan kampanye langsung kepada para pemilih. Saya percaya, pemilihan Presiden AS di tahun 2012 nanti akan banyak sekali fitur Hangout ini digunakan. Selamat Google, anda baru saja membuat sejarah baru.

Silahkan lihat video sepanjang 1 jam 15 menit yang telah direkam di YouTube berikut ini.

Hands On BlackBerry KEYone, Smartphone Pecinta Sejati BlackBerry

BlackBerry KEYone Kangen BlackBerry ? Pecinta sejati BlackBerry? Ingin merasakan lagi masa-masa menggunakan keyboard fisik yang begitu...