Sunday, October 2, 2011

Hati-hati Menggunakan Fitur Subscription di Facebook

bgr.com
Semenjak seminggu terakhir tidak ada habis-habisnya publik mengkritisi beberapa perubahan yang dilakukan Facebook, terutama dua hal penting, yaitu fitur Timeline dan Subscription. Kritikan terhadap Facebook bertambah setelah ditemukannya super cookie yang akan tetap mengintai pengguna, walaupun pengguna telah keluar dari halaman Facebook. Setelah kejadian-kejadian ini sembilan grup privasi mengirimkan surat kepada Federal Trade Commission untuk memeriksa Facebook.

Sebagian besar pengguna Facebook, memang hampir tidak peduli dengan hal ini. Namun ada perlunya anda merasa khawatir dan mempersiapkan diri anda dengan mengatur privasi secara lebih baik. Salah satunya adalah ketika anda menggunakan fitur Subscription. Fitur ini sebenarnya mirip dengan Twitter, yaitu ketika anda menjadi follower seseorang sehingga semua update status orang yang anda ikuti tersebut akan muncul  di wall anda. Dengan demikian sebenarnya wall Anda berisiko makin crowded karena selama ini sudah banyak news feed dari teman dan teman dari teman anda, kini ditambah dengan update status orang yang anda ikuti meskipun anda tidak berteman dengannya.

Pertama yang harus anda ingat adalah bahwa dengan menggunakan fitur Subscription, anda harus siap dengan news feed yang makin banyak. Kedua ada kemungkinan, karena fitur ini meniru Twitter, ada kemungkinan anda akan memperoleh Twitter Scam. Untuk itu anda perlu mengingat beberapa hal berikut ini sebelum menentukan apakah akan Subscribe ke pengguna Facebook tertentu.

1. Status Publik

Dalam pengaturan privasi baru, privasi diatur pada default, artinya anda dapat merubah pengaturan ini, namun kata default bisa saja menyesatkan. Pengaturan default tidak mengatur semua yang anda lakukan di Facebook, artinya anda perlu mengatur lagi sehingga menjadi Custom sesuai dengan yang anda inginkan. Pengaturan default ditujukan untuk  menggunakan aplikasi Facebook yang tidak memiliki menu drop-down dengan pilihan privasi, seperti apalikasi Facebook untuk BlackBerry. Jika anda ingin membuka profil Anda untuk subscriber agar mereka bisa melihat sesuatu yang Anda posting, Anda harus memilih pengaturan Public  dari menu drop-down di bilah status update.

Perlu anda ingat bahwa bila selanjutnya anda melakukan update status, maka otomatis update status anda tersebut akan diatur menuju Public karena sebelumnya anda telah mengatur privasi anda Public. Jadi Anda harus selalu ingat untuk mengubah privasi anda setiap anda melakukan update status. Demikian pula bila anda menggunakan BlackBerry atau smartphone lainnya, update status anda akan menuju publik karena pengaturannya belum anda ubah. Jadi sebelum upadte status dengan iPhone atau BlackBerry, atur lagi privasi anda karena bila anda lupa dan anda menceracau dalam update status bisa dilihat oleh publik. Ingatlah anda hanya bisa mengatur privasi anda melalui komputer bukan melalui aplikasi Facebook untuk mobile. Selama pengaturan privasi anda yang di komputer anda belum diubah, privasi anda akan selalu bisa dilihat oleh publik.

2. Posting Publik, Komentar Publik
Ketika anda Subscribe ke pengguna tertentu di Facebook, ingatlah bahwa postingan atau update status atau foto mereka yang anda ikuti itu ditujukan ke publik sehingga semua orang bisa melihatnya. Hal ini berdampak bahwa jika anda mengomentari status tersebut komentar anda juga bisa dilihat oleh publik. Ingat juga bahwa mereka yang anda ikuti tersebut profilnya akan terindeks oleh mesin pencari sehingga ketika namanya muncul dalam pencarian di Facebook, nama anda juga akan ikut muncul. Hal ini mengingatkan anda untuk hati-hati memberikan komentar terhadap update status mereka yang anda ikuti.

3. Polusi News Feed
Jika anda subscribe dengan pengguna tertentu di Facebook, news feed anda akan semakin banyak dan crowded, istilahnya anda terkena polusi News Feed. Hal ini karena news feed dari teman anda sudah banyk ditambah lagi dengan orang yang anda ikuti. Untuk menghindari hal ini anda bisa membuat list. Caranya adalah klik List, lalu Create A List, lalu namai List tersebut, kemudian klik Manage List yang berada di sisi kanan atas, pilih Add/Remove Friends nanti aka keluar menu drop-down dan pilih Subscription.


Bila anda tidak mau membuat List, tugas anda akan lebih sulit. Untuk setiap orang yang anda ikuti anda harus mengaturnya secara manual. Caranya, klik halaman orang yang anda ikuti, klik Subscribe yang berada paling atas, nantinya akan muncul drop-down menu, anda dapat memilih jenis news feed yang apa yang anda ingin ikuti, apakah Game, Most Important atau lainnya. Dari menu ini anda juga bisa melakukan Unsubscribe ke orang yang anda ikuti tersebut.


Nah dari tiga uraian di atas kini anda dapat memutuskan apakah anda akan melakukan subscription atau membuka subscriber bagi anda. Bila anda siapa dengan News Feed yang makin banyak dan berasal dari orang lain selain teman anda, mungkin anda perlu melakukan Subscribe ke pengguna lain. Bila anda kira ini hanya akan membauat kacau wall anda anda bisa tidak melakukannya.





Samsung Galaxy S8 dan S8+ Dirilis 2 Mei di Indonesia

Samsung Galaxy S8 (Source: Samsung) Samsung Galaxy S8 dan S8+ yang sebulan lalu dirilis di New York dalam waktu dekat akan bisa dibeli ...