Sunday, October 16, 2011

Google Cari Kesepakatan dengan Perusahaan Rekaman

Google, sumber: Bloomberg
Google sedang berusaha mencari kesepakatan dengan perusahaan rekaman pada akhir bulan ini untuk memulai toko musik online mereka guna bisa bersaing dengan toko musik milik Apple Inc. iTunes. Bloomberg melaporkan tiga orang sumber terpercaya namun anonim mengetahui tentang hal ini. Menurut sumber yang tidak mau disebutkan namanya tersebut Google meminta izin untuk menjual download dan streaming musik yang dibeli ke perangkat pelanggan. Dengan demikian perusahaan  rekaman akan membantu Google, perusahaan pencarian terbesar di dunia untuk memperluas pengaruhnya di bidang hiburan. Sebagaimana diketahui, pada bulan Mei yang lalu, Google menambahkan layanan musik dan penyewaan film ke perangkat lunak Android untuk smartphone dan tablet.

Layanan musik Google dalam versi Beta diluncurkan pada bulan Mei yang lalu dan dimulai tanpa kesepakatan dengan perusahaan rekaman yang memiliki hak terhadap lagu yang akan didownload atau di-streaming di toko musik tersebut. Selain itu, Google juga menyediakan penyewaan film melalui Android Market. Langkah Google ini bertujuan untuk difersifikasi pendapatan, meningkatkan penjualan iklan dan menjaga pengguna agar tetap di situs Google lebih lama lagi. 

Di bulan ini Apple Inc. yang berbasis di Cupertino memperkenalkan iCloud sebuah layanan yang digunakan menyimpan musik, foto dan dokumen online yang bisa digunakan pada komputer Mac dan perangkat mobile seperti iPhone dan iPad. Apple Inc. dikabarkan tengah dalam diskusi dengan studio film untuk menempatkan film di iCloud. Dengan kabar ini mau tidak mau Google Inc. juga harus segera mencari kesepakatan dengan perusahaan rekaman agar bisa bersaing dengan Apple Inc.

Sumber: Bloomberg

Tiba-Tiba Dua Malam di Purwokerto

Stasiun Purwokerto di malam hari Entahlah, suatu waktu saya tiba-tiba sampai dan bermalam di sebuah kota, Purwokerto , namanya.  Se...