Saturday, October 15, 2011

Amazon Kindle Fire Laku 5 Juta Unit

Amazon Kindel Fire Tablet
Tablet terbaru Amazon, Kindle Fire diperkirakan bisa terjual hingga 5 juta unit di kuartal keempat tahun 2011 ini. Seorang analis mengatakan hal ini sebagaimana dilaporkan oleh cnet.com. Ashok Kumar seorang analis dari Rodman & Renshaw mengatakan Amazon mungkin akan membuat kejutan dengan pengiriman Kindle Fire pada kuartal keempat yang mungkin melampaui, bahkan perkiraan yang paling tinggi sekalipun. Pemeriksaan awal menunjukkan bahwa mereka bisa mengapalkan 5 juta unit Kindle Fire pada Desember 2011 nanti, yang mendekati  setengah volume dari Apple iPad. 

Sebuah rumor sebelumnya di DigiTimes menyatakan bahwa Amazon telah mendapatkan pesanan sekitar 4 juta unit dan perkiraan pengiriman awal dari Forrester menunjukkan bahwa Amazon mungkin mengapalkan 5 juta tablet di kuartal ini. Barclays memberikan perkiraan yang lebih moderat di angka 2 juta unit sebagai target lebih mungkin dicapai Amazon. Amazon Kindle Fire sendiri akan tersedia pada 15 November dengan harga sebesar 199 dollar AS.
Pertanyaannya mengapa ekspektasi penjualan Kindle Fire sangat tinggi? Karena Amazon telah menerima sangat banyak pesanan semenjak Kindle Fire yang merupakan tablet branded termurah saat ini. Hal ini akan menjadikan Kindle Fire sebagai penantang serius iPad Apple Inc. yang diperkirakan bisa dikapalkan sebanyak 12 juta unit di kuartal keempat ini. Menurut catatan pre-order, selama enam hari setelah diluncurkan, Kindle Fire telah dipesan sebanyak 215 ribu unit. Harga yang murah memang menjadi daya tarik konsumen untuk membeli tablet ini, ditambah dengan nama besar Amazon dan browser Silk yang diperkirakan sangat kencang. Sumber-sumber lain memperkirakan bahwa jumlah pre-order tersebut mungkin jauh lebih tinggi. Selain itu penjualan juga akan bertambah saat Kindle Fire resmi dijual pada tanggal 15 November 2011 nanti.

Tampaknya perkiraan analis ini paling tidak bersesuaian dengan meningkatnya secara drastis pengiriman panel untuk tablet 7 inchi. Trendforce sebuh perusahaan peneliti pemasaran mengatakan perusahaan pembuat panel 7 inchi telah meningkatkan jumlah pengiriman. Disebutkan jumlah pengiriman tersebut sangat banyak. Peningkatan pengiriman panel 7 inchi bulan September 2011 naik 195% dibandingkan bulan sebelumnya. Ini menandakan memang pesanan tablet 7 inchi cukup banyak, dan salah satu tablet 7 inchi yang memperoleh coverage yang sangat luas adalah Kindle Fire. 

Apple Inc. pun juga mulai merasakan adanya saingan bagi Apple iPad walaupun sebenarnya dari segi kemampuan iPad jauh lebih baik. Dengan makin banyaknya perkiraan positif terhadap Kindle Fire, Apple Inc. sudah ancang-ancang untuk membuat iPad Mini di tahun 2012 nanti untuk bersaing head to head dengan Kindle Fire. 

bgr.com melaporkan Apple Inc. mungkin akan membuat sebuah tablet baru untuk kelas entry-level yang dijadwalkan untuk dimulai awal tahun depan. iPad dengan harga yang lebih rendah akan dibuat dalam beberapa bulan pertama tahun 2012 yang bertujuan untuk memperluas potensi pasar perusahaan dengan mengarahkan kepada  segmen konsumen lebih sensitif harga. iPad ini nantinya akan dinamai iPad Mini dengan harga tidak terlalu jauh dari harga Kindle Fire, sekitar 235 dollar AS. Meskipun harganya lebih rendah, namun belum tentu layarnya akan lebih kecil dibandingkan dengan iPad sekarang ini.

Sumber: bgr, cnet

Selular Award 2017 : ZenFone 3 Deluxe Smartphone Terbaik

Aliudin Sute d ja (National Sales Manager ASUS) menerima penghargaan Selular Award 2017 ASUS berhasil menempatkan dua smartphone mereka...