Monday, September 26, 2011

Via Technologies Gugat Apple Inc. atas Pelanggaran Paten

http://ictfiles.com
Sepertinya perang paten perusahaan teknologi semakin meluas. zdnet.com melaporkan perang paten melibatkan sangat banyak pihak, mulai dari perusahan besar seperti Google, Apple Inc. Motorola, Microsoft dan lainnya serta perusahaan yang tiba-tiba muncul kemudian seperti Openwave dan yang terbaru Via Technologies.

zdnet.com melaporkan bahwa perusahaan pembuat chip berbasis di Taiwan Via Technologies baru saja menggugat Apple Inc. atas pelanggaram paten mereka. Gugatan diajukan kemarin oleh Via Technologies mungkin akan memberi Apple Inc. lebih banyak masalah daripada tuntutan yang pernah ada di smartphone terhadap Apple Inc.

Hal yang menarik dari kasus gugatan Via Technologies ini adalah bahwa Via bukanlah pembuat smartphone atau tablet seperti Samsung dan HTC atau Motorola yang selama ini terlibat perang paten dengan Apple Inc. Via juga tidak memproduksi alat elektronik untuk konsumen. Mereka hanyalah pembuat chip dan bertarung dengan AMD dan Intel. Lalu mengapa Via Technologies menggugat Apple Inc.?


Jawabannya, pertama Apple Inc. adalah perusahaan besar dengan uang tunai yang sangat banyak. Kedua, Apple Inc. membuat chip sendiri yang digunakan dalam produk yang sesuai dengan klaim pelanggaran paten yang diajukan oleh Via Technologies. Ketiga paten yang dilanggar oleh Apple inc. tersebut adalah:

1. US Patent No. 6253312, Method and apparatus for double operand load
2. US Patent Nos. 6253311 & 6754810, Instruction set for bi-directional conversion and transfer of integer and floating point data

Bila diperhatikan klaim tersebut termasuk ke dalam microprocessor. Via Technologies mengatakan bahwa Apple Inc. melanggar paten tersebut di atas di hampir semua lini produk mereka, yaitu iPhone, iPad, iPod dan Apple TV. Penjualan iPhone, iPad, iPod dan Apple TV di seluruh dunia sangat banyak. bayangkan saja senadainya Via Technologies memenangkan kasus ini berapa banyak yang bisa mereka dapatkan.

CEO Via Technologies,  mengklaim mereka memiliki setidaknya 5.000 paten sebagai hasil investasi yang signifikan dalan R&D mereka. Langkah ini merupakan usaha untuk melindungi kepentingan perusahaan dan pemegang saham ketika paten mereka dilanggar oleh perusahaan lain. Namun satu clue yang patut diperhatikan, ternyata Presiden Via Technologies, juga merupakan Presiden dari HTC, yang juga dalam perang paten dengan Apple Inc. Ini menjadi menarik, sepertinya HTC menggunakan sumber daya paten dari mana saja untuk bisa bertarung dengan Apple Inc. Beberapa waktu yang lalu, HTC juga balik menggugat Apple Inc. berdasarkan paten yang ditransfer oleh Google kepada mereka.

Sumber: zdnet.com




ASUS Rilis ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Seharga Mobil

ASUS ROG GX800 Seberapa mahal sebuah notebook yang pernah Anda beli? Rp25 juta? atau Rp50 juta? Pernah dengar sebelumnya sebuah noteboo...