Monday, September 26, 2011

Verizon Minta Pengadilan Menolak Permintaan Apple Inc.

sumber: cdn.androidcommunity.com
Verizon, operator terbesar di Amerika Serikat, berdiri di sisi Samsung dan meminta pengadilan agar menolak permintaan Apple Inc. untuk melarang beredarnya empat gadget buatan Samsung, yaitu Infuse 4G, Galaxy S 4G and Droid Charge, dan tablet Galaxy Tab 10,1. Dilaporkan oleh Florian Mueller dalam blognya, Verizon, operator AS nirkabel terbesar, memohon Pengadilan Distrik California Utara, Amerika Serikat  untuk menolak permintaan Apple Inc.  mengenai pelarangan awal terhadap empat produk Samsung dengan alasan bahwa keputusan seperti itu akan berlawanan dengan kepentingan publik dan akan menghambat Verizon Wireless untuk mengembangkan dan menyebarkan jaringan generasi berikutnya berkecepatan tinggi, yaitu LTE (generasi keempat), pertumbuhan lapangan kerja yang bergantung pada jaringan tersebut, dan akan melemahkan tujuan kebijakan publik, termasuk perluasan akses ke jaringan broadband dan komunikasi lebih cepat.



Menurut Florian Mueller keterlibatan Verizon yang menganggu Apple Inc. menegakkan hak intelektual mereka terhadap Android umumnya dan Samsung khususnya merupakan pernyataan perang bisa saja berdampak luas di pasar Amerika Serikat. 


Bila kita lihat, Verizon yang banyak menjual smartphone Android dan baru akan menjual iPhone pada tahun ini, tentu saja akan sangat merugi bila pengadilan benar-benar mengeluarkan larangan peredaran empat gadget Samsung tersebut. Langkah yang dilakukan Apple Inc. di mana di setiap gugatannya menuntut pelarangan peredaran barang menurut beberapa pihak semestinya tidak dilakukan karena akan berdampak cukup signifikan terutama terhadap perkembangan ekonomi AS. Seperti yang telah ditulis di artikel tardahulu, bahwa banyak pihak terutama Google menginginkan reformasi paten dan mengikutkan agar pelarangan tidak dilakukan. Setiap kesalahan paten bisa dibayar dengan sejumlah uang tertentu.

Apple Inc. dengan konsep superioritas desain tentu saja tidak menginginkan hal tersebut. Mereka menginnginkan setiap gadget lain yang disangka meniru iPhone dan iPad harus dilarang. Hal ini sudah terbukti di Australia, Belanda, dan Jerman. Di pasar AS sendiri tentu saja bisa  hal ini bisa terjadi sehingga mengkhawatirkan bagi Verizon. Tampaknya hal ini yang mendorong Verizon mengambil sikap berdiri di sisi Samsung untuk meminta pengadilan menolak permintaan pelaragan empat gadget seperti yang diminta oleh Apple Inc.

Sebagaimana ditulis sebelumnya, Holman W. Jenkins, JR dalam artikelnya di online.wsj.com mengatakan bahwa  kecuali adanya campur tangan presiden (Obama), Komisi Perdagangan Internasional Amerika Serikat (International Trade Commission, ITC) bisa membuat wireless industry (dalam industri ini terdapat pasar smartphone dan tablet) dalam kekacauan. Alasannya adalah Apple Inc. akan melakukan pengajuan pemblokiran terhadap berbagai smartphone dan tablet yang umumnya ber-OS Android yang diproduksi oleh vendor seperti Motorola, Samsung, dan HTC kepada ITC. Melihat keberhasilan pemblokiran produk Samsung di Jerman, bukan tidak mungkin hal ini juga akan berhasil di AS. Bila berhasil tentu saja device yang disangka Apple Inc. tidak akan beredar di AS dan membuat banyaknya pemusnahan device. Tentu saja efeknya tidak sederhana dan menjadikan wireless industry mengalami kemunduran.

Samsung Rilis Galaxy J7 dan J5 Pro More Than Selfie

Galaxy J Friends di launching Galaxy J Pro  More Than Selfie! Kini bukan lagi jaman selfie Namun sudah zamannya Live Vlogging! ...