Thursday, September 29, 2011

T- Mobile Bantu Samsung Melawan Apple Inc.

T-Mobile, sumber: bgr.com
Beberapa hari yang lalu, Verizon operator terbesar di Amerika Serikat, berdiri di sisi Samsung guna melawan keinginan Apple Inc. melarang beredarnya handset buatan Samsung yang diduga menyalahi paten atau merupakan peniruan terhadap iPhone dan iPad. Handset yang dimaksud adalah smartphone Samsung Infuse 4G, Galaxy S 4G dan Droid Charge, serta tablet Galaxy Tab 10,1.

Kini T-Mobile yang merupakan operator keempat terbesar di Amerika Serikat juga mengajukan penolakannya terhadap keinginan Apple Inc. tersebut. Artinya Verizon dan T-Mobile sepakat bahwa pelarangan beredar gadget buatan Samsung di Amerika Serikat akan berdampak tidak baik bagi mereka dan pasar Amerika Serikat. Menurut Verizon sendiri, sengketa yang melibatkan kekayaan intelektual tidak boleh mengganggu aliran bebas dari perangkat 4G terbaru ke pasar.


Pelarangan beredarnya gadget buatan Samsung sebagaimana dinyatakan oleh Verizon akan berlawanan dengan kepentingan publik dan akan menghambat Verizon Wireless untuk mengembangkan dan menyebarkan jaringan generasi berikutnya berkecepatan tinggi, yaitu LTE (generasi keempat), pertumbuhan lapangan kerja yang bergantung pada jaringan tersebut, dan akan melemahkan tujuan kebijakan publik, termasuk perluasan akses ke jaringan broadband dan komunikasi lebih cepat.

Menurut T-Mobile sebagaimana dilaporkan oleh Reuters, keputusan pelarangan empat gadget buatan Samsung tersebut oleh pengadilan atas permintaan Apple Inc. akan membuat kerugian yang tidak perlu bagi T-Mobile dan pelanggan mereka. Menurut T-Mobile mereka tidak akan mendapatkan produk pengganti yang sepadan untuk musim liburan tahun 2011 ini. T-Mobile telah menampilkan Galaxy S 4G dan Samsung Galaxy Tab 10,1 dalam kampanye pemasaran mereka dan juga mempersiapkan stok untuk musim liburan 2011 tersebut. Tentunya jika ada pelarangan yang dikeluarkan pengadilan, investasi yang telah mereka tanam tersebut tidak akan dapat kembali dengan mudah. 

Dalam pernyataannya, T-Mobile menghormati hak kekayaan intelektual yang sedang diperjuangkan Apple Inc., namun pelarangan beredar gadget yang diduga menyalahi hak kekayaan intelektual Apple Inc. merupakan sesuatu a drastic and extraordinary measure. Dengan bergabungnya T-Mobile dan Verizon ke Samsung, tinggal dua operator lagi yang belum menentukan sikap apakah mereka akan mendukung Samsung atau tidak. Dua operator tersebut adalah AT&T dan Sprint Nextel. 

Bergabungnya operator ke vendor yang diduga menyalahi hak kekayaan intelektual Apple Inc. membuka perspektif baru dalam perang paten antara Samsung versus Apple Inc. Tentunya operator tidak ingin investasi yang telah mereka tanamkan terbuang percuma, jika ternyata gadget yang akan mereka jual mengalami pelarangan edar di pasar. 

Sumber: Reuters.com

Baru: Laptop Gaming ASUS ROG STRIX GL502VM Silver Futuristik

ASUS ROG STRIX GL502VM Memasuki kuartal ketiga di tahun 2017, ASUS kembali menghadirkan produk baru di segmen laptop khusus untuk gamin...