Friday, September 30, 2011

Siapa bilang Facebook Gratis?

Mark tolong jelaskan, benarkah Facebook gratis? Sumber: gawker.com
Apakah Facebook gratis? Cobalah pikirkan beberapa saat sebelum menjawab pertanyaan ini. Beberapa hari yang lalu sebuah rumor beredar mengabarkan bahwa Facebook mulai memberlakukan biaya penggunaan situsnya bagi penggunanya. Rumor tersebut menyebutkan untuk keanggotaan Gold akan dikenakan biaya 9,99 dollar per bulan, Silver 6,99 dan 3,99 untuk keanggotan Bronze. Walau itu hanya rumor yang tidak berdasar sehingga kemudian dibantah dengan mengatakan anggota Facebook digratiskan untuk selamanya, mungkin Facebook telah mengenakan biaya dalam arti yang lain bagi penggunanya. Apa maksudnya?

Sebuah artikel di foxnews.com mengatakan bahwa sebenarnya Facebook tidaklah gratis. Pengguna Facebook membayar Facebook dengan informasi tentang profil mereka yang mereka berikan secara sukarela sewaktu menggunakan Facebook. Informasi pengguna ini sangat-sangat berguna bagi Facebook. Informasi pengguna ini kemudian dijual oleh Facebook kepada pengiklan dan mendatangkan/menempatkan iklan di situsnya agar dilihat oleh penggunanya. Memang secara nyata Facebook tidak menjual informasi penggunanya secara perorangan, tetapi dalam bentuk suatu deal yang mungkin tidak kita ketahui.

Bayangkan saja kalaulah tidak karena informasi profil penggunanya mana bisa Facebook memperoleh pendapatan 1,6 miliar dollar untuk semester pertama tahun 2011 ini. Dengan sebegitu banyak pendapatan Facebook dari mengumpulkan profil pengguna internet, sudah semestinyalah pengguna Facebook mempertanyakan bagaimana informasi tentang profil mereka telah digunakan.

Kecenderungan sebagian besar pengguna Facebook adalah tidak pernah mempertanyakan hal ini . Mereka sangat puas dengan layanan yang diberikan oleh Facebook tanpa khawatir informasi mereka yang pribadi dan kesukaan mereka dalam berselancar dipantau dengan saksama oleh Facebook. Hal ini menjadikan Facebook sangat menarik bagi pihak ketiga seperti pembuat aplikasi dan pengiklan. Penemuan adanya super cookie Facebook membuktikan hal ini. Walaupun telah log out dari Facebook, cookie Facebook tersebut masih tetap bisa memantau situs-situs apa saja yang dikunjungi oleh pengguna. 

Kemudian adanya fitur baru Timeline dan Subscription. Kedua fitur ini memebuat makin banyak profil pengguna Facebook yang dapat diakses oleh publik menjadikan Facebook semakin menarik bagi pihak ketiga. Contohlah fitur Timeline yang mengikutsertakan aplikasi pihak ketiga di sana. Tentu saja pihak ketiga bisa melihat informasi penting pengguna jika ia menggunakan fitur ini. Kemudian fitur Subscription yang bila tidak digunakan dengan hati-hati bisa mendatang scam layaknya scam yang menimpa pengguna Twitter.

Melihat kecederungan pengguna Facebook yang tidak peduli dengan keamanan dan privasi mereka ketika menggunakan Facebook, makin nyatalah bahwa mereka makin membayar mahal Facebook dengan informasi profil mereka yang sangat berharga tersebut. Jadi siapa bilang Facebook itu gratis?

Samsung Galaxy S8 dan S8+ Dirilis 2 Mei di Indonesia

Samsung Galaxy S8 (Source: Samsung) Samsung Galaxy S8 dan S8+ yang sebulan lalu dirilis di New York dalam waktu dekat akan bisa dibeli ...