Wednesday, September 21, 2011

Seribu Lebih Paten IBM Kembali Dibeli Google


IBM, sumber: ottorocketz.files.wordpress.com

Google kembali membeli amunisi baru dalam rangka perang paten yang mungkin saja makin meluas di masa depan. Setelah pada bulan Juli yang lalu membeli sekitar 1.000 lebih paten IBM, di bulan September 2011 ini Google kembali membeli 1.000 lebih paten dari IBM. Hal ini dilaporkan pertama kali oleh Seo By The Sea. Seo By The Sea juga merupakan pihak yang pertama kali melaporkan adanya pembelian paten IBM oleh Google pada bulan Juli yang lalu. (Lihat di sini).

Dengan pembelian paten IBM untuk kedua kalinya ini ditambah dengan kemungkinan berhasilnya akuisis Google terhadap Motorola Mobility, diperkirakan portofolio paten Google akan menggelembung mencapai paling tidak 27.000 paten.
Seperti transaksi sebelumnya di bulan Juli, nilai pembelian paten IBM ini tidak disebutkan. Paten yang dibeli oleh Google menurut SEO By The Sea berada di bidang desktop and server hardware, computer security, database processes, circuit design, parallel database systems and architecture, user authentication, creditcard/smartcard testing, dan masih banyak lainnya. Kebanyakan dari paten tersebut berasal dari IBM dan sebagian kecil berasal dari Cognos, sebuah perusahaan yang diakusisi oleh IBM di tahun 2007 yang lalu.



Sebuah paten yang menarik adalah tentang  System And Method For Disambiguating Entities In A Web Page Search yang merupakan penemuan bersama Ramanathan Guha. Ramanathan Guha bekerja selama tiga tahun di IBM kemudian pindah ke Google di tahun 2005. Di Google, ia bekerja pada Google Custom Search dan  merupakan orang yang berada di belakang Google trust rank  yang  memainkan peran dalam pemeringkatan penulis/penghasil konten di tempat-tempat seperti Google Plus dan mungkin juga dalam hasil pencarian web. Hal ini menandakan Google tidak hanya fokus dalam memebli paten yang terkait dengan smartphone atau tablet, tetapi juga yang terkait dengan mesin pencari untuk memantapkan posisi mereka di mesin pencari.
Tampaknya setelah kekalahan Google dalam lelang paten Nortel, Google terus berupaya menambah portofolio paten mereka. Sejauh ini IBM merupakan penyumbang portofolio paten terbesar (sebelum Motorola disetujui akuisisinya) bagi Google. Beberapa paten IBm yang dibeli Google sangat terkait dengan industri smartphone seperti:
1. Coordination Of Cellular Telephones In A Residential Area To Obviate Need For Wired Residential Service
2. Method And System For Efficient And Reliable Mac-Layer Multicast Wireless Transmissions
3. System And Method Of Making Location Updating Management On A Mobile Station, Mobile Station And Mobile Network
4. Telephone Information Service System
Beberapa hari yang lalu Google mentransferkan 9 paten yang juga baru dimilikinya dalam beberapa waktu terakhir ke HTC guna membantu HTC dalam melakukan klaim pelanggaran paten kepada Apple Inc. Sejauh ini, Google terus mengupayakan perlidungan bagi vendor Android seperti yang pernah dikatakan oleh Eric Schmidt  beberapa waktu yang lalu.
Selamat Google!
Sumber: seobythesea.com, bgr.com dan lainnya

Naik Kereta Api Argo Parahyangan Ekonomi Premium Tuuut Tuuut Tuuut Siapa Hendak Turut Dari Bandung ke Jakarta

Gerbong Kereta Argo Parahyangan Ekonomi Premium Satu hal yang saya senangi kalau bepergian, baik untuk mengurus urusan ini maupun urusa...