Saturday, September 24, 2011

Samsung Usahakan Pelarangan iPhone dan iPad di Belanda

Samsung, sumber:bgr.com
Setelah beberapa waktu yang lalu melalui Wakil Presiden Senior Lee Younghee mengatakan akan merubah strategi dalam melawan Apple Inc., Samsung langsung menerapkan startegi ofensif dalam tersebut dalam pertarungan mereka dengan Apple Inc. Dilaporkan oleh macworld.com, Samsung Electronics telah menggugat Apple Inc. dengan empat kasus paten di pengadilan distrik Den Haag, Belanda. Samsung menuntut larangan penjualan dan penarikan eceran dari semua produk Apple Inc. yang menggunakan teknologi 3G. Sidang pertama dalam kasus ini dijadwalkan untuk hari Senin depan. Samsung menuntut perintah pengadilan awal terhadap pelarangan semua produk mobile dari Apple Inc. khususnya  iPhone 3GS, iPhone 4, iPad 1, dan 2 iPad. Semua perangkat ini melanggar empat hak paten 3G Samsung yang penting.


Samsung mengusahakan larangan  impor, perdagangan dan penjualan oleh Apple Inc. dan lima anak perusahaan Apple Inc. di Belanda. Selain itu, Samsung ingin Apple Inc. untuk menarik semua perangkat yang diduga melanggar paten dan masih dalam stok pelanggan profesional, termasuk toko-toko elektronik seperti Media Markt, dimana Apple Inc. telah mendirikan toko Apple Inc. di dalam jaringan toko tersebut.
Gugatan yang diajukan Samsung ini sangat mirip dengan apa yang dilakukan oleh Apple Inc. di pengadilan Australia beberapa waktu yang lalu dan berbuah pelarangan beredar bagi Samsung Galaxy Tab 10,1 inchi milik Samsung.


Samsung telah mengajukan kasus terpisah untuk masing-masing empat paten tersebut di Den Haag. Paten-paten tersebut  berkaitan dengan metode pengelolaan data dan kecepatan koneksi antara mobile station, seperti smartphone atau tablet, dan network base station. Samsung juga menerapkan paten serupa dalam kasus lain terhadap Apple Inc. di AS, Inggris, Perancis, Jerman, Jepang dan Korea Selatan.


Paten yang dimaksud Samsung adalah standards-essential patent, yang artinya paten ini tergabung dalam teknologi standar yang diterima secara internasional, misalnya standar 3G dan UMTS sebagaimana diratifikasi oleh organisasi seperti ETSI.

Menurut macworld.com, walau bagaimanapun kuatnya paten yang dimiliki Samsung, namun Samsung tidak bisa mengelakkan adanya lisensi kalau nantinya Apple Inc terbukti bersalah. Hal ini karena pemegang  standards-essential patent memiliki kewajiban untuk menyediakan paten untuk semua pihak ketiga dengan lisensi yang adil dan wajar, dan tidak diskriminatif yang disebut RAND atau FRAND.

Berhubung dengan tuntutan Samsung ini, pengacara Apple Inc. di Belanda telah meminta suatu sidang tambahan untuk mengatasi masalah perizinan FRAND sebelum mempertimbangkan setiap masalah hukum atau teknis lainnya. Para hakim pengadilan telah mengabulkan permintaan ini. Hal ini berarti sidang berikutnya Senin depan hanya akan fokus pada isu-isu FRAND.

Florian Mueller, aktivis dan konsultan paten memuji keputusan pengadilan yang mengabulkan sidang tambahan untuk membahas isu di sekitar FRAND (Fair, Reasonable, and Non-Discriminatory) sebelum lebih lanjut untuk membahas empat gugatan paten Samsung. Ini artinya Apple Inc. paling tidak dimenangkan untuk sementara. Menurutnya,pengadilan di Den Haag melakukan hal yang benar dengan mengevaluasi isu-isu FRAND terlebih dahulu karena hal ini dapat menyederhanakan seluruh kasus dan dapat mengurangi pertanyaan apakah Apple Inc. berutang kepada Samsung dalam bentuk uang, dan jika ya, berapa banyak, tanpa perlu membicarakan pelarangan.

Florian Mueller sangat kritis terhadap banyaknya gugatan paten yang dilakukan oleh Apple Inc. di seluruh dunia, namun ia lebih kritis lagi terhadap Samsung yang membalas gugatan paten Apple Inc. dengan gugatan dan artileri yang lemah seperti paten yang termasuk standards-essential patent digunakan untuk melarang berbagai perangkat produksi Apple Inc. Paten yang termasuk standards-essential patent dapat dibagi dan digunakan oleh pihak ketiga dengan membayarkan lisensi sehingga pelarangan perangkat menjadi tidak logis. Jika ternyata lisensi tidak dibayar, Samsung dapat menuntut Apple Inc. untuk membayarnya dengan sejumlah uang tertentu.

Tampaknya, strategi ofensif Samsung masih kalah kualitas dibandingkan dengan strategi Apple Inc.?

Sumber: macworld.com

Tiba-Tiba Dua Malam di Purwokerto

Stasiun Purwokerto di malam hari Entahlah, suatu waktu saya tiba-tiba sampai dan bermalam di sebuah kota, Purwokerto , namanya.  Se...