Wednesday, September 21, 2011

Samsung Tuntut Apple Inc. atas Pelanggaran Paten di Perancis


Samsung Galaxy Tab 10,1, sumber:bgr.com
Pertarungan antara Samsung versus Apple Inc. sepertinya akan memakan waktu yang sangat lama. Beberapa waktu yang lalu, Apple Inc. menuduh Samsung telah menyalahi paten mereka dan menggugat Samsung ke pengadilan. Tidak tinggal diam, Samsung kemudian juga menggugat Apple Inc. atas pelanggaran paten yang didaftarkan di pengadilan federal AS, Jerman dan Korea Selatan. Di Korea Selatan, Samsung meminta pengadilan agar produk Apple Inc. dilarang beredar.
Posisi Samsung terjepit setelah di beberapa negara mengalami kekalahan dan produknya banyak yang dilarang beredar karena menyalahi paten Apple Inc. sebagaimana diputuskan oleh pengadilan. Pengadilan di Duesseldorf, Jerman telah melarang beredar Samsung Galaxy Tab 10,1 untuk dijual di Jerman. Sebelumnya di Australia, Samsung Galaxy Tab 10,1 juga mengalami hal yang sama, dilarang untuk dijual di Australia atas perintah pengadilan. Baru-baru ini, Samsung Galaxy Tab 7,7 yang baru saja diluncurkan dan dipamerkan di Jerman, lagi-lagi harus dikeluarkan dari pameran dan tidak boleh beredar di Jerman. Di Belanda, tiga model smartphone Samsung dilarang beredar karena disangka meniru desain iPhone.

Bisa disimpulkan kedua perusahaan yang memiliki hubungan bisnis dalam produksi iPhone dan iPad ini tengah bertarung di empat benua, yaitu Amerika, Eropa, Australia dan Asia dengan klaim pelanggaran paten yang sangat banyak terutama dari Apple Inc. terhadap Samsung. Sampai dengan saat ini, Apple Inc. lebih beruntung karena selalu berhasil mengalahkan Samsung.
Florian Mueller, pengamat dan aktivis Intelectual Property mengatakan dalam blognya bahwa kedua perusahaan ini saling tuntut dalam masalah paten paling tidak dalam 20 kasus. Satu kasus di California yang sebenarnya terdiri dari dua tuntutan dijadikan satu sehingga Apple Inc. dan Samsung memilik 19 kasus tentang hak paten. Hal ini membuat Apple dan Samsung terlibat perang paten di 12 pengadilan di 9 negara dan 4 benua.
Samsung dalam beberapa kasus terakhir selalu mengalami kekalahan sehingga perlu melakukan perlawanan. Dilaporkan oleh AFP sebagaimana dikutip oleh news.yahoo.com, Samsung telah mengajukan komplain atas tiga pelanggaran paten miliknya oleh Apple Inc. di Perancis. Komplain yang dilakukan oleh Samsung berfokus kepada tiga paten teknologi, bukan desain dari tablet sebagaimana dilakukan oleh Apple Inc. terhadap Samsung. Tidak disebutkan lebih lanjut, paten yang mana yang dilanggar oleh Apple Inc. Komplain Samsung didaftarkan pada bulan Juli yang lalu dan akan dilakukanhearing pada bulan Desember 2011 nanti.
Sumber: bgr.com dan AFP via news.yahoo.com

Hands On BlackBerry KEYone, Smartphone Pecinta Sejati BlackBerry

BlackBerry KEYone Kangen BlackBerry ? Pecinta sejati BlackBerry? Ingin merasakan lagi masa-masa menggunakan keyboard fisik yang begitu...