Thursday, September 29, 2011

Nokia Pecat 3.500 Karyawan

Nokia, sumber : bgr.com
Nokia, produsen ponsel terbesar dalam hal volume segera akan mengurangi karyawannya, paling tidak 3.500 orang dalam waktu dekat. ft.com melaporkan bahwa Nokia akan menutup pabriknya di Rumania sehingga bisa mengurangi 2.200 karyawan di sana dan sisanya 1.300 karyawan di divisi Location and Commerce. Divisi ini juga mencakup Navteq yang memiliki karyawan sebanyak 6.000 orang ketika dibeli Nokia di tahun 2007 yang lalu.

Nokia yang memiliki karyawan sedikitnya 138.634 orang mengatakan kemungkinan akan ada lagi pengurangan karyawan di tahun depan karena perubahan produksi di pabriknya di Salo, Finlandia, serta di Hungaria dan Meksiko. CEO Nokia, Stephen Elop mengatakan bahwa Nokia harus mengambil langkah menyakitkan, namun perlu, yaitu langkah-langkah untuk menyelaraskan tenaga kerja dan operasi sesuai dengan jalan ke depan. Dengan langkah ini, menurutnya, Nokia akan muncul sebagai penantang, lebih dinamis,gesit dan efisien.


Pabrik Nokia yang berada di Cluj, Rumania dibangun selama 7 bulan dan memakan biaya 88 juta dollar AS dan baru dibuka tahun 2008. Sebagian besar produksi pabrik ini adalah ponsel low end seperti Nokia 1650, Nokia 1200, Nokia 1208, Nokia 1209, Nokia 2600 Classic, Nokia 2630 dan  Nokia 6300. Pabrik di Cluj ini merupakan pilihan kedua setelah sebelumnya rencana pabrik Nokia di Jerman ditentang untuk dibangun.

Kembali kepada pengurangan 3.500 karyawan, tampaknya mendung masih terus menyelimuti Nokia. Perusahaan ini telah memindahkan fokus mereka untuk menghasilkan smartphone berbasis Windows Phone dengan bekerja sama secara eksklusif dengan Microsoft. Untuk mewujudkan rencana tersebut Nokia sangat sedikit meluncurkan smartphone berbasis Symbian, sistem operasi yang telah mereka tinggalkan. Akibatnya tentu saja mereka terus mengalami penurunan pendapatan. Penurunan pendapatan terus-menerus tentu saja berakibat kepada pengurangan karyawan.

Tiba-Tiba Dua Malam di Purwokerto

Stasiun Purwokerto di malam hari Entahlah, suatu waktu saya tiba-tiba sampai dan bermalam di sebuah kota, Purwokerto , namanya.  Se...