Thursday, September 29, 2011

Microsoft Hasilkan 444 Juta Dollar dari Android

Microsoft
Sudah bukan rahasia, Microsoft merupakan pihak yang diuntungkan dengan lakunya Android. Hal ini tidak lain karena Microsoft menandatangani perjanjian lisensi paten dengan beberapa vendor Android, baik besar seperti Samsung dan HTC maupun kecil seperti ViewSonic. Samsung sebagai vendor terbesar Android saat ini baru menyetujui perjanjian lisensi paten dengan Microsoft. Menurut sebuah sumber, Microsfot meminta tidak kurang dari 15 dollar AS per handset. 


Sebelumnya HTC juga sudah menandatangani  lisensi paten dengan Microsoft yang diperkirakan royaltinya antara 3-6 dollar per handset. Ini menjadikan Samsung dan HTC menjadi sumber pemasukan yang signifikan terhadap kas Microsoft. Analis teknologi Goldman Sachs memperkirakan Microsoft akan memperoleh pemasukan 444 juta dollar AS dari royalti lisensi paten dengan berbagai vendor Android untuk tahun fiskal Juni 2011 sampai dengan Juli tahun 2012.


Bila dibandingkan dengan jumlah keseluruhan pendapatan Microsoft yang diperkirakan sekitar 75 miliar dollar, tentu saja jumlah ini tidaklah seberapa. Apalagi sebenarnya, dengan menandatangani lisensi paten, Microsoft menyetujui rusaknya nama mereka dalam bidang computing oleh Android. Hal yng cukup aneh tentunya, kini Android sangat terkenal sehingga tidak memberikan peluang bagi platform Microsoft Windows Phone untuk berkembang.



Baru: Laptop Gaming ASUS ROG STRIX GL502VM Silver Futuristik

ASUS ROG STRIX GL502VM Memasuki kuartal ketiga di tahun 2017, ASUS kembali menghadirkan produk baru di segmen laptop khusus untuk gamin...