Wednesday, September 21, 2011

Google Plus Secara Resmi Diluncurkan untuk Publik



Setelah 90 hari dalam masa percobaan, Google merasa Google Plus sudah cukup matang untuk diluncurkan kepada publik. Semalam, Google secara resmi telah membuka Google Plus  untuk publik. Dengan demikian, masa undangan sudah tidak berlaku lagi. Dua hari yang lalu melalui sebuah trik mencari di search engine Google menunjukkan selama tiga bulan pertama semenjak soft launchingGoogle Plus telah berhasil mengumpulkan setidaknya 50 juta profil. Ini sebuah prestasi yang belum pernah dicapai oleh social media sebelum Google Plus, bahkan Facebook yang kini berada peringkat paling atas social media.
Tentunya peluncuran resmi ini banyak memberikan upgrade. Munurut bgr.com ada perbaikan paling tidak sebanyak 100 buah. Selama masa percobaan Google telah melakukan perbaikan 91 fitur di Google Plus. Sembilan perbaikan lainnya diumumkan seiring peluncuran Google Plus secara resmi, diantaranya sebagai berikut.


1. Hangout Air yang memungkinkan melakukan Hangout  dengan sembilan orang yang berbeda dan bisa disiarkan secara langsung.
2. Hangout dapat diberi nama.
3. Penambahan screen sharing pada Hangout.
4. Google Docs sekarang bisa dilihat sewaktu Hangout dan bisa juga dibagi.
5. Pengguna Google Plus kini bisa melakukan pencarian profil orang-orang  langsung melalui Google Plus dan Google akan menunjukkan hasilnya dari seluruh dunia.
6. API Google Hangout kini terbuka bagi developer yang ingin membuat aplikasi Hangout.
Semua perbaikan di atas berlaku bagi smartphone Android dengan OS Gingerbread (Android 2.3). Tampaknya Google memang ingin memaksimalkan Android dengan lebih menitikberatkan perbaikan pada fasilitas mobile Google Plus. Namun hal ini bukan berarti dengan desktop Google tidak baik. Selama penggunaan tiga bulan terakhir hampir tidak ada keluhan yang berarti dari sisi desktop yang saya dapatkan.
geek.com melaporkan bahwa Google Plus memang tahu benar kelebihan mereka pada Hangout. Fitur ini menjadi perhatian utama karena fitur Hangout merupakan hal yang baru dan sangat inovatif. Google mencoba menyaingi Facebook di media sosial dengan meningkatkan fitur yang kurang bagus di Facebook. Walaupun Facebook telah bermitra dengan Skype untuk video chatting, sangat jelas bahwa yang ditawarkan oleh Facebook dan Skype tersebut  tidak dilengkapi dengan fitur yang bisa bersaing dengan Hangout dan apalagi Google Plus juga menawarkan kemampuan Hangout di ponsel di mana Facebook tidak memiliki hal ini. Dengan Hangout Google jelas menuju ke arah yang sangat positif untuk bisa bersaing dengan Facebook di ranah social media.
Tentu saja Facebook tidak tinggal diam melihat perkembangan pesat dari Google Plus. Beberapa hari terakhir Facebook sanga sibuk memberbaiki diri mereka dengan banyak melakukan perbaikan seperti adanya subscription button, adanya pembagian update yang bisa ditujukan ke berbagai orang dan lainnya. Bahkan besok rencananya Facebook akan melakukan perbaikan besar-besaran dalam halprivacy dan kemungkinan masuknya layanan baru, yaitu musik yang sudah cukup lama dirumorkan.
Dengan peluncuran secara resmi ini, Google Plus tentu saja siap bersaing dengan Facebook. Google Plus selama tiga bulan ini dirumorkan terlalu eksklusif dan hanya mereka yang tech savvy saja yang tertarik untuk bergabung. Hal ini tidaklah benar, secara layanan, tentunya Google Plus memberikan hal yang sangat berbeda dibandingkan Facebook. Mereka yang tidak ingin menganggu orang lain dengannews feed update status yang tiada henti kini bisa beralih ke Google Plus. Mereka yang peduli privasi dan tidak ingin menganggu privasi orang lain bisa menggunakan Google Plus. Demikian juga bagi mereka yang ingin bermain game tanpa harus ada notifikasi yang menganggu orang lain, bisa main game di Google Plus. Kelebihan Google Plus lainnya adalah integrasi dengan produk Google lainnya, seperti YouTube, Google Docs, Android dan lainnya.
Ini artinya Google Plus mendidik penggunannya untuk bisa menghormati privasi orang lain. Ini suatu kelebihan Google Plus yang tidak bisa terbantahkan. Sebagai social media dengan usia baru tiga bulan dan secara resmi baru dibuka hari ini Google Plus sudah melebihi ekspektasi banyak pihak.
Tentunya dengan adanya Google Plus yang merupakan lawan sepadan bagi Facebook, Facebook mau tidak mau harus melakukan perbaikan. Ini akan menguntungkan dari sisi pengguna karena pengguna bisa memilih layanan yang paling baik menurut mereka dan paling bagus layanannya.
Good Job Google Plus!
Sumbergoogleblog.blogspot.com, geek.com, bgr.com dan lainnya

Baru: Laptop Gaming ASUS ROG STRIX GL502VM Silver Futuristik

ASUS ROG STRIX GL502VM Memasuki kuartal ketiga di tahun 2017, ASUS kembali menghadirkan produk baru di segmen laptop khusus untuk gamin...